10 Kekuatan Super Milik Superhero yang Patut Dipertanyakan Kegunaannya

"Mama, kalau sudah besar, aku mau jadi Matter-Eater Lad"

:

Banyak orang menyukai karakter pahlawan dari DC dan Marvel karena kekuatan super mereka yang keren abis. Sebutlah Superman, The Flash, Spiderman, Thor, atau Iron Man. Pengecualian mungkin ada pada Batman, yang meskipun nggak punya kekuatan super, ia tetap bisa berdiri sejajar dengan para pahlawan super lain berkat kejeniusannya (dan kekayaannya, jangan lupa).

Tapi Batman masih jauh lebih baik daripada 10 sosok yang menyandang status superhero ini. Seenggaknya itu menurut pendapat pribadi. Karena dengan musuh-musuh kelas berat yang harus dihadapi, kekuatan mereka kayaknya nggak bakalan begitu efektif digunakan secara langsung di medan perang.

Nih, langsung aja kita bahas 10 kekuatan super kurang efektif milik superhero yang disarikan dari berbagai sumber.

1. The Green Thumb

charles-levy
via ranker.com

Kemampuan super yang dimiliki sosok ini adalah berbicara dengan tumbuhan sekaligus memahami perkataan mereka. Lalu bagaimana The Green Thumb memaksimalkan kemampuannya untuk menyelamatkan dunia? Entahlah.

Tapi satu yang pasti, kemampuan yang ia miliki malah bikin sengsara dan kelaparan, soalnya Green Thumb ini vegetarian. Jadi semenjak ia punya kekuatan super, Green Thumb nggak tega buat makan tumbuhan. Gimana bisa makan kalau tumbuhan-tumbuhan itu memohon supaya ia nggak memakan mereka.

Green Thumb kayaknya harus dijejali sate ayam dan bakso rudal deh biar nggak terus menderita.

2. Cypher

cypher
via looper.com

Dengan kekuatan supernya, Cypher mampu menerjemahkan semua bahasa yang didengarnya. Yah, agak-agak mirip Google Translate sih, cuma ia bisa nerjemahin bahasa alien juga.


Kalau di dunia nyata kemampuan ini bakalan berguna banget. Kita nggak usah ngeluarin biaya buat ikutan kursus bahasa. Tapi kalau di dunia fiksi, di mana superhero dengan kekuatan yang bisa menghancurkan dunia begitu banyak jumlahnya, kekuatan Cypher nggak bakalan banyak membantu bahkan buat menghindari terjangan peluru.

Dan anehnya, dengan kemampuannya yang “cuma” berhubungan dengan bahasa dan pemikiran, ngapain doi pake pakaian ketat segala!? Lebih keren kalau pake jas deh kayanya.

3. Maggott

Maggot
via getmovienews.com

Nyaris sesuai namanya, Maggott punya dua belatung (atau cacing?) yang bisa keluar masuk perutnya. Belatung itu bisa makan zat dan benda apa pun, lalu mengubahnya jadi sumber kekuatan dahsyat buat Maggott.

Sekarang, coba kamu bayangin kalau kamu punya teman berkekuatan super, tapi sumber kekuatannya itu berasal dari belatung. Saya tekankan sekali lagi, dia hobi bawa-bawa belatung dan dia bangga karenanya!

Oke, dia bisa dapat tenaga ekstra karena belatung itu, tapi mungkin orang lain bakal jijik lihatnya.

4. Matter-Eater Lad

822fb2a91e1740b8eaaa18e0c36d98ea
via pinterest.com

Berbeda dengan Maggott, Matter-Eater Lad bisa memakan benda langsung tanpa bantuan apa pun. Tapi coba bayangin skenario ini: ketika musuh berbahaya lagi ngamuk dan memorak-porandakan seluruh kota, Matter-Eater Lad malah sibuk memakan benda-benda di sekitarnya.

Kemampuannya mungkin kurang berguna saat keadaan lagi chaos, tapi bisa sangat efektif saat akhir bulan, saat jatah uang buat beli makanan udah mulai menipis.

5. Forget Me Not

7018320c-dc42-4449-83c4-9f0483ccc570
via sugar-bay.blogspot.com

Keunggulan dari Forget Me Not ini adalah dilupakan oleh orang lain. Bingung gimana maksudnya? Jadi, kalau misalkan kamu bicara sama Forget Me Not, kamu bakalan langsung lupa semua hal tentangnya sesaat setelah ia pergi dari hadapan kamu. Bahkan kamu nggak akan ingat kalau Forget Me Not itu ada.

Bukannya terkesima, saya malah merasa kasihan dengarnya. Forget Me Not itu anggota X-Men lho. Tapi nggak ada anggota lainnya yang ingat sama dia. Ia mungkin baru ketahuan eksis oleh anggota lain saat mereka sadar tisu toilet cepat habis.

6. Zeitgeist

zeitgeist
via wow247.co.uk

Besi dan baja yang tebal sekalipun bisa dibikin meleleh sama Zeitgeist. Caranya, dengan memuntahkan cairan asam berwarna hijau dari mulutnya.

Hmm… muntah, dan cairan asam keluar dari mulutnya? Nggak ada setitik pun hal yang bisa dikenang dari melihat muntahan berwarna hijau. Dijamin.

7. Doorman

Doorman
via biowars.com

Saya salut jika ada orang yang bisa membuat film superhero dengan Doorman jadi protagonis utamanya. Bakal lumayan susah lho, karena kekuatan yang dimiliki Doorman cuma membawa atau menteleportasi orang lain di suatu ruangan ke ruangan sebelahnya.

Kekuatannya nanggung banget! Saat tokoh-tokoh lain dalam komik punya kekuatan teleportasi ke tempat yang jauh, kekuatan Doorman cuma sampai ke ruangan sebelah.

8. Color Kid

color-kid
via blog.riptapparel.com

Semua objek yang ada di kolong langit bisa diubah warnanya oleh kemampuan unik Color Kid. Intinya, Superman aja kalah sama Color Kid, hehehe.

Nggak kebayang kalau ia mesti ngelawan musuh berkekuatan super dahsyat. Ketika musuhnya melemparkan truk raksasa berwarna hitam ke arahnya, yang bisa dilakukan Color Kid hanyalah mengubah warna truk itu jadi hijau. Nggak masalah dia kegencet truk, yang penting warna truk itu berhasil diubahnya jadi lebih cerah menawan.

Satu hal lagi, Color kid sepertinya cocok jadi bintang iklan produk cat.

9. Arm-Fall-Off-Boy

Arm-Fall-Off Boy2
via playgroundmag.net

Ia bisa mencopot lengan dari tubuhnya, lalu menggunakan lengan itu sebagai senjata. Yup, ia harus repot-repot mencopot lengan dulu sebelum menghajar musuhnya. Dengarnya aja agak ribet nih.

10. The Phone Ranger

phoneranger
via submundo-hq.blogspot.com

Sebelum jadi superhero, The Phone Ranger merupakan teknisi telepon. Jadi nggak heran kekuatannya pun berhubungan dengan jaringan telepon. Bila ada sambungan telepon dari orang yang butuh pertolongan, ia bakalan jadi orang pertama yang tahu dan sesegera mungkin menolong orang tersebut.

Tapi nggak begitu banyak yang bisa dilakukannya. Bayangin aja, ketika dunia butuh diselamatkan, apa yang akan dilakukan The Phone Ranger? Buktinya, ia tewas saat sedang menjalankan tugas superhero-nya.

Nggak heran sih, jumlah superhero itu udah banyak. Mungkin para kreator pun bingung saat nentuin kekuatan apa lagi yang bakal dimiliki superhero ciptaannya. Alhasil, muncullah kekuatan yang… sebutlah berguna-nggak-berguna ini.

Ada kekuatan super lain yang dilewatkan daftar ini, atau mungkin kamu nggak setuju sama pilihannya?

Komentar:

Komentar