6 Anime Romance Terbaik dengan Kisah Cinta yang Nggak Biasa

Tak ada lagi harem, harem, dan harem!

:

Alkisah, ada seorang cewek atau cowok pemalu yang sedang dimabuk asmara. Ia sering memandang gebetannya dari jarak jauh. Setelah melalui berbagai rintangan yang menghadang (termasuk mengalahkan saingannya), akhirnya si cowok atau cewek pemalu itu bisa mendapatkan hati gebetannya. Mereka jadian, dan cerita pun tamat.

Sadar nggak kalau kebanyakan manga dan anime bergenre romance rata-rata punya jalan cerita kayak di atas? Kesederhanaan cerita tersebut biasanya ditempeli juga dengan berbagai klise khas anime: teman masa kecil yang selalu menemani karakter utama, cinta segitiga, dan harem, harem, dan harem!

Maka dari itu, dalam artikel ini, saya mau kasih rekomendasi anime berunsur romance yang nggak mainstream. Nggak semua anime di daftar ini murni drama romantis sih; anime yang disusupi unsur komedi, psikologis, dan gore pun ada.

Satu lagi, kamu nggak bakalan nemu anime yang terlalu berbau shoujo.

1. Koe no Katachi (A Silent Voice)

Shochiku

Karma itu bukan konsep yang dipercaya semua orang. Tapi buat Shouya Ishida, mau nggak mau dia harus percaya sama karma.

Saat dia masih SD, Shouya sering banget melampiaskan rasa bosannya dengan merisak (bully) seorang murid pindahan di sekolahnya, Shouya Nishimiya. Yang lebih parahnya, Nishimiya itu nggak bisa mendengar dan berbicara alias tuna rungu dan tuna wicara. Perisakan yang dilakukan Shouya pun nggak tanggung-tanggung kejamnya. Dia pernah mencopot alat bantu pendengaran milik Nishimiya, lalu melemparkannya ke kolam.

Dan di sinilah karma akhirnya mendatangi Shouya. Saat ibunya Nishimiya mendengar perisakan yang dialami putrinya, semua siswa di kelas menyalahkan Shouya. Situasi pun berbalik, si perisak akhirnya dirisak oleh sahabat-sahabatnya sendiri. Shouya bahkan harus rela untuk terus jadi korban perisakan sampai dia SMA.

Topik yang diangkat oleh A Silent Voice memang tergolong sensitif, yakni tentang perisakan dan penderitaan mental yang dialami korbannya. Tapi justru di situlah letak keistimewaan dari anime ini; ia tak segan mengungkit topik yang sensitif tersebut, lalu membungkusnya dengan cerita romansa yang unik tapi sangat menyentuh hati.

Apa jadinya jika mantan pelaku perisakan jatuh cinta pada korbannya? Mungkin benar kata pepatah yang bilang “Jangan pernah bilang kamu membenci seseorang. Karena orang yang kamu benci itu bisa jadi jodoh kamu suatu hari nanti.”

2. Yamada-kun to 7-nin no Majo (Yamada-kun and the 7 Witches)

Crunchyroll

Satu lagi anime yang masuk kategori komedi romantis. Cerita Yamada-kun to 7-nin no Majo berkisar pada usaha siswa SMA berandalan yang udah bertobat untuk menemukan penyihir di sekolahnya.

Seperti yang bisa dilihat dari judulnya yang membawa-bawa penyihir, anime ini sarat dengan unsur fantasi dan supernatural. Karakter utama perempuannya saja punya kemampuan bertukar tubuh. Terlepas dari itu, Yamada-kun to 7-nin no Majo nggak lantas melupakan akar romance-nya kok.

Kamu yang introvert mungkin bakal terhubung sama karakter di anime ini. Melihat gimana usaha Yamada si karakter utama dalam mencari topik obrolan dengan gebetannya, atau gimana bingungnya Yamada saat mencoba menarik perhatian teman-temannya, mungkin kamu bakal bilang dalam hati, “Ini gue banget!”

Berteman dengan seseorang saat di bangku sekolah, lulus, berpisah, lalu saling melupakan. Itu adalah siklus kehidupan yang dialami banyak orang. Tapi Yamada-kun to 7-nin no Majo menghadirkan pengingat yang bagus bagi kita akan arti menjaga hubungan persahabatan.

3. Elfen Lied

Sentai Filmworks

Ini mah bukan anime romance, tapi horor!” mungkin sebagian dari kamu berpikir kayak gitu.

Yup, dugaan kamu nggak salah. Elfen Lied penuh banget sama adegan gore dan kekerasan (fisik dan seksuil), yang bikin anime ini pantas masuk genre horor atau thriller.

Tapi jangan lupakan juga kalau Elfen Lied itu menceritakan hubungan spesial antara dua insan yang berbeda. Well, lebih tepatnya, cewek dan cowok yang berbeda spesies: yang satunya manusia, yang satunya lagi makhluk yang disebut Diclonius. Dan perbedaan antara kedua karakter utama itulah yang mampu diramu dengan sangat baik dalam Elfen Lied: bagaimana suatu perbedaan yang kemudian disulut oleh prasangka buruk dan dendam bisa jadi jurang pemisah antara satu manusia dengan manusia lainnya.

Satu lagi, ketika saya selesai menonton anime ini, saya jadi berpikir apakah orang yang melakukan dosa besar pada kita pantas untuk dimaafkan, meskipun sebelumnya kita menaruh hati ke orang tersebut? Entah ya reaksi kamu kayak gimana saat menontonnya.

4. Byousoku 5 Centimeter (5 Centimeters Per Second)

Discotek Media

Keunggulan anime ini ada di kemampuannya mengubah cerita klise tentang persahabatan masa kecil berubah jadi cinta dengan alur cerita, musik latar, hingga kata-kata yang indah sekaligus menusuk hati. Kenyataan bahwa dua karakter utamanya semakin tumbuh dewasa dan memiliki kehidupan masing-masing malah makin menambah nuansa kesedihan.

Buat saya sendiri, anime ini bisa membuat penontonnya mengingat kembali keluguan masa sekolah dulu, di saat kita hanya bisa menanggapi gebetan dengan senyum simpul cool yang dibuat-buat. Padahal dalam hati, kita dibuat berbunga-bunga banget.

(Spoiler alert!) Dan akhirnya cinta monyet kita itu pun kandas karena si gebetan udah keburu nikah sama orang lain.

5. Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

Aniplex

Hati-hati aja kalau kamu belum nonton, Your Lie in April merupakan anime yang menguras air mata.

Kousei Arima, tokoh utama dalam anime ini adalah pianis yang sangat handal. Namun Arima nggak pernah lagi menyentuh dan memainkan piano setelah kematian ibunya yang sekaligus menjadi gurunya. Ya, kematian ibunya membuat Arima mengalami trauma yang hebat… sampai ia bertemu Kaori Miyazono, seorang pemain biola berbakat yang menyembunyikan rahasia besar dari Arima. (Dan itu kenapa anime ini berjudul Your Lie in April atau Kebohongan Ente di Bulan April).

Jalan cerita yang nggak mudah ditebak juga jadi salah satu alasan kenapa anime ini wajib kamu tonton. Ada kalanya kita dibikin bahagia oleh adegan-adegannya, lalu kita dibuat berharap, dan akhirnya perasaan kita dijatuhkan hingga hancur berkeping-keping.

Mengingat ini adalah anime yang berkaitan dengan musik, kamu akan dimanjakan dengan sajian musik-musik yang berkualitas. Musik yang hadir di dalam anime ini nggak cuma jadi pemanis, tapi juga jadi penguat cerita yang memengaruhi emosi. Pilihan musiknya pun bikin kamu serasa nonton drama musikal.

Percuma hanya baca lewat artikel ini. Kalau kamu pengin dapat kesan yang lengkap, dan kenapa banyak orang yang dibuat baper sama anime ini, baiknya kamu tonton langsung Your Lie in April.

6. Toradora!

NIS America

Jangan menilai orang dari tampangnya. Bahkan jika orang itu punya tampang yang mengintimidasi kayak preman kelas bantam, mungkin saja hati orang itu sebenarnya lembut seperti bidarari. Sebaliknya juga, seseorang bisa aja bertampang imut seperti boneka Chucky, tapi hatinya keras seperti naga.

Sekarang, bagaimana jika situasi memaksa dua orang yang sifatnya sering disalahpahami itu untuk sering bersama? Nggak, mereka nggak akan langsung jatuh cinta. Mustahil malah, sifat mereka terlalu saling bertolak belakang. Yang ada mereka saling bermusuhan.

Pelan tapi pasti. Terlepas dari sisi komedinya, hubungan antara protagonis di anime ini dibangun dengan perlahan sampai kita diperlihatkan klimaksnya. Tapi karena itu pula kamu mungkin dibuat penasaran, “Apakah mereka akhirnya jadian?”

Itulah 6 anime dengan kisah percintaan unik yang saya rekomendasikan untuk kamu tonton. Selamat menonton ya!

21 Shares

Komentar:

Komentar