Banyak Spoiler Film di YouTube? Ini 3 Trik biar Kamu Bisa Menghindari Spoiler

Install, install, install!

Buat kamu yang suka browsing di dunia maya, saya yakin YouTube jadi salah satu platform yang wajib kamu buka kalau lagi gabut. Tapi untuk sebagian orang, YouTube bisa jadi masalah loh!

“Seriusan?” Iya, khususnya buat kamu pencinta film. Rasanya sudah nggak aneh jika kamu sering menemukan spoiler film di YouTube, bukan.

Dua orang gadis berusaha menceritakan spoiler film Knock Knock pada Keanu Reeves/via deadline.com

Spoiler bisa muncul di YouTube karena rekomendasi algoritma, thumbnail yang bikin kamu tertarik buat membuka videonya, sampai hasil dari pencarian. Bahkan saat kamu menonton trailer film, rekomendasi video yang terkait di sidebar YouTube bisa juga loh membuat kamu goyah untuk mengkliknya. Capek pasti ya?

Sayangnya, belum ada cara yang diberikan oleh YouTube untuk menghindari spoiler tersebut. Tapi kamu bisa install blockers dan browser extensions. Berikut ini ada rekomendasi beberapa blockers yang dilansir dari Polygon, meskipun saya gak menjamin 100% semua video bakal lolos dari spoiler.

1. Video Blocker

Kalau kamu suka browsing menggunakan Google Chrome, tidak ada salahnya untuk mencoba install Video Blocker. Video Blocker adalah salah satu browser extension yang bisa membantu kamu menghindari unsur-unsur spoiler pada video di YouTube.

Video Blocker sedang beraksi/via polygon.com

Cara menggunakannya nggak sulit. Kamu cukup memasukan kata kunci yang merujuk pada judul dari video yang ada di YouTube Nantinya. Jadi, misalnya kamu tidak ingin nantinya terkena spoiler dari film Solo: A Star Wars Story, kamu hanya tinggal memasukan kata kunci terkait. Selanjutnya Video Blocker akan menghilangkan apa pun yang berhubungan dengan film tersebut di YouTube.

2. NewPipe

Berbeda dengan Video Blocker, NewPipe hanya bisa digunakan melalui perangkat Android. Selain itu, cara kerja aplikasi ini adalah dengan menghilangkan video-video di YouTube selain dari channel yang kamu subscribe.

via polygon.com

Dengan kata lain, kemungkinan kamu terkena spoiler masih ada. Tapi keunggulan yang bisa kamu dapat dari NewPipe yakni kamu bisa mematikan fitur rekomendasi dari YouTube. Kamu gak perlu khawatir lagi terganggu oleh fitur rekomendasi video saat menonton trailer film.

3. uBlock Origin

Dan yang terakhir kamu bisa menggunakan uBlock Origin. Browser extension ini sebetulnya biasa digunakan untuk memblokir iklan. Tapi kamu juga bisa menggunakannya untuk menghindari spoiler.

via chrome.google.com

Meskipun, saya gak bisa menjamin 100% trik ini berhasil nantinya, tapi setidaknya kamu gak usah khawatir lagi terkena spoiler dari game God of War atau film Deadpool 2 ketika sedang browsing YouTube. Apa kamu punya cara yang lebih ampuh untuk menghindari spoiler?

10 Shares

Komentar:

Komentar