5 Game ala Harvest Moon yang Sama-Sama Bisa Bikin Kamu Ketagihan

Elli, Karen, Ann, Mary, atau Popuri?

:

Nggak salah memang kalau orang menyebut bahwa Harvest Moon: Back to Nature merupakan salah satu game terbaik pada masanya. Gameplay yang ringan, dipadu dengan grafiknya yang imut, membuat game ini bisa dinikmati oleh segala kalangan.

Sayangnya, mayoritas game Harvest Moon dari Natsume yang rilis tahun-tahun belakangan cenderung mengecewakan. Beruntung developer asli dari Harvest Moon, Marvelous, menelurkan seri Story of Seasons yang berakhir cukup memuaskan, seperti dibuktikan dari game spin-off Doraemon Story of Seasons. Di samping itu, game teranyar mereka yang diberi judul Story of Seasons: Reunion in Mineral Town juga kelihatan menjanjikan.

Kamu bingung apa bedanya Harvest Moon dan Story of Seasons? Baca aja penjelasan singkatnya di link ini.

Tapi di artikel ini kita nggak akan bahas soal Harvest Moon atau Story of Seasons, melainkan game alternatifnya. Karena seperti yang kita tahu, kesuksesan seri Harvest Moon mampu mendorong developer lain di seluruh dunia terinsipirasi untuk membuat game serupa.

Kira-kira game apa saja yang mirip dengan Harvest Moon dan bisa bikin pemainnya kecanduan? Ini dia daftarnya.

1. Big Farm

Nggak punya PC yang mumpuni atau konsol untuk main game? Sepertinya kamu bisa mencoba memainkan game ini deh. Big Farm hampir mirip sama Harvest Moon. Keduanya sama-sama mengharuskan kamu untuk berkebun, bertani, dan berternak, hanya saja bermodalkan klik-klik khas game browser.


Kalau kamu ingat (atau mungkin dulu pernah main) Farmville, permainannya mirip seperti itu kok.  Kamu akan mendapat misi untuk mendapatkan hadiah-hadiah tertentu. Selain itu kamu juga bisa memperluas lahan pertanian, membeli kandang hewan ternak, dan bergabung dengan komunitas untuk saling membantu satu sama lain.

Cukup kamu akses link ini lewat browser seperti Chrome atau Firefox, maka kamu sudah bisa memainkan game ini.

2. Shepherd’s Crossing 2

Secara mekanisme dan gameplay, game ini bisa dibilang versi realistis dari Harvest Moon; sama-sama bertani dan berternak, bisa nikah, dan memperluas rumah.

Tapi yang jadi pembeda adalah kamu bisa memperluas lahan pertanian sehingga bisa menampung lebih banyak tanaman dan hewan ternak, membunuh hewan ternak untuk dimasak atau dijual, dan memiliki varian tanaman yang beragam. Bahkan cara memproses hasil panen pun bervariasi, tergantung apa yang ingin kamu dapatkan.

3. Rune Factory 4

Meski ada unsur tanam-menanam seperti Harvest Moon, hal tersebut nggak menjadi gameplay utama dari game ini. Genre dari Rune Factory 4 bukan simulasi, melainkan adventure.

Faktor kemiripan dengan Harvest Moon mungkin ada di sisi farming, exploring, dan menikah. Kamu bakal lebih fokus crawling dungeon mengalahkan musuh dan mengumpulkan bahan untuk crafting. Hasil crafting tersebutlah yang akan kamu gunakan untuk berpetualang.

4. Animal Crossing: New Leaf

Kalau kamu mencari game simulasi yang full simulasi, mungkin Animal Crossing adalah jawabannya. Berbeda dengan Harvest Moon yang fokus pada simulasi kehidupan di lahan pertanian, pada game ini kamu memegang kendali penuh akan semua hal yang terjadi pada karaktermu.

Di game ini kamu menjadi seorang wali kota dari satu kota kecil yang jarang diketahui oleh turis. Tugas kamu adalah mengubah kota menjadi surga idaman para wisatawan. Kamu juga bisa membangun beberapa infrastruktur seperti landmark atau jembatan untuk mempercantik kota. Cocok nih kalau kamu ada ambisi atau cita-cita terselubung jadi wali kota.

5. Stardew Valley

Bicara soal Harvest Moon nggak akan lengkap kalau nggak bahas game ini. Bahkan kalau dibandingkan dengan empat game sebelumnya, Stardew Valley adalah yang paling mirip dari semua aspek. Ini game bisa dibilang semacam kloning dari Harvest Moon, namun lebih kaya fitur.

Semua yang kamu jumpai di Harvest Moon ada semua di game ini. Mulai bercocok tanam, memelihara hewan ternak, sampai menikah. Selain itu kamu juga bisa membuat item baru melalui crafting dan eksplorasi dungeon untuk mengalahkan monster.

Kalau kamu sedikit bosan dengan Harvest Moon, pelarian yang paling masuk akal ya cuma Stardew Valley. Dijamin nggak kalah bikin kecanduan kok.

Dari 5 game tersebut, udah kelihatan kan game apa yang paling saya paling rekomendasikan sebagai alternatif Harvest Moon? Atau kamu punya rekomendasi lain?

Komentar:

Komentar