5 Manga Komedi Kocak yang Masih Belum Diadaptasi ke Anime

Belum dan mungkin nggak akan pernah diadaptasi

:

Bagi sebagian orang, nonton film atau anime tuh lebih mengasyikkan daripada baca buku. Saya sendiri punya teman yang pernah saya rekomendasikan manga Futari Ecchi. Sayangnya, dia dengan tegas menolak rekomendasi saya. Alasannya?

“Males aaah bacanya.”

Tapi begitu Futari Ecchi diadaptasi jadi film, entah kenapa dia jadi garda terdepan yang paling mengantisipasi rilisnya film itu. Bedebah.

Saya yakin kamu bukan orang yang malas baca, apalagi jika kamu termasuk orang yang suka komedi. Pasalnya, ada segelintir manga komedi yang belum atau nggak akan pernah diadaptasi jadi anime. Tentu kamu bakalan rugi kalau nggak pernah baca humor-humor brilian yang ada di manga tersebut.

Tanpa buang waktu lagi, ini dia daftar rekomendasi manga komedi yang belum punya versi anime.

1. Zai x 10

Square Enix

Pengarang: Yasunobo Yamauchi (mangaka yang juga menulis Danshi Koukousei no Nichijou)

Sebagai buah karya dari orang yang menelurkan Danshi Koukousei no Nichijou, manga ini juga penuh dengan humor absurd yang nggak mungkin terjadi di dunia nyata. Di beberapa bagian, level keabsurdannya bahkan bisa lebih tinggi ketimbang apa yang bisa kamu temukan di Danshi Koukousei.


Zai x 10 sendiri berisi cerita-cerita pendek yang berpusat pada aksi kriminalitas. Karakter-karakter yang ada di setiap chapter-nya nggak punya kaitan satu sama lain. Dengan kata lain, kamu bakal menemukan karakter baru hampir di setiap chapter. Dari mulai perampok bank, maling, penculik, pembunuh bayaran, sampai penipu kelas teri bisa kamu temukan di dalamnya.

“Komik komedi yang mengangkat isu kriminalitas? Nggak salah nih?”

Kamu nggak salah, karena justru aksi dari para kriminal dan korbannyalah yang menjadikan Zai x 10 pantas disebut sebagai manga komedi jempolan. Kamu nggak akan pernah mengira apa yang akan mereka lakukan di tengah-tengah aksi kriminal (yang seharusnya berjalan dengan serius). Tahu-tahu kamu bakal ketawa sendiri. Ini manga memang gila!

2. Tokyo-hatsu Isekai-yuki (From Tokyo to Another Universe)

Enterbrain

Pengarang: Masao Ohtake (Hinamatsuri)

Tokyo-hatsu Isekai-yuki berisikan sembilan cerita “keseharian” masyarakat Tokyo yang dikumpulkan dalam satu komik. Sembilan cerita itu bakal terhubung satu sama lain lewat ending masing-masing ceritanya. Keterhubungan antara ceritanya juga tergambarkan lewat para karakternya yang sering berperilaku nggak masuk akal di saat situasi serius.

Detektif yang sempat-sempatnya masak kare saat dia lagi menginvestigasi kasus pembunuhan? Saya nggak tahu harus menyebut perilakunya itu apa kalau bukan konyol dan absurd. Ada pula perampok yang bertemu dengan cinta pertamanya saat dia sedang merampok bank. Dan mantan gebetannya itu ternyata teller bank yang bakal dia rampok.

Hadeeehh… Siap-siap aja deh buat menemukan banyak keganjilan dan keabsurdan saat kamu baca Tokyo-hatsu Isekai-yuki.

3. Yotsuba&!

Media Works

Pengarang: Kiyohiko Azuma (Azumanga Daioh)

Manga yang satu ini lebih bernuansa anak-anak. Tapi bukan berarti remaja dan dewasa nggak bisa menikmatinya. Komedi dalam Yotsuba&! (baca: Yotsuba to!) sendiri berpusat pada seorang bocah berumur 5 tahun bernama Yotsuba.

Yang menjadi andalan untuk memancing tawa pembaca nggak lain nggak bukan adalah kepolosan dari Yotsuba yang selalu ingin tahu tentang semua hal, termasuk hal-hal kecil seperti cara kerja AC atau ayunan. Semua misteri sederhana itu seakan jadi bahan petualangan buat dirinya.

Manga ini kayaknya nggak akan pernah diangkat jadi anime karena keinginan dari Azuma sendiri. Dia merasa gaya dari manga ini yang nggak punya plot berkesinambungan dan minimnya dialog nggak akan membuat Yotsuba&! cocok dibuat jadi anime.

4. Oresama Teacher

Hakusensha

Pengarang: Izumi Tsubaki (Gekkan Shoujo Nozaki-kun)

Oresama Teacher sesungguhnya masuk dalam kategori manga shoujo. Saya tetap memasukannya dalam daftar ini karena Oresama Teacher bukanlah manga shoujo biasa, dan kedua, karena manga ini lebih berat ke arah komedi.

Perkenalkan karakter utamanya, Mafuyu Kurosaki, cewek mantan berandalan yang kemampuan berantemnya udah diakui sama seluruh begundal di kotanya. Tapi sebagai cewek, Mafuyu pun nggak mau terus-terusan jadi berandalan. Oleh karena itulah saat memasuki sekolah barunya, dia bertekad untuk berubah.

Jika kamu laki-laki yang pengin baca komik komedi, nggak usah terlalu pedulikan label shoujo dari manga ini. Humornya bakalan tetap bisa kamu nikmati kok.

5. Yongbi Bulpae (Yongbi the Invincible)

Haksan

Pengarang: Ryu Ki-Woon, Ilustrator: moon Jung-Ho

Nah, kalau yang satu ini, Yongbi itu sebenarnya bukan manga, melainkan manhwa (komik Korea). Tapi saya merasa sayang kalau nggak memasukannya ke daftar ini, karena Yongbi memang benar-benar kocak. Saya bahkan udah lupa berapa kali dibikin ketawa saat baca manhwa ini.

Terlebih lagi di samping komedinya yang segar, kamu juga bisa sekalian dihibur sama aksi bela diri dan petualangan dari Yongbi. Ya, karena Yongbi merupakan pemburu buronan yang dianugerahi kemampuan bela diri tingkat tinggi, keserakahan saat melihat duit, mata keranjang, dan hobi mabuk-mabukkan. Bukan sifat terpuji, tapi karakteristik Yongbi berguna banget di genre komedi.

Uniknya, kuda kesayangan Yongbi juga punya sifat yang sama dengan majikannya itu.

Apa ada manga yang udah pernah kamu baca? Atau malah kamu udah baca semuanya?

Komentar:

Komentar