10 Manga Misteri yang Mengajak Kamu untuk Membongkar Teka-teki

Komik tentang kismis nih, kisah-kisah misteri!

:

Membahas manga misteri, pencinta komik di Indonesia mungkin bakal langsung teringat sama Detective Conan. Tapi jujur aja nih, karena Shinichi Kudo nggak kunjung menangkap pria berjubah hitam walaupun udah melewati puluhan volume, saya jadi kehilangan minat buat baca itu komik. Malahan udah lama banget rasanya semenjak terakhir kali saya baca Conan.

Sebagai gantinya, saya menemukan lumayan banyak manga misteri yang jauh lebih seru dari komik detektif yang kacamatanya sebesar munding itu. Dan lewat artikel ini, saya bakal merekomendasikan 10 di antaranya.

1. Billy Bat

Kodansha

Kita buka daftar ini dengan manga karangan Naoki Urasawa dan Takashi Nagasaki, Billy Bat.

Karakter utama dalam manga ini bernama Kevin Yamagata, seorang komikus keturunan Jepang-Amerika. Dan Billy Bat nggak lain merupakan karakter komik yang ditulis Yamagata. Tapi setelah sukses mendapatkan popularitas berkat komik ciptaannya tersebut, Yamagata akhirnya menyadari bahwa ia secara nggak sengaja menjiplak karakter Billy Bat dari gambar yang pernah dilihatnya saat sedang berdinas di Jepang.

Menyadari kesalahannya, Yamagata pun pergi ke Jepang untuk meminta maaf dan memohon izin pada si pemilik hak Billy Bat. Namun tak dinyana, setelah tiba di Jepang, Kevin malah harus berurusan dengan kasus-kasus misteri yang ternyata semuanya memiliki kerterlibatan dengan Billy Bat.

Billy Bat cocok bagi kamu yang menyukai tema terkait dunia konspirasi. Kita bakal diajak untuk menjelajahi kasus yang terjadi di masa lalu, seperti kasus pembunuhan JFK, pendaratan Neil Armstrong di bulan, hingga kisah si jenius Albert Einstein. Urutan plotnya pun seakan sengaja dibikin supaya kamu terus penasaran untuk mengetahui jawaban dari kasus-kasus tersebut.

2. Boku wa Mari no Naka (Inside Mari)

Futabasha

Apa kamu pernah nonton film Your Name/Kimi no Nawa? Inspirasi cerita Your Name berasal dari manga yang dibuat Oshimi Shouzo ini lho sebetulnya.


Boku wa Mari no Naka menceritakan tentang Isao Komori, seorang hikikomori yang bertemu dengan Mari, gadis sekolahan yang Isao anggap layaknya bidadari. Dan pertemuan antara dua insan yang berbeda jenis kelamin inilah yang jadi titik mula dari konflik cerita. Keesokan harinya, saat Isao si hikikomori terbangun di pagi hari, ia mendapati dirinya terjebak di tubuh Mari.

Mungkin kamu merasa ini cuma manga dengan tema yang nggak jauh berbeda dari film semisal Freaky Friday atau Your Name. Tapi cerita yang dimiliki Boku wa Mari no Naka lebih dari sekadar pertukaran tubuh. Melalui manga ini, kamu bakal diajak untuk mendalami rahasia yang dimiliki Mari: identitas, peran gender, hubungan persahabatan, dan hubungan Mari dengan keluarganya. Selain itu, manga yang memiliki tema psikologis ini bisa kasih sudut pandang yang unik tentang lawan jenis kamu.

3. Montage

Kodansha

Gimana jadinya kalau kamu tiba-tiba difitnah terlibat dengan kasus kriminal yang terjadi sekitar 40 tahun lalu? Itulah yang terjadi pada karakter utama Montage, sebuah karya misteri dari Jun Watanabe.

Kisah manga ini bermula dari Narumi Yamato dan Odagiri Miku yang bertemu dengan orang yang sedang sekarat di jalan. Pertemuan ganjil tersebut akhirnya memulai keterikatan Yamato dan Miku dengan kasus perampokan uang 300 juta yen yang terjadi di tahun 1969, sampai membuat mereka jadi buronan yang diburu seluruh polisi di Jepang.

Sebagai manga bertemakan misteri, Montage berbeda dari manga detektif pada umumnya. Karakter Yamato si karakter utama bukanlah detektif terkenal yang suka membius orang lain. Ia hanya murid SMA biasa yang punya banyak kekurangan. Cerita misterinya pun layaknya yang ada di film bertemakan suspense.

4. Ajin

Kodansha

Ajin menceritakan tentang Kei Nagai, murid sekolahan yang menemukan jika dirinya bisa hidup kembali setelah mengalami kecelakaan lalu lintas. Kejadian tersebut membuat gempar orang-orang di sekitarnya, karena mereka menemukan bahwa Kei adalah seorang Ajin.

Sebagai makhluk yang nggak bisa mati, Ajin dianggap sebagai makhluk yang sangat berbahaya. Kei yang telah diketahui sebagai Ajin akhirnya diburu oleh orang-orang yang mengincar hadiah jika mereka bisa menyerahkan Ajin ke pemerintah.

Lantas bagaimana cerita Kei Nagai berlanjut? Nggak mungkin lah saya ceritakan di sini.

5. Doubt

Square Enix

Kalau kamu menyukai film macam Battle Royale atau Saw, kemungkinan besar kamu bakal suka sama Doubt. Manga karya Yoshiki Tonogai ini bercerita tentang sekelompok remaja yang tiba-tiba dikurung dalam suatu tempat terisolasi.

Kepanikan semakin melanda para ABG SMA ini ketika mereka dipaksa mengikuti permainan yang disebut Rabbit Doubt, game survival di mana orang yang bertugas sebagai Kelinci harus bisa menemukan Serigala yang bersembunyi dalam kelompok tersebut. Kondisi itu memaksa mereka untuk saling memercayai satu sama lain demi bertahan hidup dari serangan dari sosok Serigala yang tak diketahui identitasnya. Tapi itu juga yang jadi masalahnya, mendapatkan kepercayaan dari orang lain jadi barang mahal dalam Doubt.

Doubt udah punya dua sekuel yang bisa kamu baca. Jadi kalau kamu belum puas dengan misteri yang ditawarkan Doubt, kamu bisa langsung lanjut baca Judge dan Secret.

6. Hoozuki no Shima (Hoozuki Island)

Square Enix

Malang betul nasib Kokoro dan Yume. Setelah ditinggalkan oleh orang tua mereka, Kokoro dan Yume harus merelakan diri dibawa ke Pulau Hoozuki, satu pulau terpencil yang akan menjadi tempat mereka tinggal dan bersekolah.

Apakah dua bersaudara tersebut bisa hidup tentram di Pulau Hoozuki?

Oooh, jelas tidak! Saat berkenalan dengan anak-anak yang lebih dulu tinggal di sana, Kokoro mendengar desas-desus kalau guru mereka diam-diam punya rencana busuk untuk mencelakakan Kokoro dan teman-temannya. Kecurigaan yang masuk akal, karena untuk apa juga orang mendirikan sekolah dan asrama di pulau terpencil? Maka demi keselamatan mereka, Kokoro dan kawan-kawan menyusun strategi untuk melarikan diri dari pulau terkutuk itu. Tugas yang jelas nggak mudah bagi anak kecil, karena selain harus menghindari kecurigaan para guru, Kokoro pun harus melindungi adiknya yang buta.

Misteri yang coba dibangun dalam Hoozuki no Shima mengandung daya tarik yang bisa mengundang perhatian penuh pembacanya. Meskipun begitu, saya nggak bisa jamin kamu bakalan puas saat menyimak twist yang disodorkannya. Kamu bisa dibuat terhibur, tapi kamu juga mungkin bisa menganggapnya sebagai antiklimaks. Dan untuk catatan tambahan, ilustrasinya pun termasuk imut untuk ukuran manga misteri dan horor.

Terlepas dari itu, manga ini layak banget dibaca jika kamu termasuk orang yang suka diajak untuk menebak-nebak saat menikmati suatu cerita.

7. Saiteihen no Otoko (Scumbag Loser)

Square Enix

Kalau saya menyebut karakter utama manga ini adalah remaja angkuh yang suka memandang rendah orang lain, walau ia sendiri merupakan pecundang sejati, apa kamu bakal menyukainya? Oh ya, saya lupa menyebutkan, ia juga merupakan laki-laki dekil yang nggak ragu untuk berbohong, hanya agar ia nggak dianggap pecundang terbesar oleh teman-temannya.

Mari kita berkenalan dengan sang karakter utama, Masahiko Murai. Berkat sifatnya yang nggak mau kalah, ia nggak bisa menerima kalau orang yang dianggap lebih rendah dari dirinya tiba-tiba bisa dapat pacar. Jadilah ia harus berbohong pada semua teman sekelasnya, dengan berkata kalau ia juga punya pacar cantik sekaligus teman masa kecilnya, Haruka Misuzawa. Sayangnya, kata Masahiko, Haruka bersekolah di tempat yang jauh.

Tapi betapa terkejutnya Masahiko kala menemukan Haruka pindah ke sekolahnya keesokan harinya. Hanya saja, keterkejutan Masahiko lebih disebabkan oleh fakta kalau Haruka sebenarnya udah meninggal lima tahun lalu.

Jadi siapa perempuan tersebut?

8. This Man: Sono Kao wo Mita Mono ni wa Shi wo (This Man: Death to Those who See That Face)

Kodansha

Pernah dengar tentang legenda urban This Man? Di Amerika sana, ada cerita tentang wanita yang memberi tahu psikiater kalau ia sering melihat seorang pria di mimpinya. Sebelumnya ia nggak pernah ketemu pria itu di kehidupan nyata. Dan yang lebih mengejutkannya, ternyata ada ribuan orang yang juga mengaku melihat pria yang sama saat mereka sedang bermimpi.

Ini sketsa wajah sang pria:

Kamu pernah memimpikan dia juga? Haha, itu cuma legenda urban kok. Dan legenda urban inilah yang coba diangkat lewat manga This Man.

Ceritanya sendiri berpusat pada misteri pembunuhan berantai yang dilakukan oleh This Man. Dengan kata lain, manga ini bisa disamakan dengan tipikal komik detektif kebanyakan. Tapi yang membuat saya tertarik sama This Man adalah karena karakter utamanya yang berprofesi sebagai penggambar sketsa di kepolisian. Yup, selain kemampuan menggambarnya, ia jelas nggak bisa mengandalkan keahlian deduksi tingkat tinggi dan bawa-bawa nama kakeknya kayak Detektif Kindaichi. Ia hanyalah orang biasa yang harus berjuang mempertahankan nyawanya sekaligus memecahkan misteri This Man.

9. Heads

Shogakukan

Protagonis dari manga ini, Jun Naruse, digambarkan sebagai orang biasa. Bayangkan saja teman kamu yang hidupnya diisi sama rutinitas membosankan, mungkin seperti itulah Jun. Ia betul-betul pemuda normal. Tapi sekalinya kena sial, kesialannya itu memprihatinkan banget. Pada saat lagi enak-enaknya kerja di kantor, kepalanya kena tembak peluru yang menyebabkan sebagian otaknya hancur.

Beruntung, Jun menerima donor otak dari orang lain yang tak dikenal. Secara perlahan, kehidupannya pun kembali ke sedia kala. Jun senang, pacarnya pun senang. Tapi apakah mencangkokkan otak itu nggak mengandung efek samping berbahaya? Karena sepertinya, perangai Jun lambat laun berubah menjadi semakin nggak dikenal.

Berawal dari momen tersebut, kamu sebagai pembaca pasti bakal bertanya-tanya soal identitas donor otak barunya Jun. Tapi bagian yang paling merangsang dari manga ini ada di detik-detik perubahan sifat seorang Jun Naruse.

10. Billion Dogs

Kodansha

Satu hal yang paling pantas dijadikan alasan kenapa kamu harus baca manga ini adalah gambarnya. Naoki Serizawa-san (yang juga jadi artis manga Resident Evil) sanggup betul memberikan kita grafik yang mendetail dan memanjakan mata. Acungan 10 jempol deh buat departemen artistiknya.

Terus, ceritanya? Banyak momen-momen menegangkan dan menarik di dalamnya. Ceritanya sendiri agak-agak mirip plot film thrilleraction-misteri ala Hollywood, dengan karakter utama yang cenderung berbau stereotip ala manga. Kalau kamu udah baca manga ini, kamu pasti paham maksud saya.

Billion Dogs dibuka dengan pengenalan pada sang karakter utama, Ichiru Mizunuma. Ia adalah ketua OSIS SMA yang jeniusnya luar biasa. Tapi entah kenapa, tiba-tiba aja Ichiru ditusuk oleh wakil ketua OSIS yang juga sahabatnya, Kyousuke Hino. Dari satu kejadian ganjil tersebut, manga ini kemudian menggiring kita pada adegan-adegan epic, seperti penyusupan ke markas yakuza, sampai pencarian harta karun (yang notabenenya merupakan plot penggiring utama dari keseluruhan ceritanya).

Simpel tapi sangat menghibur buat dijadikan bacaan di waktu luang, mungkin itu kata-kata yang cocok buat menggambarkan Billion Dogs.

Gimana, apa kamu tertarik untuk mencoba membaca 5 manga yang saya rekomendasikan?

Komentar:

Komentar