8 Game PS2 Keren yang Kurang Mendapat Apresiasi dan Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar Namanya


Berbeda dari artikel sebelumnya tentang game PS1, kali ini kita bakal ngebahas game PS2 yang kurang dikenal dan kurang mendapat penghargaan yang seharusnya pantas mereka dapat. Kenapa ngebahas game macam ini, bukan game terbaik? Well, PS2 itu konsol tersukses milik Sony dengan koleksi game yang banyak banget lho; sekitar ribuan. Nyusun daftar game terbaik tentu butuh waktu yang banyak, hehehe. Dan karena banyaknya jumlah game yang dimiliki PS2 pula mungkin ada game-game keren layaknya hidden gems yang belum sempet kamu mainin karena kurang terkenal.

Tapi bukan berarti tipe game yang bakal kita bahas ini bisa dihitung sama jari. Jadi mungkin aja kamu nggak nemuin game underrated favorit kamu dalam daftar, karena memasukkan semua game tipe ini ke dalam satu artikel itu mustahil dilakukan.

Jadi apa aja game-game-nya? Kita liat aja langsung daftarnya.

1. Mister Mosquito

maxresdefault
via youtube.com

Pernah membayangkan gimana hidup sebagai nyamuk? Saya akui pertanyaan itu aneh dan konyol, seaneh ide yang mendasari game berjudul Mister Mosquito ini. Yup, dalam Mister Mosquito kamu akan mengendalikan nyamuk dan bertugas untuk menghisap darah dari tubuh tiap anggota keluarga Yamada.

Terdengar simpel? Pikir-pikir ulang deh, karena kamu mesti melakukannya tanpa ketahuan oleh target hisapan. Kalau sampai ketahuan pas lagi asyik menghisap, nasib kamu udah bisa ditebak: mati karena pukulan tangan. Tapi uniknya, kamu bakal melakukan “pertarungan satu lawan satu” dengan target hisapan jika misalnya kamu udah keburu ketauan sebelum kamu mendarat di tubuh mereka.

Meskipun absurd, tapi nggak ada salahnya kamu coba mainin game asal Jepang ini. Seru, kok. Selain itu kamu juga jadi bisa mengerti gimana perasaan nyamuk saat nyoba ngisep darah kamu.

2. Extermination

extermination16_640w
via relyonhorror.com

Fan survival horror mana yang nggak kenal sama nama besar Resident Evil dan Silent Hill. Tapi, ada lho satu game yang mencoba menantang dominasi mereka saat awal kemunculan PS2. Judulnya Extermination, dan kemungkinan besar kamu nggak pernah denger namanya.

Emang sih, walaupun gameplay-nya lumayan menarik, tapi ada banyak kelemahan yang bisa kamu temui. Untuk menyebut di antaranya, cerita yang terlalu biasa.

Militer yang dikirim untuk menyelidiki hilangnya orang-orang di markas yang terisolasi, udah seberapa sering kamu dengar ide cerita macam itu di genre horor? Mungkin sesering denger ide cerita tentang menyelamatkan istri yang diculik penjahat atau membalas dendam kematian anggota keluarga di film-film silat zaman Steven Seagal, Jean Claude van Damme, dan Bruce Lee dulu.

Lalu ada lagi masalah di sisi voice acting. Jadi terkadang cutscenes-nya sengaja dilambatkan atau dipercepat demi menyelaraskan suara dengan gerakan mulut. Dan itu malah membuat nuansa serius yang coba dibangun jadi terliat lucu. Yah, anggap aja itu hiburan tambahan deh.

3. The Suffering

the-suffering
via dreadcentral.com

Game yang mengambil setting di penjara aja udah cukup menyeramkan, apalagi jika penjara itu dipenuhi makhluk-makhluk yang bisa mengejutkan kamu dan membuat jantung berdetak hingga kecepatan 80 km/jam. Belum lagi jika melihat nuansa disturbing yang ada dalam game ini.

Menariknya lagi, game ini menyediakan beberapa ending yang bisa kamu dapat tergantung pilihan yang kamu buat sepanjang durasi permainan. Multiple ending emang bukan hal baru sih, bahkan pada saat game ini dirilis. Tapi sudut pandang dalam ending yang ditawarkan The Suffering punya keunikan tersendiri lho.

4. Haunting Ground

hg2
via geekparty.com

Sebelum munculnya game-game horor seperti Outlast yang nggak ngasih pemain senjata apa pun untuk menghadapi musuh, ada game lain yang udah lebih dulu melakukannya: Haunting Ground.

Di game ini, kamu bakal mengendalikan seorang wanita bernama Fiona Belli yang terbangun di kastil misterius. Dan untuk keluar dari kastil tersebut bukan perkara gampang, karena para penghuninya mengincar nyawa dan tubuh Fiona. Tapi jangan khawatir, seiring berjalannya cerita kamu bakal dibantu seekor anjing dalam menghadapi musuh sekaligus memecahkan puzzle.

Tertarik buat memainkan game ini? Meskipun nggak terlalu populer, tapi orang-orang yang udah memainkannya menganggap Haunting Ground layak mendapat nilai tinggi. Bahkan ada yang menyebutnya salah satu game horor terbaik.

Semoga beruntung menemukannya.

5. Okami

yown78w6pehfssco9rn0
via complex.com

Dua kata buat game ini: sayang banget! Mungkin banyak gamer kala itu yang nggak menyadari ada game keren bernama Okami yang dibuat oleh salah satu pengembang video game potensial, Clover Studio, hingga angka penjualannya pun terbilang rendah. Alasan macam inilah yang pada akhirnya menyebabkan Clover Studio ditutup Capcom.

Lalu game seperti apa Okami ini?

Kamu yang pernah memainkan Zelda pasti menemukan kesamaan antara dua game tersebut. Dengan membawa “label” sebagai pesaing Zelda, Okami bakal ngajak kamu memainkan dewi dalam mitologi Jepang, Amaterasu, yang mengambil wujud serigala putih. Grafiknya yang terlihat seperti lukisan cat air sanggup memanjakan mata; gameplay, cerita, dan penggambaran karakter-karakternya nyaris tanpa cela. Okami merupakan salah satu game terbaik sepanjang masa yang wajib kamu mainkan, terutama kalau kamu lagi punya banyak waktu luang.

6. Rule of Rose

rule-rose-e
via the-nextlevel.com

Oke, Rule of Rose emang udah pernah dibahas di artikel tentang game kontroversial. Dan mungkin karena itu pula game ini agak sulit didapatkan selang setelah perilisannya, terlebih di luar negeri sana.

Kita kesampingkan dulu kontroversi yang menghinggapinya, karena rasanya rugi deh kalau sebagai gamer kamu nggak mencicipi Rule of Rose. Sisi Gameplay dan kontrolnya mungkin bisa ngebuat frustrasi, tapi kamu bakal sulit mengabaikan kualitas cerita, musik, dan atmosfer horor yang dimilikinya.

Karena game ini udah susah buat didapetin sekarang, nggak jarang ada gamer yang berharap Rule of Rose di-port atau dibuat ulang ke/di konsol generasi teranyar. Tapi kalau nggak kunjung juga dibuat dan kamu penasaran, mending kamu tonton aja let’s play-nya.

7. The Getaway

ps2_the_getaway_15
via psxextreme.com

 

Memainkan The Getaway mungkin bakal membuat kamu serasa memainkan GTA. Tapi ada hal-hal yang bikin The Getaway punya kelebihan serta kekurangan dari “kembaran jauhnya” saat itu.

Dengan setting yang bertempat di London, The Getaway mampu membuat copy dari kota tersebut. Grafiknya pun bagus dan terlihat realistik. Tapi yang paling utama adalah jalan ceritanya yang dikemas secara apik.

Itu kelebihannya. Kalau soal kekurangannya sih cuma terletak di kontrol yang cenderung kaku.

Apa ada game keren lain yang terlewat dalam daftar ini? Sekarang saatnya kamu ngasih rekomendasi game yang layak buat dimainin.

143 Shares

Komentar:

Komentar