5 Mod Keren untuk Game Stardew Valley yang Bakal Bikin Kamu Tambah Susah Berhenti Bermain

Bonus cheat!

:

Wah, nggak terasa game buatan Eric “ConcernedApe” Barone ini sudah berusia 3 tahun. Meski sudah tergolong berumur, tapi popularitas Stardew Valley nggak kunjung surut. Bahkan ratingnya di Steam sampai saat ini masih bertahan di 10/10! Wow…

Konsep permainan yang sederhana, dukungan penuh dari pengembang, kebebasan eksplorasi oleh para pemain, dan komunitas yang begitu besar mungkin menjadi alasan mengapa game ini begitu dicintai. Nampaknya nggak salah kalau menyebut komunitas adalah hard carry dari game ini.

Bagusnya lagi, komunitasnya sendiri nggak hanya sekadar rajin berbagi tips atau berlomba mempercantik layout ladang, tapi juga menyediakan mod yang bisa digunakan gamer untuk membuat permainan lebih menarik dan lebih asyik.

Dari sekian banyak mod-mod yang bertebaran, ada 5 daftar mod terbaik (versi saya) yang seenggaknya wajib kamu masukkan dalam game ini. Apa saja itu?

1. Chests Anywhere

via nexusmods.com

Pernah ngalamin nggak, dari rumah udah berniat mau upgrade kapak silver jadi emas, eh tapi pas sampai rumah Clint, Gold Bar malah ketinggalan di Chest. Atau nemu senjata baru ketika lagi asyik menambang, tapi pas mau diambil, eh… tas kamu ternyata penuh.

Nah, masalah tersebut bisa diatasi dengan mod ini. Dengan mod Chests Anywhere, kamu bisa mengakses Chest, kulkas, Shipping Bin, dan Junimo Huts dari mana saja tanpa harus lari balik ke rumah. Enak, ‘kan?

2. Happy Birthday

via nexusmods.com

Semua orang di Stardew Valley punya tanggal lahir, lalu gimana dengan karakter kita? Masa kita ngasih hadiah terus tapi nggak pernah dikasih hadiah? Kasihan banget ini karakter.


Tapi masalah seperti itu bisa sirna dengan memakai mod ini. Kamu bisa memilih tanggal lahir dari 4 musim yang ada. Dan ketika tiba saatnya, penduduk desa akan mengucapkan selamat dan memberikan hadiah kepadamu. Hadiahnya juga berbeda-beda, tergantung seberapa dekat hubungan kalian.

3. Lookup Anything

via nexusmods.com

Karena informasi yang ditampilkan dalam game hanya informasi dasar, maka pemain harus mencari informasi di Stardew Valley Wiki. Entah itu informasi tentang penduduk desa, hewan ternak, atau hasil panen.

Nah, kalau menggunakan mod ini, kamu bisa melihat informasi apa saja tentang suatu obyek dengan cara hover cursor mouse dan menekan tombol F1. Entah itu melihat hadiah favorit penduduk desa tertentu, masa panen tanaman, atau berapa lama pagar bisa bertahan.

4. UI Info Suite

via nexusmods.com

Berbeda dengan mod Lookup Anything yang menampilkan informasi tentang suatu obyek. Informasi yang ditampilkan oleh mod ini lebih ajib. Kamu bisa melihat EXP yang didapat, jangkauan sprinkler dan scarecrow, hewan ternak yang belum dibelai, sisa hari panen suatu tanaman, menampilkan lokasi dari penduduk desa, atau sisa hari peningkatan perkakas oleh Clint.

Mod ini bakal lebih mantap lagi kalau dipadukan dengan Lookup Anything. Informasi yang ditampilkan bakal saling melengkapi dan nggak overlap.

5. CJB Cheats Menu

via nexusmods.com

Terakhir tapi nggak kalah menarik, mod ini bisa dibilang Game Shark-nya Stardew Valley. Dengan mod ini kamu bisa mempercepat lari, menghentikan waktu, menambah uang, mengubah hubungan dengan penduduk desa, mengubah cuaca, teleport ke lokasi lain, atau punya energi tak terbatas

“Kenapa harus pakai cheat, sih? Nggak asyik banget, dah.” Bagi sebagian orang, menjadi petani dan peternak itu berat. Sekalipun cuma jadi petani virtual, tetap saja berat.

Tapi kalau kamu merasa cheat-nya terlalu OP dan merusak kesenangan, seenggaknya gunakan cheat untuk mempercepat lari. Habisnya kecepatan jalan atau lari dari karakter kita memang terlalu membuang-buang waktu. Coba deh kalau pas nganggur kamu hitung waktu perjalanan dari pantai ke rumah. Mungkin waktunya sama dengan menghabiskan satu porsi mpek-mpek asli Palembang.

Yang perlu kamu ingat, sebelum menggunakan 5 mod di atas, pastikan kamu sudah install SMAPI terlebih dahulu ya. Sehabis itu tinggal masukkan ke folder Mods yang ada di C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\Stardew Valley\Mods. Detail konfigurasi SMAPI ada kok di link itu.

Kamu punya rekomendasi mod lain yang nggak kalah asyik, nggak?

Komentar:

Komentar