10 Momen Paling Dikenang dari 2 Seri Video Games Terbaik yang Pernah Ada


Dua games yang dimaksud pada judul itu adalah seri Metal Gear Solid dan Resident Evil/Biohazard. Ok, dua nama itu memang bisa diperdebatkan sebagai games terbaik sepanjang sejarah. Tapi, mayoritas gamers pasti setuju kalau keduanya pantas dimasukkan dalam daftar seri video games terbaik, kan?

Dan yang namanya games terbaik pasti punya momen terbaik dan memorable juga di dalamnya. Well, sebenarnya “momen memorable” ini punya dua makna sih; antara momen yang memang keren dan momen yang konyol, hehehe. Lalu apa aja sih momen-momen itu, kamu lihat aja langsung, deh.

Metal Gear Solid

5. Saat Naked Snake Bertarung Melawan The End (Metal Gear Solid 3: Snake Eater)

resizedimage638358-MGS3-The-End2
via gamegrin.com

Ini salah satu boss battle paling unik yang ada dalam permainan video. Dalam pertarungan ini, kamu yang mengendalikan Naked Snake mesti melawan The End, seorang sniper ulung, di hutan belantara yang terbuka dan luas. Salah taktik sedikit aja, bisa-bisa kamu bisa kena tembak dari jarak jauh.

Tapi seperti yang udah dibilang sebelumnya, boss battle ini emang unik karena kamu bisa menghindarinya. Yup, kamu tinggal matikan aja konsol game kamu dan tunggu sekitar seminggu. Saat kamu mulai main lagi, kamu bakal menemukan The End udah mati karena usianya yang udah sangat tua. Coba, mana ada games yang ngasih kamu opsi buat menghindari boss battle kayak gini? Hahaha.

4. Raiden yang Telanjang di Tengah-Tengah Misi Penting (MGS 2: Sons of Liberty)

maxresdefault
via youtube.com

Seri MGS memang games dengan jalan cerita yang kompleks, serius, dan intens. Tapi, MGS juga terkenal dengan kekonyolannya. Salah satunya bisa dilihat dalam momen dimana karakter utama di MGS 2, Raiden, berkeliaran sambil telanjang tanpa sehelai benang pun menutupi badannya. Ini kayak banyolan yang sering ada di film-film komedi.

3. “Tangga yang Tak Berujung” (MGS 3Snake Eater)

MGS3ladder_610
via gameinformer.com

Awalnya mungkin kamu bakal ngira tangga itu seperti tangga-tangga lain yang sering kamu lihat ketika kamu memainkan MGS 3. Tapi begitu kamu menaikinya, dan semenit kemudian kamu nggak kunjung menemukan ujung dari tangganya, ketika itulah kamu sadar kamu lagi naiki tangga “paling terkenal” sepanjang sejarah video games.

Ya, dimana lagi kamu bisa naik tangga yang luar biasa panjang dan tinggi sambil diiringi soundtrack yang mirip lagu-lagu di film James Bond selain di game MGS 3 ini. Dan semenjak menemukan “Tangga tak berujung ini”, setiap saya naik tangga, terkadang saya suka tiba-tiba ingin bernyanyi.

2. Lorong Microwave dan The Last Battle (MGS 4: Guns of the Patriots)

MGS4-Microwave-Corridor-2
via metalgearinformer.com

Di MGS 4, Solid Snake udah tua dan sering batuk-batuk. Dan di penghujung game kamu mesti melihat adegan saat Solid Snake merangkak menyeret tubuh tuanya sepanjang lorong yang sangat panas sembari menyaksikan bagaimana karakter-karakter lain dikepung melawan musuh. Keputusan untuk membagi layar menjadi dua (split screen) terasa lebih mengena, karena sisi emosional kamu akan terbawa demi melihat adegan dramatis yang tengah berlangsung.

liquid
via lasertimepodcast.com

Selesai menyusuri “lorong neraka”, selanjutnya Snake bakal berhadapan dengan musuh bebuyutannya, Liquid Ocelot dalam momen paling epik dari seluruh franchise Metal Gear Solid.

1. Saat Psycho Mantis Menerawang Isi Pikiran Kamu (Metal Gear Solid)

psycho-mantis
via thezeroreview.com

Menerawang isi pikiran di sini sama artinya dengan membaca memory card yang kamu pakai di konsol Ps 1 kamu. Yup, kemampuan paranormal Psycho Mantis memang nggak lebih dari membaca games apa yang pernah kamu mainkan sebelumnya. Tapi waktu itu, dimana teknologi belum secanggih sekarang dan mungkin kamu juga masih bocah waktu zamannya Ps 1, tetap aja kemampuan “membaca pikiran” ini kelihatan seram, kan? Hahaha.

Oh ya, selain kemampuan itu, Psycho Mantis juga bakal nyuruh kamu buat meletakkan controller/stik Ps di lantai dan mengatakan kalau ia akan menggerakkan stik tersebut dari jauh (kenyataannya, ia “menggerakkan stik” dengan memanfaatkan getaran pada stiknya).

Resident Evil

5. Anjing yang Datang dari Jendela (Resident Evil/REmake)

2015-01-10_00001
via newgamernation.com

Selain zombie dan hunter, salah satu musuh yang harus kamu basmi di RE pertama adalah anjing. Well, lebih tepatnya sih zombie anjing. Nggak seperti zombie manusia yang lambat, zombie versi hewan ini gesit, lincah, dan pastinya nggak ada imut-imutnya.

Yup, bayangin aja kalau kamu lagi berjalan di lorong sempit dan sunyi di sebuah rumah besar, dan tiba-tiba, prang…! Jendela di belakang kamu pecah. Sedetik kemudian, kamu udah dikepung sama dua anjing sangar yang siap menerkam kamu.

4. Ketika Otot Bisep Chris Redfield Memukul Batu Raksasa di Tengah Gunung Berapi (RE 5)

picgifs-resident-evil-5-122674
via picgifs.com

RE 5 memang bukan favorit para fans karena porsi actionnya lebih kental daripada horornya. Salah satu bukti bagaimana RE 5 mengarahkan seri ini ke arah action salah satunya bisa dilihat pada saat kamu melawan bos terakhir, Albert Wesker.

Seabsurd-absurdnya sebuah game, memukul batu raksasa dengan tangan kosong sampai batu itu bisa bergerak kelihatan lucu dan konyol banget. Apalagi hal ini diterapkan pada sebuah game yang disebut sebagai pionir genre survival horor. Ada-ada aja…

3. Tatkala Leon Kennedy Memasuki Sebuah Desa dan Diserang Secara Brutal (RE 4)

RE4-HD-Screenshot-05
via usgamer.net

Capcom melakukan perubahan drastis dalam seri keempat dari game andalan mereka ini. Kamu yang terbiasa memainkan game RE versi sebelumnya terpaksa harus beradaptasi dengan sistem yang baru.

Tapi belum juga terbiasa (mungkin kamu baru mulai memainkan game ini selama 20 menit), kamu udah harus menghadapi gerombolan penduduk desa yang telah terjangkiti parasit. Kamu didesak sampai memasuki sebuah rumah, dimana mereka akan mengepung rumah itu. Belum sempat menarik napas dengan tenang, udah muncul lagi sosok pria berbadan besar yang membawa-bawa gergaji mesin.

Satu kata buat adegan ini: menegangkan. Momen ini benar-benar bisa bikin panik.

2. Setiap Momen Dimana Jill Valentine Dikejar-kejar Nemesis (RE 3: Nemesis)

resident-evil-3-cover
via jarcors.com

Stars…”, cuma satu kata itu yang keluar dari mulut Nemesis. Tapi saat pertama kali kamu memainkan game ini dulu, pasti deh kamu bakal kabur dengan panik setiap kamu ketemu makhluk raksasa super kuat ini.

Dan yang serem dari Nemesis, kamu nggak cuma sekali aja ketemu sama dia, karena hampir di sepanjang permainan dia bakal terus ngejar kamu. Di beberapa sudut kota, kalau kamu udah dengar “Stars…”, kamu tahu kalau kamu harus lari secepat-cepatnya.

1. Zombie Pertama yang Kamu Temui (RE/REmake)

bundle
via relyonhorror.com

Kalau-kalau kamu lupa, misi yang diemban karakter di RE pertama adalah menemukan anggota tim Bravo STARS yang hilang kontak. Kamu emang menemukan salah satu anggota tim Bravo beberapa saat setelah kamu menginjakkan kaki di Spencer Mansion. Tapi semuanya udah terlambat, anggota tim Bravo itu telah menjadi santapan makan malam zombie.

Dan saat zombie itu membalikkan kepalanya untuk menatap kamu, itulah momen paling ikonik dan menyeramkan dari seluruh seri Resident Evil (Dalam RE versi remake, momen ini lebih bisa terasa horornya daripada versi originalnya).

Sebenarnya masih banyak momen memorable dari dua seri games legendaris ini, kayak momen saat Naked Snake membunuh The Boss di MGS 3 atau film pembuka Resident Evil pertama yang kocak itu. Tapi sekarang giliran untuk opini fans lain aja deh. Menurut kamu mana momen yang paling bisa diingat dari kedua games ini?

Komentar:

Komentar