20 Game PS1 Terbaik yang Masih Asyik buat Kamu Mainkan Sekarang

Kanan kiri bawah atas empat kali...

:

Dari sekian banyak game yang pernah dirilis ke pasaran, beberapa dari mereka kayaknya ditakdirkan untuk hidup “abadi”. Maksud saya, game tersebut masih asyik buat dimainkan meskipun umurnya udah tua, bahkan setelah puluhan tahun sejak game itu dirilis pertama kali.

Itu juga yang terjadi pada 20 game ps1 terbaik ini. Buktikan sendiri deh sama kamu kenapa saya merekomendasikan deretan game ini, sekalian nostalgia juga ‘kan?

Mungkin sebagian dari kamu bakalan kurang setuju sama daftar yang saya buat ini. Anggap aja daftar ini sebagai pengingat kalau ada game PS1 keren yang masih layak buat kamu mainkan sekarang. Kalau-kalau kamu lupa sama 20 game PS1 terbaik ini.

1. Harvest Moon: Back To Nature

Natsume

Walaupun memiliki gameplay ala RPG yang membutuhkan tingkat kesabaran ekstra, Harvest Moon merupakan salah satu game favorit untuk banyak orang dari berbagai kalangan. Beberapa faktor penunjang seperti desain karakter yang imut, dunianya yang dipenuhi sama aktivitas-aktivitas seru, dan jalan ceritanya yang simpel tapi tetap menarik, membuat Harvest Moon selalu jadi pilihan asyik untuk dimainkan di waktu senggang.

2. Tekken 3

Namco

Sepertinya nggak salah pilihan para kritikus yang menobatkan Tekken 3 sebagai salah satu game fighting terbaik sepanjang masa. Tekken 3 memang punya grafik dan gameplay yang canggih di era keemasan PS1.

Oh dan satu lagi, yang paling saya suka dari Tekken 3 adalah ending dari setiap karakternya yang sangat cinematic. Yang paling seru tentu ending dari Gon!

3. WWF Smackdown! 2: Know your Role

THQ

Kalau mau dirunut lebih jauh ke belakang, sebetulnya udah ada beberapa game gulat yang pernah dirilis untuk PS1. Tapi untuk urusan yang terbaik, buat saya WWF Smackdown! 2 merupakan game paling berkesan dan seru untuk dimainkan.


Developer game ini, Jakk’s, patut diacungi jempol untuk mampu menggarap sebuah game wrestling dengan gameplay yang mudah dipahami dan menyajikan detail gerakan-gerakan wrestling yang mirip ke gerakan asli para pegulatnya di dunia nyata.

4. Tony Hawk’s Pro Skater 3

Activision

Kalau boleh jujur, agak sulit untuk menentukan mana yang terbaik dari empat game Tony Hawk’s Pro Skater. Tapi seri ketiganya ini punya keunggulan dari pilihan triknya yang semakin banyak dan soundtrack yang keren banget.

5. Brave Fencer Musashi

Square Enix

Brave Fencer Musashi jadi game RPG yang cukup unik di zamannya. Dengan sistem battle yang menarik dan menjadikan aspek waktu sebagai hal yang penting, game ini punya daya tarik tersendiri bagi para penggemar RPG sampai kapan pun.

6. Gran Turismo 2

Sony Interactive Entertainment

Seharusnya Gran Turismo 2 lebih cocok disebut sebagai racing simulator daripada game racing belaka. Mulai dari garapan detail grafiknya yang cukup realistis, sampai sisi gameplay yang mengharuskan kita mendapatkan surat izin untuk bisa menyelesaikan game, untuk ukuran game balap yang rilis tahun 1999, Gran Turismo udah lebih maju ketimbang game lainnya yang berjenis serupa.

7. Spider-Man 2: Enter Electro

Activision

Kebanyakan game punya grafik cutscene yang lebih bagus daripada grafik gameplay. Nah, SpiderMan 2 ini malah terbalik; grafik gameplay lebih bagus ketimbang cutscene.

Itu bukan sesuatu yang buruk. Soalnya SpiderMan 2 sudah mempunyai jalan cerita in-game yang sangat komprehensif. Jadi game ini layak disebut sebagai game adventure yang utuh.

8. Mega Man Legends 2

Capcom

Sebagai satu-satunya game di mana Mega Man berinteraksi dengan cara yang lebih “manusiawi” dan punya gameworld yang luas banget, Mega Man Legends bakal jadi game petualangan yang bikin kamu lupa waktu pas memainkannya.

9. Bishi Bashi Special

Konami

Siap-siap sedia joystick cadangan deh kalau kamu main game yang satu ini. Sudah dipastikan bakal banyak tombol yang rusak karena game ini mengedepankan gameplay yang mengandalkan ketangkasan dan kecepatan jari.

Tapi perlu diakui kalau Bishi Bashi memang asyik banget buat dimainkan bareng teman-teman sambil kumpul-kumpul. Ini game sejuta umat deh pokoknya.

10. Monster Rancher 2

Tecmo

Beternak lele mungkin udah biasa. Tapi apa jadinya kalau kamu jadi peternak monster? Kira-kira seperti itulah jalan cerita utama dari Monster Rancher 2.

Yang unik dari game ini, ada satu fitur di mana kamu bisa bereksperimen untuk membuat monster dengan cara memasukkan CD apa pun ke dalam konsol PS1. Canggih!

11. Driver 2: Back on the Streets

Infogrames

Untuk sebuah game driving, Driver 2 jadi menarik karena pengemudi mobil yang menjadi karakter utamanya bisa keluar dari mobil dan jalan-jalan bebas. Lucunya, hal itu justru lebih menarik daripada menyelesaikan misi-misi utamanya.

12. Fisherman’s Bait 3: Big Ol’ Bass 2

Konami

Konami memang nggak ada matinya kalau urusan bikin video game. Contohnya ya Fisherman’s Bait 2 ini. Kegiatan memancing yang memiliki imej membosankan di kehidupan nyata malah terasa sangat mengasyikan lewat game ini. Kapan lagi bisa mancing ikan yang bentuknya kayak mumi coba?

13. Resident Evil 2

Capcom

Resident Evil 2 bakalan mengajak kamu untuk berpetualang menyusuri Raccoon City, saluran air bawah tanah, dan laboratorium rahasia yang dipenuhi zaambie. Dulu pas beli game ini, saya sempat kaget melihat CD-nya yang ada dua biji. Ternyata jalan cerita yang disajikan memang sangat detail. Dan itu sebabnya, game ini harus dimainkan secara penuh.

14. Metal Gear Solid

Konami

Dengan mengusung stealth sebagai gameplay utamanya, Metal Gear Solid berhasil membawa pengalaman baru bagi para gamer. Di game ini kamu akan berperan sebagai Solid Snake yang memiliki misi untuk menghancurkan mesin nuklir yang berbahaya untuk seluruh umat manusia.

15. Digimon World

Bandai

Masih ingat dengan karakter seperti Agumon, Meramon, dan mon mon lainnya? Lewat Digimon World, kamu bakal diajak untuk melatih seekor digimon hingga dia menjadi yang terkuat. Yang asyik dari Digimon World ada di gameplay ala RPG yang memberikan keleluasaan untuk pemainnya dalam menjelajahi dunia.

16. Dragon Ball GT: Final Bout

Bandai

Sebagai adaptasi game dari manga terkenal, Dragon Ball GT: Final Bout sukses memberikan pengalaman fighting yang intens tanpa cacat. Fitur favorit saya di game ini adalah momen di saat adu kamehameha atau genki dama yang bakal bikin para penjaga rental PS1 harap-harap cemas.

17. Toy Story 2

Activision

Game adaptasi dari film mahakarya Pixar ini bakal mengajak kamu berpetualang sebagai Buzz Lightyear untuk mencari keberadaan Woody yang hilang. Karena punya tingkat kesulitannya masing-masing, misi di setiap levelnya bakal menguji kesabaran dan ketangkasan kamu. Selain itu, untuk ukuran game PS1, grafis Toy Story 2 llumayan bagus.

18. Worms Armageddon

Team17

Siapa yang menyangka kalau cacing-cacing di game ini ternyata punya pasokan senjata untuk berperang? Worms Armageddon bakal menguji strategi kamu untuk memenangkan perang antara dua kelompok cacing. Dengan gameplay yang mirip dengan game shooting landscape di smartphone, orang yang belum pernah main game pun bakalan bisa memainkan Worms Armageddon dengan mudah.

19. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone

Electronic Arts

Ternyata selain adaptasi filmnya yang bagus, adaptasi game Harry Potter juga nggak kalah keren. Walau grafiknya terasa kurang nyaman dilihat, game ini tertolong oleh sisi gameplay. Plusnya lagi, minigames yang ada di dalamnya juga cukup menyenangkan (walaupun lama-lama jadi menyebalkan karena tambah sulit).

20. Twisted Metal 2

Sony Interactive

Di antara beberapa game PS1 yang mengusung tema vehicular combat alias menghancurkan musuh dengan menggunakan kendaraan, Twisted Metal 2 menjadi judul terbaik dari semuanya. Lewat tone dan soundtrack yang kelam, kamu bakal merasakan agresisivitas yang nyata saat kamu berusaha keras untuk menghancurkan kendaraan musuh.

Chrono Cross, Suikoden 2, Silent Hill… masih banyak game PS1 terbaik nan keren yang nggak tertampung di artikel ini. Meskipun begitu, saya harap daftar ini udah cukup untuk membawa kamu kembali memainkan game PS1 yang pernah jadi teman hiburan masa kecil.

Komentar:

Komentar