5 Game Pendek dengan Jalan Cerita Memikat yang Bisa Kamu Tamatkan Kurang dari Empat Jam

Naiee... da! Da! Atta!

Nggak semua orang punya waktu yang banyak untuk main game. Apalagi kalau kamu sudah berkeluarga, waktu kamu mungkin bakal lebih banyak tersita untuk ganti popok dan kasih susu bayi. Kamu sadar betul kondisi saat ini nggak memungkinkan buat memainkan game macam Football Manager, Sekiro: Shadows Die Twice, atau Spider-Man. Tapi sialnya, hasrat kamu sebagai gamer sudah nggak terbendung lagi.

Jadi baiknya gimana dong?

Cicipi dulu deh 5 game pendek ini. Kumpulan game ini nggak makan waktu banyak buat diselesaikan. Biarpun durasinya pendek, dijamin kamu nggak akan nyesal menyisihkan waktu luang untuk memainkannya.

1. Brothers: A Tale of Two Sons

via elotrolado.net

Platform: PC, Playstation 4, Xbox One, Playstation 3, Xbox 360, Android, iOS

Empat tahun sebelum game co-op inovatif A Way Out dirilis ke pasaran, sutradara Josef Fares pernah menelurkan karya masterpiece pertamanya dalam ranah video game lewat Brothers: A Tale of Two Sons.

Pada awalnya, Brothers terlihat seperti game petualangan tentang dua orang bersaudara yang berkelana demi mencari obat untuk ayah mereka. Tapi lambat-laun kamu bakal menyadari kalau game yang dibalut setting dunia dongeng ini kaya akan kejutan tak terduga.

Dan untuk benar-benar merasakan sensasi dari game ini, saya sarankan kamu memerhatikan interaksi antara dua karakter yang kamu mainkan. Brothers bukan hanya tentang mengendalikan dua karakter dari titik A ke titik B. Sepanjang petualangan si dua bersaudara, banyak banget hal-hal kecil yang membuat kamu bisa menyelami lebih dalam tentang perkembangan dua karakter utama.

Game ini bahkan nggak cuma pandai mengaduk-aduk emosi kamu melalui jalan ceritanya, tapi juga lewat tombol kontroler yang kamu pegang. Tunggu deh sampai kamu lihat ending dari Brothers. Mungkin nggak sedikit dari kamu bakal merasa sedih, atau minimalnya merasa nggak enak hati.

Waktu yang dibutuhkan untuk menamatkan game: 3 – 4 jam

2. What Remains of Edith Finch

via rockpapershotgun.com

Platform: PC, Playstation 4, Xbox One

Ini adalah game walking simulator terbaik yang pernah ada! Apa pernyataan saya terdengar berlebihan? Aaah, apa pun tanggapan kamu, saya menikmati betul waktu yang saya sisihkan saat memainkan What Remains of Edith Finch.

Dalam game ini kamu akan mengontrol Edith Finch, satu-satunya anggota keluarga Finch yang tersisa. Ketika Edith beranjak dewasa, dia memutuskan untuk kembali ke rumah yang ditinggalinya saat masih kecil. Tapi itu bukanlah rumah biasa. Bukan hanya bentuknya terlihat aneh, orang-orang yang dulu menghuninya pun menunjukkan keanehan. Dan benar saja, saat dia kembali memasuki rumah itu, Edith menemukan kalau kehidupan dan kematian anggota keluarganya penuh dengan keanehan.

Kisah dari setiap anggota keluarga Finch dibawakan dengan bentuk semacam cerita pendek yang unik; ada yang berbentuk surat, foto, bahkan komik. Dan setelah kamu tahu apa yang terjadi pada satu anggota keluarga Finch, dijamin deh kamu pasti penasaran buat cari tahu kisah dari anggota keluarga yang lain. Dari mulai orangtua, saudara, paman, nenek, sampai leluhurnya Edith.

Waktu yang dibutuhkan untuk menamatkan game: 2 – 3 jam

3. Gone Home

via ign.com

Platform: PC, Playstation 4, Xbox One, Nintendo Switch, Mac

Bagaimana rasanya jika kamu pulang ke rumah setelah bepergian sekian lama, dan kamu nggak menemukan satu orang pun di sana? Bagi Kaitlin Greenbiar, itu adalah waktunya untuk mengorek informasi tentang apa saja yang terjadi di rumah saat dia pergi.

Terkecuali Kaitlin, kamu nggak akan menemukan karakter lain secara langsung dalam Gone Home. Tapi dengan mendengar dan membaca dialog dari segala objek yang kamu temukan di dalam rumah, kamu bakal merasa mengenal betul keluarga Greenbiar, seakan kamu pernah bertatapan muka secara langsung dengan mereka.

Kalau What Remains of Edith Finch bisa disebut game walking simulator terbaik sepanjang masa, maka kita harus berterima kasih pada Gone Home. Karena game inilah yang merupakan sumber inspirasi dari game walking simulator kontemporer.

Waktu yang dibutuhkan untuk menamatkan game: 2 – 3 jam

4. Her Story

via rufi.pw

Platform: PC, Android, Mac, iOS

Bagi sebagian orang Her Story mungkin bakal terasa membosankan. Sesuai genrenya, Game FMV ini mengajak kamu untuk menyaksikan rekaman video berisikan sesi interogasi antara detektif dan seorang perempuan. Ya, ini adalah game yang benar-benar mengandalkan cerita dan dialog. Nggak usahlah kita ngomongin gameplay, interaksi antara pemain dan karakter pun bahkan nggak ada.

Tapi yang membuat Her Story menarik adalah fakta kalau perempuan dalam video itu dicurigai sebagai pembunuh suaminya. Dan dari video itulah kamu akan mendengar kesaksian dari perempuan itu. Kadang-kadang kamu mendengar masa lalu dari perempuan itu; terkadang kamu mendengar dia bersumpah-serapah; terkadang kamu mendengar kesaksiannya yang penuh dengan keambiguan; dan terkadang kamu mendengar dia nyanyi sambil main gitar.

Faktor terkuat kenapa pengalaman memainkan Her Story bisa begitu menyenangkan adalah kemampuannya untuk mengundang rasa penasaran. Apakah benar perempuan dalam video itu membunuh suaminya? Motifnya apa? Dan kenapa perempuan itu tiba-tiba main gitar?

Waktu yang dibutuhkan untuk menamatkan game: 3 – 4 jam

5. Journey

via giantbomb.com

Platform: Playstation 3, Playstation 4

Saat kamu memainkan Journey, di awal permainan kamu akan diperkenalkan pada karakter berjubah yang berdiri di tengah gurun. Karakter itu lalu memandang gunung tanpa berkata apa pun, tapi entah kenapa kamu tahu gunung itu adalah tempat tujuannya. Game pun dimulai.

Di tengah perjalanan kamu bakal menemukan karakter-karakter lain dan berinteraksi dengan mereka. Kamu nggak akan tahu siapa nama mereka sampai kamu menamatkan game.

Jika kamu tertarik sama game ini, sebaiknya kamu jangan memainkannya secara offline. Mainkan secara online, dan kamu bakal tahu kenapa Journey dinobatkan oleh banyak kalangan gamer sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa.

Waktu yang dibutuhkan untuk menamatkan game: 2 – 4 jam

Hmm… apa kamu tahu game pendek lain yang sama kerennya dengan yang ada dalam daftar? Kasih tahu dong. Lumayan ‘kan buat ngisi waktu luang.

Dan kalau kamu pernah memainkan 5 game pendek di atas, jangan sungkan buat kasih tahu gimana pengalaman kamu saat memainkannya. Favorit saya sendiri Brothers: a Tale of Two Sons. Saya bahkan nggak ragu nyebut itu salah satu game terbaik yang pernah saya mainkan.

23 Shares

Komentar:

Komentar