Selain Bikin Ngakak, 9 Webtoon Romantis Ini Juga Siap Bikin Kamu Baper

Buat yang suka genre romantis yang diselingi humor, 9 komik webtoon ini cocok banget buat kamu

:

Sesuatu yang bisa bikin baper, bukan berarti nggak bisa mengandung humor juga. Saya sudah membuktikannya setelah baca 9 komik webtoon romantis ini. Mereka nggak hanya pintar mengaduk-aduk emosi, tapi juga bikin perut mulas dengan komedi-komedinya yang segar.

Lewat webtoon romantis ini pula, kamu akan disuguhi dengan segala keunikan dan cerita yang nggak biasa. Mulai dari kisah cinta vampir dan manusia serigala, perempuan yang bereinkarnasi menjadi putri kerajaan, karakter utama yang masuk ke dunia game, sampai pemuda yang bisa bicara dengan hantu.

Penasaran apa saja 9 webtoon romantis rekomendasi Selipan? Ini dia daftarnya.

1. They Say I Was Born a King’s Daughter

via Bi Chu (author)

Sinopsis:

Ketika sudah menemukan cinta sejatinya, Kim Suhee malah meninggal karena dibunuh! Beruntung kisahnya tidak berhenti sampai di situ karena ia diberi kesempatan untuk bereinkarnasi menjadi seorang putri kerajaan.

Review singkat:

Sis, this world is brutal to girls.

Dari kutipan di atas, pasti kamu sudah bisa membayangkan seperti apa dunia baru yang ditinggali oleh Kim Suhee. Nggak salah sih kalau ketika awal-awal baca, cewek-cewek bakal langsung geram sama dunia baru yang ditinggali oleh Suhee. Habisnya, di dunia itu pria sangat super duper dominan, berbeda dengan wanita yang nggak punya privilege apa-apa. Bahkan mereka bisa dipenjara kalau berani menentang kaum pria. Seksis abis lah ya. Tapi di sinilah daya tariknya, kamu bisa melihat bagaimana perjuangan Suhee menaklukkan dunia sebagai seorang wanita.

2. Knight Fantastic Night

via Vivibear (author)

Sinopsis:

Apa jadinya kalau Lin, seorang siswi biasa yang selalu sial, terhisap masuk ke dunia game? Di dunia barunya tersebut, ia ditugaskan untuk menyelamatkan King Arthur dari cengkraman penyihir jahat, mengumpulkan para ksatria meja bundar, dan menemukan cawan suci.


Review singkat:

Jangan membayangkan dunia game yang Lin masuki itu seperti SAO (Sword Art Online), ALO (ALfheim Online), atau GGO (Gun Gale Online). Meski jalan cerita dari webtoon ini mengambil alur shonen yang mainstream, dunia game yang dia masuki lebih bisa disebut sebagai dunia dongeng yang kental dengan nuansa shojo. Habisnya di awal-awal chapter kamu bisa merasakan vibe Alice in Wonderland dan Hansel and Gretel yang cukup kental. Hal inilah yang bikin webtoon ini unik. Dia bisa memadukan unsur shojo dan shonen dengan cukup baik.

3. My Beautiful World

via Maru (author)

Sinopsis:

Sejak kecil, seorang gadis bernama Lee Yurim mempunyai kekuatan unik yang bikin ia bisa melihat sifat asli manusia. Karena itu, ia memutuskan nggak akan menjalin hubungan dekat dengan siapa pun. Ia nggak percaya ada manusia yang benar-benar baik. Tapi apakah nantinya pemikiran Lee Yurim tetap seperti itu? Atau jangan-jangan ada seseorang yang bisa mengubahnya?

Review singkat:

Di awal cerita, webtoon ini sekilas punya sedikit persamaan dengan manga Usotoki Rhetoric, dimana si tokoh utama mengucilkan diri dari orang lain karena pengalaman buruk di masa lalu yang disebabkan oleh kekuatan mereka (di Usotoki Rhetoric, karakter utama bisa mendeteksi kebohongan). Tapi, semua berubah sejak mereka bertemu sosok yang bisa membuat mereka nyaman menjadi diri mereka sendiri. Overall, webtoon ini cocok banget buat kamu yang suka drama Korea romantis. Jalan ceritanya pun juga menarik untuk diikuti.

4. Chasing the Sun

via Zuo Xiao Ling (author)

Sinopsis:

Saat murid SMA bernama Xiao Xiang An menyamar dan menyelinap ke sebuah bar, ia bertemu dengan pegawai bar yang tampan dan menawan. Akan tetapi ada satu hal yang tidak dia ketahui, pegawai bar tersebut ternyata teman sekelasnya sendiri! Hanya saja sikapnya 180 derajat berbeda saat mereka bertemu di bar. Kira-kira kenapa, ya?

Review singkat:

Dari keempat webtoon sebelumnya, mungkin bisa dibilang baru webtoon ini yang sejak awal bisa mendeskripsikan makna romcom (romantic comedy) yang sesungguhnya. Meski mempunyai jalan cerita yang mainstream, pengemasannya yang fresh membuat webtoon ini tidak membosankan. Bahkan kelakuan Xiang An di chapter awal pun bisa menghibur pembaca. Hanya saja, kalau kamu masuk lebih dalam, siap-siap baper ya sama konflik yang ada di webtoon ini.

5. Nineteen, Twenty One

via Yohane (author)

Sinopsis:

Karena sebuah kecelakaan, Yun-lee tidak bisa mengingat apa yang terjadi padanya pada saat berusia 19 sampai 21 tahun. Sejak saat itu, ia merasa hidupnya hampa dan menyedihkan. Tapi segalanya berubah saat dia bertemu cowok yang sepertinya mengetahui sesuatu selama dua tahun masa kekosongan Yun-lee.

Review singkat:

Berbeda dengan Chasing the Sun yang kental dengan nuansa komedi, webtoon satu ini lebih dominan ke romansa. Humor yang disajikan pun cukup ringan, sehingga kamu bisa fokus ke mode baper saat membaca webtoon ini. Sayangnya webtoon ini cuma sampai 21 chapter aja. Tapi, lumayan lah buat mengisi waktu luang.

6. Oh! Holy

via Hyun Ahm (author)

Sinopsis:

Subin dianggap gila dan aneh karena sering berbicara sendiri. Padahal kenyataannya, anggapan orang lain tentangnya sama sekali salah. Ia nggak pernah sekali pun bicara sendiri; Subin bicaranya sama hantu.

Yang lebih aneh lagi, cewek yang jadi pujaan semua cowok di sekolah malah mendekati Subin di hari pertama dia sekolah. Siapakah sebenarnya cewek bernama Ju Yesu itu? Apa hubungan Yesu dengan Subin? Dan mengapa ia mendekati Subin?

Review singkat:

Jalan ceritanya yang tidak bisa ditebak membuat elemen kejutan dari webtoon ini begitu nyata. Konflik yang ditawarkan pun juga unik dan nggak biasa. Kalau kamu nggak begitu suka sama webtoon yang terlalu romantis, webtoon ini bisa kamu jadikan sebagai solusi. Soalnya fokus ceritanya nggak banyak membahas dari sisi romansa, melainkan dari sisi komedinya. Sedikit peringatan, awas sakit perut karena kebanyakan ngakak.

7. Orange Marmalade

via Seok Woo (author)

Sinopsis:

Manusia dan vampir telah menandatangani perjanjian damai selama 200 tahun. Oleh karena itu vampir hanya dapat melampiaskan rasa haus darah mereka dengan mengisap darah babi. Di sisi lain vampir muda bernama Baek Ma Ri nggak dapat menahan diri. Alih-alih darah babi, ia malah mengisap darah cowok bernama Jung Jae Min. Parahnya lagi, setelah kejadian itu sang korban bukannya takut, tapi malah jatuh cinta sama si vampir.

Review singkat:

Kalau di Twilight atau Vampire Diaries itu cowoknya yang jadi vampir, kalau di webtoon ini ceweknya yang jadi tokoh utama vampir. Meski masuk kategori romcom, tapi jangan bayangkan bisa bikin ngakak sampai sakit perut seperti Oh! Holy. Soalnya fokus dari webtoon ini lebih ke drama dan adegan romansanya.

8. Unstoppable Siblings

via Willow (author)

Sinopsis:

Hanmi terpaksa berbohong demi mendapatkan perhatian Lee Gun, cowok gebetannya. Sayangnya rencana yang sudah dipersiapkan dengan matang oleh Hanmi nggak berjalan mulus. Akibatnya semua orang di sekolah berpikir kalau ia berpacaran dengan Junhyuk. Psst… Nggak banyak yang tahu kalau Junhyuk ternyata adalah sepupunya Hanmi.

Review singkat:

Kesan pertama yang didapat ketika membaca webtoon ini tuh bikin ngakak! Humor-humornya nggak terlalu berlebihan, bahkan lebih mengarah ke humor sehari-hari, tapi justru itu yang bisa bikin terhibur. Bahkan kalau jeli, kamu bisa menemukan referensi dari pop culture, contohnya The Simpsons yang ada di chapter 3.

9. unTOUCHable

via Massstar (author)

Sinopsis:

Kalau biasanya vampir mengisap darah manusia, tidak dengan Sia Lee. Ia adalah vampir modern yang mengisap energi manusia hanya dengan sentuhan. Tapi apa yang terjadi kalau manusia yang ingin ia sentuh malah menderita mysophobia (ketakutan berlebihan terkena kuman)?

Review singkat:

Meski tema dari webtoon ini terkesan mainstream, tapi jalan cerita dan konflik yang ada benar-benar unik. Mulai dari vampir yang nggak haus darah, nggak ada masalah sama salib dan bawang, dan sampai bersin-bersin ketika terkena sinar matahari. Oleh karena itu, perjuangan Sia Lee dalam mendekati si korban pun terkadang juga unik dan menggelitik. Kalau kamu baca chapter 1 halaman terakhir, pasti paham dengan apa yang dimaksud unik dan menggelitik.

Dari 9 komik webtoon romantis di atas, mana nih yang jadi favorit kamu?

Komentar:

Komentar