Ini Dia Tipe-Tipe Superhero Yang Sering Muncul Dalam Komik, Kamu Suka Yang Mana?


Seiring dengan booming-nya film-film milik Marvel dan DC Comics di bioskop, suguhan hiburan superhero mulai digemari oleh semua kalangan. Sekarang  stasiun-stasiun TV kabel dan Netflix  juga banyak menayangkan serial bertemakan pahlawan super.

Bagi yang mengerti seluk beluk dunia superhero mungkin sudah tahu banyak tentang para pahlawan berkostum tersebut. Tapi bagi mereka yang baru keracunan, ini nih tipe-tipe superhero yang ada di komik-komik juga film yang kamu tonton.

1. Vigilante

Daredevil
Daredevil via pinterest

Mereka adalah manusia biasa yang turun ke jalan untuk menegakan keadilan dengan cara mereka sendiri. Biasanya mereka tidak memiliki kekuatan super atau punya, tapi terbatas. Para vigilante biasanya mengandalkan ilmu bela diri, menggunakan senjata tumpul atau tajam juga senjata api, hingga teknologi untuk melawan  musuh-musuhnya. Meskipun begitu, mereka biasanya mampu berpikir lebih cerdas dibanding tipe superhero lainnya.

Contoh: Batman, Daredevil, Green Arrow

2. Metahuman

The Flash
The Flash via DCcomics.com

Metahuman, yang merupakan istilah dari DC Comics, adalah para pahlawan yang mendapatkan kekuatan mereka secara tidak sengaja. Baik itu karena kecelakaan, melalui proses eksperimen atau penyebab lain. Para metahuman memiliki kekuatan yang jauh diatas rata-rata manusia biasa dan kemampuannya tersebut sangat variatif. Ada yang mampu bergerak melebihi kecepatan cahaya, bisa menembakan sinar energi, hingga menimbulkan efek mistis. Selain itu mereka juga bisa jadi keturunan atau malah berasal dari ras alien angkasa luar.

Contoh: The Flash, Deathstroke, Firestorm, Hal Jordan (Green Lantern)

3. Mutant

Wolverine
Wolverine Marvel.com

Para mutan mendapatkan kekuatan super mereka karena faktor genetik. Secara alamiah, gen mereka bermutasi sehingga membangkitkan kekuatan super tertentu. Di komik Marvel, mutasi tersebut akan terjadi saat manusia yang memiliki gen mutan menginjak masa puberitas. Selain itu dalam kisah-kisah di komik, proses mutasi genetik ini juga bisa terjadi karena faktor keturunan seperti percampuran dengan gen ras alien luar angkasa atau juga ras-ras lain.

Contoh: Wolverine/Logan, setiap anggota X-Men, Legion, Magneto, Mystique

4. Inhumans

via screenrant.com
via screenrant.com

Inhumansistilah dari komik Marvel, merupakan ras manusia super yang dibuat oleh ras alien yang bernama Kree jutaan tahun yang lalu dengan mencampurkan DNA manusia dan alien. Hasil dari eksperimen mereka adalah ras manusia yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan teknologi yang jauh sebelum masanya. Para Kree lalu segera meninggalkan eksperimen mereka karena mendapatkan ramalan bahwa inhumans akan membawa petaka. Setelah ditinggalkan, para inhumans ini lalu membangun peradaban sendiri jauh dari manusia dan membuat eksperimen untuk “membangungkan” potensial kekuatan super mereka menggunakan Terrigen-mist. Namun, meskipun eksperimen ini memberikan mereka kekuatan super, bagi beberapa dari mereka juga menyebabkan kerusakan genetika serta kelainan pada bentuk tubuh mereka.

Contoh: Daisy Johnson/Skye (Quake), Triton, Medusa

5. Alien dan Dewa

2 via screenrant.com
via screenrant.com

Tipe superhero seperti ini merupakan sosok makhluk yang tidak berasal dari bumi namun berdedikasi untuk melindungi planet bumi dari ancaman kejahatan baik dari luar angkasa atau dari bumi itu sendiri.  Meskipun tampak seperti manusia, mereka mempunyai gen yang berbeda dan tentunya kekuatan yang sering kali melebihi manusia super biasa.

Contoh: Superman, Thor

6. Super Soldier

Winter Soldier
Winter Soldier Marvel.com

Seperti namanya, super soldier adalah pahlawan dengan latar belakang militer yang menempuh proses rekayasa genetika. Biasanya pahlawan super seperti ini juga memiliki skill sebagai seorang mata-mata dan bekerja sama dengan lembaga keamanan tertentu, seperti S.H.I.E.L.D. dalam komik-komik Marvel. Sebagai seorang prajurit berpengalaman, para super soldier juga sering dimanfaatkan menjadi pemimpin dalam tim karena kemampuan mereka menyusun strategi.

Contoh: Captain America, Winter Soldier, The Punisher, Wade Wilson (Deadpool)

7. Mystical

Ghost Rider
Ghost Rider via Marvel.com

Tidak jarang, para pahlawan super harus berhadapan dengan kekuatan-kekuatan mistis. Disinilah para mystical berperan karena mereka adalah para superhero yang memiliki kekuatan gaib. Kemampuan mereka pun sangat bervariasi, mulai dari sihir, hingga ada yang memagang kekuatan iblis. DC Comics bahkan memiliki tim mistis mereka sendiri yang diberi nama Justice League Dark. Tim tersebut berdiri untuk menghadapi kasus-kasus supranatural yang tidak mampu ditangani oleh Superman dkk.

Contoh: Dr. Strange, Justice League Dark, Ghost Rider.

 

Kalau kamu gimana? Punya superhero favorit? Kalau belum disebutkan di atas, comment di bawah ya!

Komentar:

Komentar