7 Momen Ketika Game Horor Bikin Kita Tegang Setengah Mati

I'll miss you, Sweet Pea...

Ketika kita memutuskan untuk memainkan game horor, kita pasti udah mengantisipasi untuk dibikin ketakutan. Tapi ada kalanya game horor nggak cuma berhasil memacu jantung kita berdetak lebih cepat, terkadang kita pun dibuat tegang atau bahkan panik.

Nggak apa-apa kok, nggak usah malu mengakuinya. Toh, saya juga sama dengan kamu. Dari yang awalnya senjata saya terisi 150 peluru, dalam sekejap mata itu peluru bisa tinggal tersisa 10 doang, hanya karena saking paniknya saya.

Maka dari itulah, terinpirasi oleh kepengecutan saya saat main game horor, lewat artikel ini saya berniat mengajak kamu untuk mengingat kembali momen-momen mengerikan dalam game yang bisa bikin kita panik dan tegang. Well, kalaupun kamu nggak, seenggaknya saya sukses dibikin tegang.

1. Pertemuan pertama dengan si cantik Laura – The Evil Within

via reddit.com

Aaah… betapa beruntungnya Sebastian Castellanos bisa berhadapan langsung dengan monster seksi yang satu ini. Meskipun, entah mungkin karena ia pemalu, Sebastian langsung lari tunggang-langgang saat pertama kali bertemu Laura. Saya bahkan bisa bayangkan pipinya si Sebastian merona merah pertanda malu-malu saat kabur dari Laura.

Hah! Dasar kau pria konyol, Sebastian!

Seharusnya kau mencontoh dariku, Sebastian. Saat bertemu Laura pertama kali, saya langsung samperin itu monster… hanya untuk kemudian diinjak-injak dengan brutal sampai kepala saya nggak keruan bentuknya. Barulah setelah itu saya sadar betapa mengerikannya Reborn Laura, sekaligus mengakui kebodohan saya.

Kalau mau dibandingkan, The Evil Within 2 membawa pengalaman horor ke level yang lebih tinggi berkat sistem open world-nya. Tapi untuk urusan boss battle, The Evil Within pertama dengan Laura-nya berhasil menghadirkan kengerian yang terakhir kali saya rasakan saat dikejar-kejar Nemesis.

2. Si jabang bayi – P. T.

P. T. itu adalah demo game berisi banyak keganjilan yang bikin nggak nyaman. Tapi satu momen yang paling nggak nyaman dari P. T. terjadi ketika kamu membuka pintu kamar mandi yang gelap. Untungnya kamu dibekali senter yang membuat kamu bisa mengecek isi dalam kamar mandi itu.

Namun… begitu kamu mengarahkan cahaya ke wastafel, kamu menemukan ada janin di atasnya. Kamu memeriksa lebih teliti untuk mengecek apa yang kamu lihat itu nggak salah. Ternyata penglihatan kamu nggak salah, itu memang janin. Dan sekarang janin itu mulai menggeliat. Merasa nggak nyaman, kamu pun pengin keluar dari kamar mandi itu. Sialnya, ternyata pintu yang ada di belakang kamu terkunci.

Setelah beberapa detik berusaha mencari keluar tanpa hasil, kamu pun membanting stik dan berteriak memanggil teman kamu. “Hey, uuuh… bisa temenin saya sebentar?” kamu bilang sambil berusaha keras tetap memasang tampang kalem.

Penampakan Lisa memang nyeremin. Tapi menurut saya Lisa masih kalah seram dari si jabang bayi.

3. Ketika Xenomorph mendekat dengan kecepatan luar biasa – Alien: Isolation

Kamu nggak bisa mengalahkan Xenomorph dalam Alien: Isolation. Sebaliknya, Xenomorph bisa membunuh karakter kamu hanya dengan sekali tebas. Karena itulah saya selalu berusaha sehati-hati mungkin untuk nggak sampai ketahuan oleh Xenomorph saat memainkan game ini.

Tapi yah, hasilnya saya nggak ingat berapa kali Amanda Ripley tewas di tangan si alien. Yang lebih menyebalkannya, langkah kaki Xenomorph saat berlari mengejar Amanda selalu bikin saya kaget dan mati langkah. Ditambah lagi suara dari Xenomorph saat ia membuka mulutnya, eksotis habis!

Padahal buat mengatasi Xenomorph itu lumayan gampang lho.

4. Jarum yang bikin ngilu – Dead Space 2

Ini situasi yang serba salah. Gimana nggak, kamu diharuskan menusukkan jarum ke mata si karakter utama, Isaac. Kalau kamu berhasil, kamu bakal melihat pemandangan yang paling bikin ngilu dalam video game (bola mata ditusuk jarum). Bila gagal, kamu nggak akan pernah menamatkan game ini.

Pilih yang mana?

5. Gatherer pun muncul – Amnesia: The Dark Descent

Izinkan saya bertanya pada kamu yang pernah memainkan Amnesia: memainkan karakter yang nggak bisa memakai senjata dan hanya bisa lari, kamu pasti panik saat bertemu makhluk ini,

via zombspawn.com

Iya, ‘kan? Kamu pasti panik, ‘kan? Ayolah… terus terang saja.

6. Mia, oh, Mia… – Resident Evil 7

Bayangkan adegan ini:

Kamu tengah mencari istri kamu yang hilang sejak tiga tahun lalu. Demi istri tercinta, kamu bahkan rela memasuki rumah orang tanpa izin, lalu membantai koleksi-koleksi monster kepunyaan si pemilik rumah. Wajar kan kalau keluarga Baker nganggap kamu psikopat gila dan memburu-buru kamu? Tapi hey, itu semua demi istri tercinta.

Tapi ketika kamu menemukannya, istri kamu yang bernama Mia itu ternyata bukan dirinya yang dulu lagi. Ia sudah berubah jadi monster, dengan muka yang, astaga…

gamepr.de

Momen pertama saat Mia menunjukkan wujudnya yang baru itu, harus saya akui, cukup mencekam. Ditambah lagi kita harus melawannya di ruangan yang sempit. Setelah berhasil mengatasi rasa takut, saya malah sempat dibuat ragu: “Hey, saya harus ngebunuh dia atau gimana ini!?” tanya saya waktu itu.

7. Saat momen kematian itu akhirnya tiba – The Walking Dead

Ini bukanlah momen yang bikin tegang karena adegan menyeramkan. Ketegangan di sini muncul karena ketidakterdugaan. Yeah, siapa yang mengira Lee si protagonis utama bakal digigit zombie?

Ketidakterdugaan itu lantas berubah jadi ketegangan dan harap-harap cemas saat game mencapai detik-detik akhir. Lebih tepatnya, momen saat Lee ambruk dan ‘sekarat’.

“Setelah semua yang dilewati, Lee akhirnya mati!? Come on, dude! Jangan kalah sama gigitan zombie doang,” bisik saya saat melihat Lee ambruk, sekitar tiga tahun yang lalu kalau nggak salah. Tapi apa daya, dalam The Walking Dead gigitan zombie memang mematikan.

Dan momen tak terelakkan pun akhirnya tiba. Dengan mata berkaca-kaca, Clementine menembak kepala Lee setelah sebelumnya mendapat wejangan terakhir dari ayah angkatnya itu.

Hmm, mungkin saya salah memasukkan adegan kematian Lee dalam daftar ini. Seharusnya momen kematian Lee masuk dalam daftar momen paling menyentuh hati dalam video game.

Apa ada momen menegangkan lain dalam game yang belum disebutkan di daftar ini?

- Advertisement -
Shares 21

Komentar:

Komentar