Kenapa Selalu Ada Gamer Cowok yang Memilih untuk Menjadi Hode?

Karakternya sih cantik, tapi yang main berjanggut dan berjakun

Namanya Ahmad Sukri. Cowok yang nggak mau disebutkan nama aslinya ini adalah salah satu dari sekian banyak remaja yang mempunyai cita-cita menjadi Youtuber game. Rutinitas hariannya setelah bangun tidur nggak jauh dari menghidupkan laptop, lalu log in ke game MMORPG andalannya.

Enak banget ya hidupnya si Sukri. Seenggaknya dia bisa bikin saya ngiri.

Tapi saat dia lagi asyik-asyiknya grinding dan leveling, tiba-tiba matanya tertuju pada chat di channel World yang berbunyi, “Njir, di game ini banyak amat hode!”

Dari sekian banyak karakter cewek, berapa banyak yang dimainkan oleh cowok?/via enduins.com/Gravity Interactive Inc

Setelah membaca chat tersebut, dia jadi berpikir, “Karakter gue cowok sih, jadi bukan hode. Tapi kenapa ya banyak gamer MMORPG yang jadi hode?”

Apa sih hode itu?

Karakternya sih cantik, tapi kalau yang maininnya cowok gimana?/via kotakgame.com/Pearl Abyss

Hode itu istilah atau sebutan untuk gamer cowok yang bermain menggunakan karakter atau avatar cewek. Sedangkan kebalikannya disebut deho. Sebenarnya asal-usul kata hode itu berasal dari nama monster cacing yang ada di Ragnarok, game MMORPG populer era 90-an.

Kenapa mesti nama monster cacing itu yang dipakai? Pikir sendiri deh. Kamu pasti langsung paham alasannya begitu lihat gambar dari monster Hode. Gambarnya nggak saya masukkan di sini ya. Cari sendiri aja.

Mengapa banyak gamer cowok menjadi hode?

Ada beberapa motif yang bikin sebagian gamer, termasuk saya, suka memakai karakter cewek saat bermain game. Itu karena…

1. Karakternya kawaii

Jujur, ini alasan utama saya untuk memilih karakter cewek, terutama pada game yang grafik karakternya memang kawaii seperti di anime. Karena MMORPG termasuk game jangka panjang (alias nggak akan bisa ditamatkan), kehadiran karakter berpenampakan kawaii ini ibarat oasis.

Apalagi kalau lawannya monster-monster berwajah abstrak seperti Goblin atau Ogre, makin susah buat saya menahan hasrat memainkan karakter cewek yang kawaii.

2. Bisa apa kalau sudah gender lock?

Gender lock di Dragon Nest, salah satu alasan gamer menjadi hode/via mmopulse.com/Eyedentity Games

Maksud dari gender lock di sini, kita nggak bisa memilih gender dari karakter yang akan dimainkan. Kita hanya bisa memilih class atau job dari si karakter.

Ambil contoh di Dragon Nest. Di game itu, kamu cuma bisa memilih karakter cowok pada class Warrior, Assassin, dan Priest. Sementara untuk Mage dan Ranger, jenis kelamin karakternya hanya bisa cewek.

Nah, kalau misalnya kamu demen sama Mage, ya mau nggak mau kamu harus jadi hode.

 

3. Ada modus tersembunyi

Kalau alasan pertama dan kedua itu murni karena ingin menikmati permainan, alasan ketiga ini bisa dibilang sedikit “nakal”. Dengan memainkan karakter cewek, para hode usil ini bisa minta bantuan dengan gampang. Mereka juga diam-diam berharap supaya dikasih hadiah dan diajak nikah oleh gamer lain. Mau minta item yang cuma bisa dibeli pakai uang? Gampang, tinggal minta aja, pasti ada yang kasih kok.

Kok bisa sampai sebegitunya ya?

Kamu juga pasti tahu gimana agresifnya kelakuan gamer cowok ketika ada gamer cewek yang masuk party atau guild mereka. Nah, hal inilah yang dimanfaatkan oleh hode nakal. Dan kita juga nggak bisa tahu pasti apakah karakter cewek yang kita temui dimainkan oleh cewek beneran atau bukan.

Sudah banyak kok gamer cowok yang curhat ditipu sama hode, apalagi jomblo-jomblo yang haus akan kasih sayang. Bahkan ada yang sampai habis ratusan ribu demi menyenangkan hode. Yaah, itu sih bisa dibilang salah mereka sendiri: Game kok dipakai buat cari pacar.

Memang, selama ini hode sering dicap negatif. Tapi perlu kita ingat juga, nggak semua gamer memilih menjadi hode karena pengin tipu-menipu, seperti yang saya jelaskan dalam poin-poin di atas.

Lantas bagaimana cara membedakan hode dengan cewek tulen?

Di game nikahnya sama karakter cewek, tapi ternyata yang main berbatang via apkpure.com/ZlongGames

Dari pengalaman saya selama bermain MMORPG, jarang ada gamer cewek yang mengaku kalau dia cewek tulen. Risih katanya. Kalau ketahuan dia cewek, inbox dia pasti bakal penuh dan channel chat world bakal gaduh.

Salah satu cara buat membedakan hode dengan cewek tulen, kamu perhatikan aja karakteristiknya. Gamer cewek yang beneran cewek itu biasanya kalem dan nggak agresif.

Kalau kamu pengin yang lebih pasti, biasanya tiap guild punya grup WA, Line, atau Discord tuh. Cek profil anggotanya saat kamu bergabung dengan grup. Tapi hati-hati, Bro. Jangan gampang percaya. Profil bisa dipalsukan, suara bisa diakali, dan foto bisa diedit.

Intinya, nggak usahlah kita memanfaatkan game sebagai tempat cari jodoh. Buat apa ada aplikasi semacam Tinder coba? Iya, nggak?

- Advertisement -
3 Shares

Komentar:

Komentar