6 Manga Psikologis yang Bisa Bikin Kamu Terus Penasaran sama Jalan Ceritanya

Luangkan waktu kamu untuk baca komik-komik keren ini

Manga bergenre psikologis memang identik sama pertanyaan yang bikin pembacanya berpikir. Itu artinya, jika kamu membaca manga jenis ini, kamu bakal mempertanyakan berbagai hal. Dari mulai nilai moral; realitas kehidupan; makna menjadi seorang manusia; sampai misteri yang menyelimuti jalan ceritanya, semua bakal kamu pertanyakan.

Karena kerumitannya pula manga psikologis hanya cocok dibaca orang dewasa/remaja. Belum lagi kalau di dalamnya ada gambar-gambar gore dan, euummh… sebut saja, NSFW (yeah, kamu pasti paham apa maksud saya).

Nggak usah berlama-lama lagi, ini dia 6 rekomendasi manga psikologis yang dijamin nggak akan bikin kamu kecewa saat membacanya.

1. Oyasumi Punpun

oyasumi_punpun_inio_asano
via girlgonegeekblog.com

Pengarang: Asano Inio

Oyasumi Punpun (Goodnight Punpun) mengajak kamu menelusuri kisah kehidupan Punpun dari mulai ia kecil sampai beranjak dewasa. Tapi yang namanya kehidupan pasti nggak lepas dari masalah, begitu pula kehidupan Punpun. Bahkan sedari kecil dia udah jadi saksi kekerasan yang dilakukan ayahnya pada ibunya. Pengalaman yang tentunya nggak mengenakkan, tapi sayangnya potret kekerasan itu justru terus menghantui Punpun sampai ia dewasa.

Kepolosan Punpun kecil pun semakin memudar seiring bertambahnya usia. Semua cobaan yang dialaminya nggak membuat dia semakin bijak; justru membuat dia makin jauh tersesat dalam gelap. Punpun yang sadar bahwa dunia ini penuh dengan hal-hal negatif akhirnya jatuh ke dalam lubang depresi.

tumblr_ny1a27EQR61uctunfo1_500
via tumblr.com

Walaupun manga ini cenderung punya nuansa yang kelam, tapi jalan ceritanya unik banget. Terlebih lagi, berbagai masalah yang dialami Punpun sangat dekat dengan kehidupan kita.

2. Aku no Hana

Flowers-of-Evil-1-3
via smithsoniapa.org

Pengarang: Oshimi Shuuzou

Satu kesialan, hanya itu yang dibutuhkan untuk membuat hidup seorang remaja laki-laki bernama Kasuga jadi kacau balau. Lalu, kesialan macam apa yang didapatnya itu?

Agak memalukan, tapi… dia tanpa sengaja membawa pulang seragam olahraga gebetan yang juga teman sekelasnya. Dan yang lebih parahnya lagi, aksinya tersebut ketahuan oleh Nakamura si cewek psikopat.

essay-2
via manganiche.wordpress.com

Dari satu kejadian kecil itu, dimulailah siksaan mental yang harus diterima Kasuga dari Nakamura. Dia harus nurut apa pun yang diminta Nakamura kalau nggak mau rahasianya dibongkar ke publik. Sekarang bayangin jika kamu ada di posisi Kasuga. Kamu bakal gimana, tuh?

3. Homunculus

original-32395-1444661423-5
via buzzfeed.com

Pengarang: Yamamoto Hideo

Pernah dengar tentang trepanasi kepala? Hmm, kalau belum baca dulu di sini. Trepanasi sendiri bisa dibilang salah satu inti cerita dalam Homunculus.

Suatu hari, Susumu Nakoshi, seorang pengangguran yang tinggal di dalam mobil, bersedia jadi kelinci percobaan eksperimen trepanasi. Tapi setelah operasi selesai dilakukan, Susumu jadi punya indera keenam; dia bisa melihat sifat asli dari orang-orang di sekitarnya.

4. Liar Game

9426_900
via irene-purin.dreamwidth.org

Pengarang: Kaitani Shinobu

Bagaimana rasanya jika saat kamu pulang ke rumah, kamu menemukan kartu undangan untuk mengikuti suatu game. Di samping kartu undangan tersebut, ada juga koper berisi uang ratusan juta. Jika dalam waktu sebulan uang itu nggak dicuri oleh kontestan lain, kamu menang. Tapi, jika uang itu dicuri, kamu dianggap berutang dengan jumlah yang sama pada pihak pengelenggara game.

Temanya mungkin termasuk ke dalam survival. Tapi yang bikin manga ini menarik adalah unsur realistisnya. Ya, sesuai judulnya, Liar Game, kamu bisa menemukan berbagai trik penipuan, dusta, dan cara-cara licik yang dilakukan para kontestan demi memenangkan permainan (terasa familiar mendengarnya?).

Tema survival memang bisa bikin kita mempertanyakan pilihan moral. Apa baiknya kita mementingkan diri sendiri, atau berusaha menyelamatkan sebanyak mungkin orang?

5. Tomodachi Game

80c68f7ceaf209290b01253fc3e176a4
via pinterest.com

Pengarang: Yamaguchi Mikoto

Tema yang diusung manga ini hampir sama dengan Liar Game. Trik kejam, aksi tipu-menipu, dan senyuman licik yang disusul dengan mata melotot hanyalah beberapa hal yang lazim dijumpai di Tomodachi Game.

Hanya bedanya, karakter utama dalam Tomodachi Game adalah seorang jenius yang cenderung nggak peduli sama keselamatan orang lain. Sedangkan dalam Liar Game, si karakter utama terlalu naif dan pengin menolong semua orang.

6. Akumetsu

s4vrrsmozm37o3vpzbkuglv2zgvxsjdt_hq
via aminoapss.com

Pengarang: Yoshiaki Tabata

Unsur psikologis, action, sampai politik semuanya bercampur aduk dalam Akumetsu. Ceritanya sendiri berpusat pada Shou, seorang remaja SMA yang punya cita-cita merubah kondisi Jepang dengan cara-cara anarkis dan brutal. Ya, karakter utama Akumetsu merupakan seorang antihero idealis yang uniknya mudah disukai pembaca, mungkin termasuk juga kamu.

Tapi jangan kira manga ini berat buat dicerna. Kamu bisa menemukan banyak humor bertebaran di sana-sini saat membacanya. Humornya juga bukan humor yang garing; dijamin deh kamu bakal ngakak lihat Shou beraksi.

Dan jangan pula berpikir perbuatan-perbuatan Shou yang gila itu patut kamu tiru ya.

Gimana, tertarik buat baca keenam manga di atas? Apa…? Kamu masih kurang puas sama daftar rekomendasinya? Hmm, kalau gitu kamu harus tunggu daftar lanjutannya.

19 Shares

Komentar:

Komentar