15 Anime Action Terbaik nan Sengit selain One Piece dan Dragon Ball

Semoga pemirsa sekalian puas nontonnya

One Piece, Naruto, dan Dragon Ball. Semua orang yang suka anime pasti setuju kalau tiga karya tersebut pantas dimasukkan dalam daftar anime action terbaik sepanjang masa. Tapi di sisi lain, tiga anime itu juga termasuk ke dalam kategori shounen – kategori yang diperuntukkan buat anak kecil dan remaja. Sedangkan Selipan merupakan situs yang ditujukan buat pembaca dewasa muda umur 18 tahun ke atas. Jadi otomatis dong, rekomendasi anime yang dipilih pun kebanyakannya dikhususkan buat orang dewasa. (Meskipun sebenarnya, kami juga masih suka nonton One Piece dan Naruto).

Karena itu pula di artikel ini kami bakal membahas 15 anime action terbaik khusus pemirsa dewasa.

1. Btooom!

Sentai Filmworks

Ryota Sakamoto adalah gamer top peringkat yang masuk peringkat 10 besar di game online paling populer sedunia. Tapi di balik kejeniusannya di dunia virtual, Sakamoto ternyata seorang pengangguran yang selalu membentak dan menyiksa ibu dan ayah tirinya. Kalau mau diringkas, Sakomoto itu anak yang brengsek. Dan ibunya Sakamoto berpikir, anaknya yang nggak tahu diri itu layak dinominasikan buat ikut game survival, di mana pesertanya bakal dikirim ke pulau terpencil dan diminta untuk saling membunuh satu sama lain.

Yup, Btooom! merupakan anime action terbaik yang bertemakan battle royale. Tapi keunikan dari anime ini terletak di senjata yang digunakan. Para peserta diharuskan untuk saling membantai dengan memakai berbagai tipe bom canggih. Udah bisa ketebak, kamu bakal menemukan banyak potongan tubuh berserakan di dalam anime ini.

Nggak hanya kental dengan unsur action dan gore (dan fan service), Btooom! pun menyediakan perkembangan karakter yang bagus. Kamu bakal melihat perkembangan emosi Sakamoto, dari yang awalnya hanya seorang cowok brengsek, menjadi pria yang bisa diandalkan untuk membantu timnya bertahan hidup di alam liar yang dipenuhi komodo.

2. Kingdom

Funimation

Ini anime yang cocok ditonton penyuka aksi, drama, perang, dan sejarah, terutama sejarah dari negeri Tiongkok saat periode negara-negara berperang (warring states period). Melalui anime ini juga kamu bakal menemukan kisah perjalanan Qin Shi Huang, kaisar pertama Dinasti Qin sekaligus pemersatu negeri Tiongkok yang saat itu terbagi dalam tujuh kerajaan.

Tapi ada satu karakter utama lain yang menarik buat diikuti di Kingdom. Karakter itu bernama Xin alias Li Xin, jenderal yang punya peran dalam ambisi Qin Shi Huang menyatukan seluruh negeri.

Memang ada unsur dramatisasi dan perbedaan kentara antara anime ini dan sejarah aslinya. Tapi jangan biarkan hal itu menghalangi kamu untuk menikmati suguhan cerita Kingdom. Setiap pertempurannya selalu berskala besar lagi sengit. Jangan ragukan pula adegan aksinya yang melibatkan sabet-menyabet pedang, tombak, dan golok secara intens. Plusnya lagi, strategi perang yang ada di anime ini sering melibatkan plot twist yang nggak disangka-sangka.

Dijamin deh, kalaupun kamu termasuk orang yang penyabar, pada akhirnya kamu pasti selalu dibuat nggak sabar untuk nonton episode berikutnya dari Kingdom.

3. Inuyashiki

Amazon

Protagonis dari anime ini adalah orang tua yang rambutnya udah memutih. Kehidupannya pun kelihatan menyedihkan. Pertama, ia nggak dianggap sama istri dan anak-anaknya sendiri. Kedua, ia mengidap kanker yang bikin hidupnya nggak lama Lagi. Ketiga, punggungnya selalu pegal. Keempat, mukanya kelihatan tua banget. Meskipun umurnya baru 58 tahun, mukanya kayak udah 85 tahun. Sedih banget pokoknya.

Tapi di suatu malam, orang tua bernama Inuyashiki Ichiro ini mendapat anugerah berupa kekuatan super saat ia kebetulan lagi ngaso di taman kompleks perumahan. Berkat anugerah itu pula, tubuhnya jadi bisa diubah jadi senjata canggih nan mematikan. Dan sebagai orang tua yang hidupnya nggak lama lagi, Inuyashiki tanpa ragu menggunakan kekuatan barunya itu untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Yaah, intinya sih dia jadi superhero.

Tapi kehadiran superhero rasanya masih belum lengkap kalau nggak ada lawan sebanding. Di sinilah Shigishami Hiro mengisi perannya sebagai penjahat psikopat yang punya kekuatan sama dengan Inuyashiki.

Selanjutnya izinkan saya untuk menutup poin ini dengan pertanyaan dan pernyataan klise yang biasanya muncul di sinopsis film superhero. Bisakah Inuyashiki menyelamatkan dunia? Dari manakah sumber kekuatan supernya itu berasal? Kamu hanya bisa mendapat jawabannya di Inuyashiki.

4. Mirai Nikki (Future Diary)

Funimation

Manga kedua yang bertemakan battle royale nih. Cerita dalam anime ini dimulai dari Yukiteru Amano, seorang murid SMP yang…

Sebentar, sebelum kita lanjut, kami punya satu pertanyaan soal komik dari Jepang. Kenapa ya komikus jepang suka banget memakai karakter utama anak SMP, bahkan jika genre komiknya action/manga/thriller? Menurut kami itu kurang realistis. Di manga dan anime Cage of Eden, anak-anak SMP bahkan bisa menang melawan dinosaurus! Dinosaurus!

Tapi terserahlah. Whatever.

Jadi Mirai Nikki ini menceritakan tentang Yukiteru Amano, anak penakut yang mendapat buku harian sakti. Kenapa disebut sakti? Karena buku harian itu bisa menerawang masa depan. Tapi sebenarnya, buku itu nggak diberikan pada Yukiteru secara cuma-cuma. Selanjutnya Yukiteru harus berpartisipasi dalam survival game yang dirancang Dewa Ruang dan Waktu.

Apa yang bikin manga ini unik adalah karena kehadiran karakter Yuno Gasai, satu peserta lain dari survival game yang rela melindungi Yukiteru si penakut. Oh ya, ngomong-ngomong Yuno itu psikopat gila yang bisa membantai orang tanpa rasa bersalah sama sekali. Dia juga terobsesi habis-habisan sama Yukiteru.

5. Psycho-pass

Funimation

Jepang di abad 22 (abad ketika Doraemon lahir) telah berubah menjadi negeri di mana kebebasan dibatasi, khususnya bagi para kriminal. Setiap warga negara nggak bisa dengan bebas memikirkan rencana untuk melakukan aksi kejahatan, kerena negara telah menerapkan sistem yang mengharuskan warganya untuk dicek kondisi mentalnya. Sekalinya ada warga biasa yang ketahuan memiliki niat jahat, dia bisa ditangkap oleh aparat (yang katanya merupakan) penegak hukum.

Lalu apa sih yang membuat suatu tindakan bisa disebut aksi kejahatan atau kriminalitas? Apa yang membuat seseorang bisa disebut sebagai kriminal?

Menonton anime ini, tiba-tiba aja saya bertanya seperti itu. Karena bukankah suatu kelompok penguasa bisa aja menyebut kelompok lain kriminal jika kepentingan mereka terganggu? Begitu pula karakter utama Psycho-pass, Akane Tsunemori, yang mempertanyakan apa arti “keadilan” yang selama ini ia junjung selama bertugas sebagai kaki tangan aparat hukum.

Anime ini mengangkat topik yang tergolong agak berat. Tapi dengan balutan adegan action yang penuh kekerasan sekaligus memikat, topik yang berat itu pun bakalan asyik buat kamu ikuti.

6. Rurouni Kenshin (Samurai X)

Aniplex

Jika kamu pencinta anime yang sekarang berumur 24 tahun lebih, tapi kamu nggak tahu Samurai X, kayaknya masa kecil kamu kurang lengkap tuh. Jika kamu termasuk generasi Z, kami masih bisa maklumi lah.

Apalagi yang harus kami ceritakan soal Samurai X? Ini adalah anime yang lagu pembukanya selalu kami tunggu-tunggu. Ini adalah anime yang karakter utamanya bikin kami mikir betapa gagahnya samurai.

Meskipun begitu, mari kita kenalan (lagi) sama karakter utamanya, Kenshin Himura. Ia adalah samurai pengelana yang udah meninggalkan jalan hidupnya sebagai pembantai. Namun pengembaraannya itu mesti terhenti pada suatu hari, tatkala ia membantu Kamiya Kaoru yang tengah melawan penjahat. Setelah mengetahui kalau Kenshin merupakan mantan pembantai ulung, Kaoru pun menawarkan Kenshin untuk tinggal di rumahnya. Tapi masa lalu Kenshin yang kelam selalu menghantui dan memaksanya untuk mengeluarkan lagi pedangnya.

Sebagai anime berlatar sejarah, Samurai X juga bisa mengajarkan kita sedikit tentang sejarah Jepang: akhir dari Tokugawa Shogun, Shinsengumi, Restorasi Meiji, sampai masa-masa awal peralihan Jepang menjadi negeri industrialis. Tapi di atas segalanya, Samurai X mengajarkan kita kalau pertempuran pedang antara samurai dengan samurai, atau samurai dengan ninja itu sangat memanjakan mata.

7. Shingeki no Kyojin (Attack on Titan)

Funimation

Ini mungkin anime yang paling populer dalam daftar ini. Attack on Titan pun merupakan anime action yang nggak jarang didaulat sebagai yang terbaik oleh banyak orang. Jadi, sekali lagi, kalau kamu ngaku pencinta anime tapi nggak tahu apa itu Attack on Titan… oke, saya bakal jelaskan di sini.

Intinya, anime ini bercerita tentang raksasa. Well, raksasa yang sukanya makan daging manusia lebih tepatnya. Karena ancaman dari raksasa jelek rupa itu, umat manusia mesti berlindung di balik tembok tinggi.

Tapi suatu hari, seekor raksasa tengil tiba-tiba menghancurkan tembok tinggi yang selama ini jadi pelindung bagi umat manusia. Dan hal itu membuat Eren Jaeger sang karakter utama bersumpah untuk membasmi semua raksasa yang ada di muka bumi.

Kata-kata doang nggak akan cukup buat menggambarkan betapa megahnya suguhan action yang ditawarkan anime ini. Kalau kamu belum pernah nonton Attack on Titan, saya menyarankan banget kamu untuk tonton sesegera mungkin.

8. Black Lagoon

Funimation

Rokurou Okajima adalah pebisnis yang sering ditindas oleh atasannya. Tiap hari ditindas melulu, ia merasa hidupnya sungguh membosankan. Siapa juga yang nggak akan bosan kalau hidupnya selalu diisi sama penindasan?

Namun hidupnya berubah saat melakukan perjalanan bisnis ke Asia Tenggara, di mana ia disandera oleh sekelompok tentara bayaran yang disebut Black Lagoon. Nggak disangka, lewat penyanderaan yang diwarnai aksi baku tembak itu, Okajima menemukan jalan hidup baru di bawah naungan bendera Black Lagoon.

Bersama geng barunya, Okajima mulai berpetualang mencari penghidupan di kota kriminal Roanapur.

Kalau kamu termasuk penggemar film action ala Hollywood, hampir dipastikan Black Lagoon nggak akan bikin kamu kecewa. Adegan-adegan aksinya bakal mengingatkan kamu pada film aksi Hollywood, semisal The Expendables atau Mission Impossible.

Yup, anime ini nggak melibatkan sihir, monster, ahli pedang, atau jurus supranatural yang biasa ditemukan di anime action populer. Sebagai gantinya, Black Lagoon menawarkan aksi spionase, adu taktik, kejar-kejaran, dan aksi baku tembak yang mendebarkan. Selain itu, anime ini punya karakter yang memiliki keunikannya masing-masing. Salah satunya cewek seksi bernama Revy, anggota Black Lagoon yang pandai memainkan pistol dan punya lidah setajam silet (baca: hobi mengumpat).

9. Fate/Zero

Aniplex

Mungkin inilah karya masterpiece dari serial Fate yang pertama kali hadir di tahun 2006. Berbeda dari seri pendahulunya yang disisipi unsur fan service, nuansa Fate/Zero terkesan jauh lebih serius, tragis, dan brutal. Lewat judul Zero-lah Fate berhasil menguatkan posisinya sebagai serial bergenre action-fantasy.

Cerita Fate/Zero berfokus pada perang yang dipicu oleh Holy Grail, artefak kuno yang sanggup mengabulkan segala jenis permintaan. Protagonis dalam kisah ini, Kiritsugu Emiya, berencana menghancurkan Holy Grail untuk mengakhiri peperangan.

Oh iya, Emiya sendiri adalah petarung yang memiliki heroic spirit kelas Saber, Artoria Pendragon. Untuk mendapatkan Holy Grail, Emiya dan Saber mesti beradu kekuatan dengan enam pasangan petarung lainnya di kompetisi battle royale.

Alur cerita Fate/Zero tergolong sederhana. Tapi ia punya kekuatan dalam segi pembangunan konflik, baik itu konflik pertarungan maupun konflik batin yang dialami karakternya. Gen Urobuchi selaku penulis Fate/Zero, bahkan nggak segan membunuh karakter-karakter penting yang membuat atmosfer cerita semakin kelam.

Kalau mesti dibandingkan, nuansa suram Fate/Zero mungkin setipe dengan serial Game of Thrones. Itulah alasan kenapa ia lebih cocok disaksikan pemirsa dewasa. Dan satu hal lagi, Fate/Zero punya deretan karakter keren dan animasi memukau yang bikin kamu nggak sabar menunggu adegan pertempurannya.

10. Kenpuu Denki Berserk (Berserk: The Sword Wind Romance)

Media Blasters

Nggak banyak serial manga lawas yang mampu bertahan sampai puluhan tahun. Kalaupun ada, berarti manga tersebut punya kualitas jempolan dan fanbase yang luas. Berserk adalah salah satu contohnya. Pertama kali tayang di tahun 1997, Berserk telah melahirkan anime, tiga film, dua serial adaptasi, dan dua OVA (Original Video Animation).

Kisah Berserk dibuka oleh petualangan Guts, tentara bayaran yang mengembara seorang diri di dataran Midland. Suatu hari, Guts berpapasan dengan kelompok tentara bayaran yang dijuluki Band of Hawk. Tentu saja, melihat kelompok tersebut, Guts merasa gatal ingin menguji keahlian bertarungnya. Setelah membikin beberapa prajurit babak belur, Guts akhirnya dikalahan oleh Griffith sang pemimpin Band of Hawk.

Alih-alih menghabisi nyawa Guts, Griffith malah merekrutnya sebagai anggota. Ia percaya Guts bisa membantu mewujudkan ambisinya menjadi raja.

Anime berlatar abad pertengahan ini menawarkan segudang aksi pertarungan brutal, intrik politik, plus beberapa adegan dewasa. Eits, tapi itu bukanlah daya tarik utama yang ditawarkannya. Pesona Berserk yang sesungguhnya terletak pada motivasi dan perkembangan karakternya. Dari sinopsisnya, kamu pasti udah bisa nebak kalau alur cerita Berserk bakal ditentukan oleh motivasi Griffith menjadi raja. Tapi menariknya, karakter yang lebih inferior seperti Guts pun punya tujuan pribadi yang berpengaruh terhadap perkembangan cerita.

Sebenarnya nggak ada istilah superior atau inferior sih. Semua karakter Berserk punya motivasi dan tindakan yang perlahan saling bersinergi. Dan sebuah cerita epik tentang ambisi pun dibangun darinya.

11. Stranger: Mukou Hadan (Sword of the Stranger)

Funimation

Film anime bertema samurai garapan Masahiro Ando ini memang nggak begitu terkenal. Tapi jangan salah, Sword of the Stranger bakal memuaskan hati para penggemar anime action. Kualitas animasinya yang jempolan bikin adegan tebas-tebasan terlihat lebih nyata dan menegangkan.

Sword of the Stranger bercerita tentang Kotarou, bocah laki-laki yang jadi buronan pasukan Dinasti Ming dari Tiongkok. Pasukan Ming bermaksud menggunakan darah Kotarou untuk menciptakan ramuan keabadian.

Dalam pelariannya, Kotarou berpapasan dengan ronin tanpa dan memintanya untuk menjadi bodyguard. Sang ronin awalnya ragu untuk menerima tawaran tersebut, meskipun pada akhirnya hatinya luluh setelah Kotarou berjanji memberi imbalan.

Meski dipenuhi momen pertarungan di sana sini, alur cerita Sword of the Stranger cukup menarik untuk ditelusuri. Ide ceritanya mungkin cukup familiar  bagi veteran anime. Tapi, kalau ngomongin soal adegan aksi yang bisa bikin penonton terhanyut, Sword of the Stranger termasuk yang terbaik di kelasnya.

12. Hellsing Ultimate

Funimation

Apakah ada karakter vampir yang seikonik Alucard di dunia anime? Oh, biar saya ralat pertanyaannnya. Apakah ada karakter vampir yang lebih brutal, lebih gila, lebih keren, sekaligus lebih ikonik dari Alucard? Saya sendiri kesulitan menjawab pertanyaan itu.

Ya, Alucard jadi alasan utama mengapa saya merekomendasikan anime yang berpusat pada organisasi Hellsing ini. Dengan bala tentara yang cukup besar, mereka bertekad memerangi seluruh vampir di muka bumi. Tapi apalah artinya manusia lemah di hadapan vampir abadi yang haus darah? Untungnya itu bukan masalah besar, sebab Hellsing punya senjata pamungkas yang juga jadi bintang utama di dalam cerita. Yup, senjata yang dimaksud adalah Alucard.

Sejak awal, Alucard udah menyandang status sebagi tokoh terkuat di dalam cerita. Ia tahu betul bagaimana cara membantai musuh-musuh dari bangsanya sendiri. Menariknya, Alucard nggak cuma kuat. Ia juga punya segudang tipu muslihat untuk menghabisi lawannya sampai ke tulang-tulang. Bayangkan saja, saking gilanya Alucard, kamu nggak akan bisa menebak cara apa yang bakal ia lakukan untuk membantai musuhnya.

Sebenarnya Hellsing Ultimate adalah serial yang diadaptasi dari versi orisinalnya, Hellsing (2001). Keduanya punya cerita yang nggak jauh beda. Tapi di versi ini kamu bakal menyaksikan lebih banyak kebrutalan dan adegan aksi yang memacu adrenalin.

13. Cowboy Bebop

Funimation

Di tahun 2070, umat manusia menghuni beberapa planet dan bulan di tata surya, meninggalkan bumi yang sudah tua renta. Agar hukum tetap bisa ditegakkan, pemerintah membentuk kepolisian galaksi yang dibantu oleh para Bounty Hunter alias pemburu hadiah. Nah, tokoh utama di cerita ini adalah kelompok Bounty Hunter yang terdiri dari dua sekawan, Spike Spiegel dan Jet Black. Mereka menjelajahi tata surya untuk menyelesaikan misi, sekaligus mencari anggota baru.

Cowboy Bebop menyampaikan cerita dengan gaya episodik. Dengan kata lain, nggak ada alur pasti yang akan membawa penonton ke ujung cerita. Sebagai gantinya, kamu bakal menyaksikan plot (perburuan hadiah) yang berbeda di tiap episodenya. Biasanya sih, penceritaan bergaya episodik semacam ini sering digunakan di anime bergenre slice of life. 

Tapi justru di situlah letak keindahan Cowboy Bebop. Ia mampu menyampaikan cerita aksi yang nggak pasti ujungnya dengan sangat baik. Tiap episode Cowboy Bebop bagaikan harta karun yang menunggu untuk dibuka, bikin kamu nggak sabar untuk menonton cerita berikutnya. Belum lagi, Spike punya masa lalu yang hanya akan terungkap kalau kamu menonton semua episodenya.

14. Akira

Toho

Inilah film anime fiksi ilmiah terbaik yang dirilis sebelum tahun 90-an. Nggak lama setelah dirilis, Akira berhasil membuat para sineas mancanegara, khususnya Hollywood, tergila-gila. Alasannya? Film ini punya ide cerita orisinal bernuansa kelam yang membuka lembaran baru bagi perkembangan anime di era berikutnya.

Cerita berpusat di Neo-Tokyo, peradaban Kota Tokyo masa depan yang diwarnai maraknya kriminalitas dan terorisme. Buktinya, dua karakter utama berasal dari geng motor yang sering terlibat tawuran. Mereka adalah Kaneda dan Tetsuo.

Saat beradu balap dengan geng motor saingan, Tetsuo mengalami kecelakaan yang melibatkan seorang bocah esper misterius. Sejak pertemuan itu, Tetsuo mulai merasa ada yang janggal dengan dirinya. Ia seperti memiliki kekuatan super yang sulit dikendalikan. Pemerintah yang mengetahui hal itu langsung menculik Tetsuo untuk mencegah bencana besar di masa lalu kembali terjadi.

Nah, di saat itulah Kaneda bertekad menyelamatkan Tetsuo bagaimanapun caranya. Ia mesti berpacu dengan waktu agar Tetsuo tak berubah menjadi monster seutuhnya. Hubungan kuat mereka dan konflik batin yang dialami Tetsuo pada akhirnya bakal bikin kamu terhanyut ke dalam cerita Akira.

Selain menjanjikan aksi ala film cyberpunk dan science fiction, Akira juga sering mengumbar adegan mengerikan yang mungkin layak membuatnya masuk di kategori gore juga. Beberapa adegan bahkan tergolong absurd. Tapi itu semua tetap berhubungan dengan inti cerita dan atmosfernya.

15. Koukaku Kidoutai: Stand Alone Complex (Ghost in the Shell: Stand Alone Complex)

Bandai Entertainment

Satu lagi anime fiksi ilmiah yang sarat akan adegan aksi menegangkan. Ghost in the Shell: Stand Alone Complex membawa kamu ke zaman di mana transplantasi tubuh dari daging menjadi mesin bukanlah hal yang mustahil. Di zaman inilah batas-batas yang membedakan robot dengan manusia mulai pudar dan kriminalitas naik ke tingkat yang lebih mutakhir.

Ghost in the Shell: Stand Alone Complex berfokus pada Section 9, tim polisi khusus yang dibentuk pemerintah Jepang guna mengatasi kasus kriminal tingkat tinggi. Tim tersebut dikomandoi Aramaki dan Kusanagi, dua polisi yang berperan sebagai karakter utama. Di misi terkini, Keduanya berusaha mati-matian meringkus hacker misterius yang dijuluki The Laughing Man.

Konspirasi dan intrik adalah dua elemen yang membuat cerita Ghost in the Shell: Stand Alone Complex solid sekaligus kompleks. Kalau tertarik menonton anime ini, saya sarankan kamu untuk fokus menyimak setiap detail ceritanya, biar nggak tersesat di tengah jalan.

Tapi tenang, alur ceritanya yang rumit nggak bakal bikin kamu cepat bosan. Soalnya ya itu, banyak adegan aksi bertebaran di sepanjang permainan petak umpet antara hacker dan polisi.

Apa kamu udah puas dengan daftar rekomendasinya? 

Komentar:

Komentar