9 Manga Seinen Keren yang Cuma Cocok Dibaca oleh Orang Dewasa

:

Manga seinen atau manga yang diperuntukkan buat orang dewasa memang punya cerita dan tema yang lebih berat ketimbang manga shounen. Apalagi dengan statusnya sebagai komik khusus dewasa, manga seinen seringkali mengandung pesan dan simbol yang mengundang pembaca untuk menginterpretasinya.

Untuk itulah di artikel ini, saya bikin daftar rekomendasi 9 manga khusus dewasa. Saya udah membuktikan sendiri keseruan dari 9 manga ini, dan semoga selera kamu mirip dengan saya.

1. Happiness

Kodansha

“Kau ingin mati, atau kau lebih memilih untuk hidup dan menjadi seperti aku?”

Dihadapkan pada dua pilihan seperti itu, orang biasa pasti lebih memilih untuk hidup. Begitu pula dengan Makoto Okazaki. Sebagai remaja biasa, ia lebih memilih untuk tetap hidup setelah seorang perempuan cantik nan misterius menghisap darahnya di tengah malam, lalu mengancam akan membunuhnya di jalanan yang sepi.

Tapi sayangnya, Makoto nggak tahu kalau ia bakal berubah jadi vampir setelah darahnya dihisap oleh cewek misterius itu.

Happiness memang bercerita tentang karakter utamanya yang merupakan seorang vampir. Tapi menurut saya, manga ini lebih ingin memperlihatkan gimana sulitnya menjalani hidup sebagai makhluk yang berbeda di tengah masyarakat. Karena ya, kehidupan Makoto yang awalnya saja udah terasa sulit, berubah menjadi semakin kacau ketika ia bertransformasi sebagai vampir.

Terus, kenapa manga ini dikasih judul Happiness (Kebahagiaan) kalau temanya kayak gitu? Justru inilah letak ironi dari judul manga ini. Kamu hampir nggak akan menemukan kebahagiaan saat membacanya.


2. Chi no Wadachi (Trail of blood)

Shogakukan

Seiichi Osabe hanyalah anak SMP berumur 14 tahun yang bisa kamu temukan di mana aja. Ia punya orang tua yang menyayanginya. Ayahnya merupakan orang yang baik, meskipun ia cenderung terlalu sering bekerja. Dan ibunya… well, ibu dari Seiichi juga nggak kalah baik. Di balik wajahnya yang menyimpan kecantikan alami, sang ibu sangat memanjakan dan melindungi Seiichi.

Bahkan bisa dibilang rasa sayangnya pada Seiichi terlalu berlebihan. Overprotective, mungkin itu istilah yang paling tepat.

Kamu pun pasti bakal merasa ada yang salah dari tingkah dan perilaku sang ibu, hanya saja kamu bakal kesulitan buat menyebutnya, seenggaknya sampai tibanya adegan ketika ibu dari Seiichi melakukan hal yang amat sangat gila dan disturbing buat melindungi anak kesayangannya itu.

Chi no Wadachi membuat kita mempertanyakan tentang naluri dan rasa sayang seorang ibu. Sampai mana batas yang bisa dilakukan seorang ibu untuk menunjukkan bahwa ia menyayangi anaknya? Apakah kebahagiaan seorang anak sama dengan kebahagiaan ibunya?

3. Yuureitou (The Phantom Tower)

Shogakukan

Saat itu adalah tahun 1950-an di Jepang, ketika seorang wanita dibunuh secara keji di sebuah menara jam yang tinggi. Beberapa tahun kemudian, karakter protagonis kita yang bernama Amano Taichi nyaris dibunuh di menara yang sama. Untungnya, sebelum nyawanya melayang, Amano berhasil diselamatkan oleh Tetsuo, pria misterius yang kelak akan menjadi partnernya dalam mencari harta karun.

Yup, premis dari Yuureitou adalah pencarian harta karun yang berkaitan dengan misteri menara jam. Tapi lambat laun, manga ini mengajak kita untuk lebih mendalami misterinya yang dirangkai dengan mengasyikkan, serta petualangan yang menggoda kita buat terus membuka halaman selanjutnya. Dan semua itu diantarkan dengan gambar yang cukup realistis untuk ukuran manga.

Tapi jujur aja, ini bukan jenis bacaan untuk orang yang jalan pikirannya sempit dan tertutup. Karena begitu plotnya bergulir semakin jauh, akan ada banyak isu sensitif yang diangkat ke permukaan. Sebut aja isu tentang identitas individu, persoalan gender, dan cara pandang masyarakat terhadap orang-orang minoritas.

Jadi, apa kamu siap untuk mengikuti kisah tentang karakter utama yang mungkin berbeda dari kamu?

4. Solanin

Shogakukan

Untuk apa kita hidup di dunia ini? Apa tujuannya? Apa hidup kita layak buat dijalani? Pertanyaan seperti ini mungkin pernah terbesit dalam pikiran kamu, terutama jika kamu berumur 20-an. Itu wajar, karena di umur segitu, pasti ada perasaan cemas terhadap masa depan kamu, sekecil apa pun rasa cemas itu.

Masalah yang sama juga menghinggapi Meiko Inoue, yang merasa kalau hidupnya nggak punya tujuan jelas. Ia bahkan nekad berhenti dari pekerjaannya (yang dirasanya membosankan) demi mencari tujuan hidup. Keputusan Meiko itu didukung pula oleh pacarnya, Naruo Taneda, pria yang nggak punya penghasilan mencukupi untuk kebutuhan bulanannya.

Lantas apa Meiko bisa menemukan tujuan hidup dan kebahagiannya setelah itu? Well, hidup ini nggak semudah kayak yang ada di dalam biografi orang-orang sukses, dan itu juga yang coba digambarkan dengan realistis di Solanin. Meiko memang berusaha, tapi ia juga menemukan kalau hidup ini penuh dengan cobaan yang menghalanginya untuk mendapat apa yang ia mau.

Membaca Solanin itu seperti membaca kehidupan anak muda pada umumnya. Ceritanya relevan banget sama keseharian saya dan kamu, wahai pembaca. Dan apa lagi problem yang lebih kompleks dari masalah yang sering kita alami dalam keseharian?

5. Ouroboros

Shinchosha

Ryuuzaki Ikuo dan Tatsuya Danno, mereka adalah dua bocah yang dibesarkan di panti asuhan oleh perempuan yang mereka sebut guru. Kehidupan mereka berjalan menyenangkan, hingga suatu hari, mereka melihat langsung guru yang mereka sayangi itu dibunuh dengan dingin. Tapi saat mereka bersaksi pada para polisi bahwa sang guru ditembak oleh seorang pria, seorang polisi yang memakai jam tangan emas meminta mereka diam dan menutup-nutupi kesaksian dua bocah tersebut.

15 tahun kemudian…

Demi membalaskan dendam dan menangkap pembunuh sang guru, Ikuo pun bergabung dengan kepolisian sebagai detektif, sementara Danno bergabung dengan yakuza. Nggak, itu bukan berarti mereka jadi bermusuhan dan mengambil jalan hidup yang berseberangan. Walau berbeda profesi, keduanya tetap bekerja sama untuk membongkar identitas polisi yang memakai jam tangan emas.

Dengan mengusung tema pembalasan dendam kayak gini, Ouroboros membawa kita ke ranah yang abu-abu. Apa tindakan dua karakter utamanya bisa dibenarkan? Jawabannya pasti berbeda dari setiap orang.

Tapi terlepas dari pertanyaan itu, siap-siap aja untuk mengikuti cerita detektif dan aksi spionase terbaik yang ada di dalam manga.

6. 20th Century Boys

Shogakukan

Semuanya berawal ketika di masa kecil, Kenji dan teman-temannya mengubur time capsule berisi pernak-pernik kepunyaan mereka. Namanya juga bocah, mereka sepakat untuk menggali time capsule tersebut hanya jika bumi berada dalam bahaya besar.

Waktu pun bergulir tanpa ada kejadian apa pun. Tapi setelah mereka dewasa, kematian-kematian aneh yang disebabkan oleh virus dan pembunuhan mulai terjadi satu demi satu. Salah satu dari teman Kenji pun turut menjadi korbannya.

Semua petunjuk akhirnya mengarahkan Kenji ke sosok misterius yang menyebut dirinya Tomodachi (teman, dalam bahasa Jepang). Anehnya, Tomodachi punya simbol rahasia yang hanya diketahui kelompok pertemanan masa kecil Kenji.

Jadi siapakah identitas sebenarnya dari Tomodachi?

Saya nggak mau jawab ah, karena justru di sinilah keseruan dari 20th Century Boys. Manga ini punya alur cerita cerdas yang didesain sedemikian rupa agar pembacanya selalu ikut menerka-nerka siapa dalang di balik semua kekacauan yang terjadi.

7. Monster

Shogakukan

Cerita Monster berpusat pada Dr. Kenzou Tenma, dokter bedah muda berprestasi dan berbakat, yang suatu hari dihadapkan dengan satu dilema: antara menyelamatkan nyawa seorang bocah lelaki atau Wali Kota. Meskipun semua atasannya menyarankan ia untuk mengoperasi Wali Kota, pandangan moral Kenzou memaksanya menyelamatkan si bocah lelaki. Wali Kota pun akhirnya meninggal demi nyawa si bocah.

Kenzou sendiri punya keyakinan bahwa semua kehidupan itu setara. Namun ketika serangkaian pembunuhan terjadi di sekitarnya, semua bukti mengarah pada bocah yang ia selamatkan sebelumnya. Keyakinan Kenzou pun terguncang. Sepanjang cerita, ia berusaha mengungkap identitas sebenarnya dari pasien kecilnya itu. Bahkan Kenzou menemukan bahwa nasib dunia mungkin terkait dengan anak misterius tersebut.

Manga ini punya cerita yang lumayan kompleks. Tapi di setiap konfliknya nggak ada hal remeh-temeh yang nggak berarti. Kamu bakal terbawa oleh alur ceritanya yang padu dan cukup menegangkan. Setiap karakternya juga diberi latar belakang yang jelas, tanpa harus mengurangi intensitas misteri yang menyelubungi ceritanya.

Dan terutamanya, Monster seperti ingin mempertanyakan: apakah semua nyawa itu setara?

8. Boku Dake ga Inai Machi (Erased)

Kadokawa Shoten

Namanya Satoru Fujinuma. Ia adalah pemuda biasa yang berstatus mangaka amatir dan pengantar pizza. Tapi orang-orang nggak tahu ia punya kemampuan untuk kembali ke masa lalu. Meskipun Satoru sendiri termasuk orang yang apatis, ia selalu terpaksa memakai kemampuannya untuk menyelamatkan orang-orang yang terancam nyawanya.

Kehidupan Satoru terus berputar di antara pekerjaan dan kemampuan uniknya itu. Sampai suatu hari, tatkala ibunya tewas di depan matanya, Satoru terlempar ke masa lalu saat ia masih SD. Ia sadar kalau ia punya kesempatan untuk menyelamatkan tiga orang temannya yang kala itu jadi korban penculikan dan pembunuhan.

Cerita dari manga ini diliputi misteri yang akan terbuka seiring waktu. Dan mungkin saat membacanya kamu juga bakal ikut berpikir: jika kamu punya kemampuan seperti Satoru, apa yang akan kamu lakukan?

9. Tsumi to Batsu (Crime and Punishment: A Falsified Romance)

Futabasha

Apa kamu merasa judul manga ini mirip dengan novel karangan Fyodor Dostoyevski? Ya, tebakan kamu nggak salah. Manga ini memang hasil adaptasi bebas dari novel Dostoyevski yang berjudul Crime and Punishment (saya merekomendasikan banget kamu buat baca novel ini).

Ceritanya sendiri berpusat pada Miroku Tachi. Ia sebenarnya merupakan mahasiswa yang cerdas dan berbakat dalam bidang sastra. Tapi karena satu kejadian, ia keluar dari kampus dan jadi pengangguran. Kehidupannya terus mengarah ke dalam kegelapan. Situasi semakin bertambah kacau ketika ia memutuskan untuk membunuh orang.

Kehampaan dan keputusasaan dalam kehidupan urban modern adalah salah satu tema yang bisa kamu temui di Tsumi no Batsu. Tentu ada alasan kenapa seseorang bisa terjerumus ke dalam dunia kriminal. Dan dalam Tsumi no Batsu, kamu bakal menemukannya dengan alur drama yang dibingkai secara brilian!

Jika kamu masih pengin baca manga dewasa lainnya yang seru, udah cek artikel ini belum?

Dhika Sacawisastra :