Litomatoma, Penebar Perdamaian di Dunia PUBG yang Keras

Bayangkan kalau semua pemain seperti ini, jadi seperti apa PUBG ke depannya?

:

Game Playerunknown’s Battlegrounds atau PUBG beberapa waktu lalu sempat jadi buah bibir di kalangan netizen seluruh Indonesia. Katanya sih, PUBG dianggap membawa dampak yang… euurgh, kurang baik buat masyarakat. Pro dan kontra pun bermunculan. Ada sebagian orang yang menyangkal, tapi nggak sedikit juga yang mengiyakan pernyataan tersebut. Masing-masing orang punya argumennya sendiri.

Kalau saya masuk kubu yang mana?

Saya yang dari kecil udah familiar dengan Counter Strike tentu saja nggak setuju dengan cap bahwa PUBG merusak generasi masa kini. Mau PUBG ada atau nggak, kriminalitas pasti bakal tetap ada. Terlebih di negara-negara yang melegalkan penggunaan senjata api bagi masyarakat umum.

Tapi di artikel ini saya nggak akan membahas soal kontroversi PUBG. Saya cuma pengin menunjukkan variasi teknik bermain yang bisa kamu temui di game tembak-tembakan ini. Buat kamu yang mulai lelah saling bunuh-membunuh hanya untuk makan malam pakai ayam, kamu bisa meniru jejak dari Youtuber game asal Inggris yang punya julukan Litomatoma.

Memangnya apa sih istimewanya Litomatoma?

Litomatoma, atau yang sering dipanggil Ian, adalah salah satu Youtuber game dan pemain PUBG yang cukup unik. Ia sering kedapatan bermain tanpa mengambil satu senjata satu pun. Dia juga nggak pernah menembak musuh. Gimana mau nembak lawan, wong senjata aja nggak pernah dia ambil.

Satu keunikannya yang lain, ia suka mengajak orang lain untuk berkoalisi ketika bermain solo.


Nggak diketahui secara pasti apa yang bikin Litomatoma jadi seorang pasifis (pencinta damai). Mungkin saja ia hanya ingin bersenang-senang bergembira tanpa harus melukai orang lain. Atau mungkin ia pada dasarnya suka bersosialisasi dan menambah teman baru. Atau bisa jadi karena si Ian ini mati mulu dan nggak pernah dapet chicken dinner.

Jika permainan baru dimulai, Litomatoma biasanya bakal menggunakan mode All Chat untuk ngobrol dengan pemain lain. Lalu tinggal menunggu waktu buat Ian untuk mengajak mereka turun bareng di suatu tempat. Atau terkadang ketika sudah mendarat dan bertemu dengan pemain lain, Ian bakal teriak-teriak “I’m friendly“, “don’t shoot me“, atau “I don’t wanna pick a gun“.

Kalau nggak percaya, coba deh lihat beberapa aksi uniknya lewat video ini.

Koalisi Chicken Nugget

Pada video di atas, kamu bisa melihat tingkah Ian dan temannya ketika bertemu dengan orang asing. Mereka memutuskan untuk membentuk koalisi chicken nugget, adu argumen mengenai nama nugget, untuk kemudian bertengkar soal posisi di dalam gang. Dan semua itu pada akhirnya bermuara pada koalisi mereka yang harus berakhir dengan tragis, sangat tragis. So sad :'(

Sedih tapi kocak juga.

PUBG Rap battle

Kali ini Litomatoma dan sekumpulan orang asing yang dia temui memutuskan untuk menggelar rap battle. Namun di saat rap battle baru berjalan beberapa saat, ada kejadian yang tidak menyenangkan terjadi pada para peserta dan penonton rap battle tersebut.

40 man squad

Dari sekian banyak kisah Litomatoma di jagad PUBG, nampaknya yang terakhir ini yang paling unik dan absurd. Dia mengumpulkan puluhan orang melalui Discord, dan setelah itu janjian untuk turun di satu tempat. Berawal dari situ, mereka berjalan menuju jembatan dan mencoba merekrut tambahan pasukan. Sempat ada pasukan bersenjata yang bergabung, tapi hidup mereka nggak bertahan lama. Berhasilkah puluhan manusia yang cuma memakai pakaian dalam tersebut meraih chicken dinner? Tonton aja videonya.

Gaya bermain Litomatoma ini bisa jadi alternatif yang menarik buat diterapkan. Dia nggak mengejar kemenangan seperti yang seharusnya terjadi, tapi malah fokus membentuk koalisi untuk mengalahkan lawan-lawannya dengan “cinta”.

Yaaah, meski sampai saat ini dia masih belum pernah dapat chicken dinner melalui “cinta”.

Tapi, kalau kita lihat komentar-komentar yang ada di videonya, kebanyakan dari mereka menyanjung tingkah Ian. Mereka sungguh terharu dengan hubungan Ian dan teman-teman barunya. Mereka bahkan sampai sependapat bahwa banyak pemain PUBG yang harusnya mengikuti jejak Ian. Dunia PUBG adalah dunia yang keras, dan orang-orang seperti Ian bisa diibaratkan sebagai oasis di tengah padang pasir yang tandus. Lagian PUBG bukan game yang berfokus ke jalan cerita. Jadi nggak ada salahnya kalau kita sesekali tertawa bareng aksi kocaknya Ian.

Kalau kamu tertarik untuk mengikuti kisah lain dari Litomatoma, kunjungi saja channel-nya di sini.

Komentar:

Komentar