Anak 90-an Masuk! Masih Ingat Sama 6 Karakter Robot Jepang Ikonik Ini? Terkenal Banget Lho di Indonesia


Dalam dunia anime, ada istilah super robot dimana serial animasi garapan Jepang tersebut menampilkan robot dengan kemampuan super yang melindungi Bumi dari serangan makhluk yang berasal dunia lain.

Bukan hanya terkenal di negeri asalnya, aksi robot-robot super ini juga terkenal hingga ke negara-negara lain, termasuk Indonesia. Anak-anak 90-an pasti masih ingat dengan judul-judul seperti Voltus V atau Evangelion, apalagi Power Rangers yang masih terkenal sampai sekarang. Apakah kamu masih ingat, atau malahan masih nge-fans sama karakter-karakter robot ini?

1.Voltes V

Voltes-V-and-the-Voltes-team-voltes-v-38709230-960-677
Volt In! Via thefanboyseo.com

Chōdenji Machine Voltes V atau ‘Super Elektromagnetic Machine Voltes V’ lebih dikenal dengan nama ‘Voltus V’ di Indonesia. Serial animasi garapan Toei Company ini rilis pada tahun 1977 di Jepang. Tapi, Voltes V sendiri baru dikenal di Indonesia di era 80 hingga 90-an dan jadi salah satu super robot yang paling terkenal di kalangan anak-anak. Voltes V memiliki kisah yang bisa menyentuh perasaan penontonnya sehingga selalu dikenang. Masih ingat pekik ‘Volt In!’ dari para karakter utamanya saat kendaraan mereka akan bergabung menjadi robot raksasa?

2. Mazinger Z

Mazinger_z_and_koji_by_ieko2011-d3jlzy4
Rocket Punch! Via mazinger.wikia.com

Go Nagai merupakan salah satu kreator super robot Jepang kenamaan yang telah melahirkan judul-judul besar. Salah satu yang paling terkenal adalah Mazinger Z. Pertama kali meluncur lewat komik sebelum disusul oleh anime-nya pada tahun 1972, hingga sekarang karakter Mazinger Z masuk dalam jajaran ‘dewa’ bagi para pecinta serial robot. Ciri khas dari Mazinger yang paling memorable bagi para fans adalah jurus ‘rocket punch’-nya yang sangat terkenal itu.

3. Getter-1

Getter-1
Getttaaa…beam! via pinterest.com

Getter Robo adalah anime super robot karya kolaborasi Ken Ishikawa dan Go Nagai yang juga sangat terkenal di kalangan para pecinta serial anime robot. Serial yang pertama kali meluncur pada tahun 1974 ini menampilkan tiga buah pesawat yang bisa bergabung menjadi tiga robot berbeda, agar bisa bertempur sesuai kebutuhan. Tapi yang paling terkenal adalah Getter-1, robot raksasa berwarna merah-putih dengan senjata-senjatanya yang terkenal, ‘Getter Tomahawk’ dan ‘Getter Beam’. Gagah!

4. Eva-01

via comicvine.com

Evangelion Unit-01 atau lebih dikenal sebagai Eva-01 adalah robot utama dalam serial anime Neon Genesis Evangelion hasil garapan studio Gainax di tahun 1996. Serial ini sangat terkenal di Indonesia karena kisahnya yang cutting edge. Dan sebagai protagonis utama, Eva-01 menjadi robot paling ikonik dari anime yang dikenal dengan nama singkat Evangelion atau hanya ‘Eva’ itu. Kelebihan dari robot yang dikemudikan Shinji Ikari, tokoh utama dalam serial ini adalah kemampuan berserk-nya yang sangar abis.

5. Optimus Prime

Optimus Prime
Autobots, roll out! Via Pinterest.com

Serial animasi Transformers pertama kali tayang pada tahun pada tahun 1986. Transformers sendiri lahir dari lini mainan Diaclone dan Microman milik perusahaan Takara, Jepang. Menampilkan sekian banyak karakter robot, Optimus Prime yang perkasa lagi bijak adalah idola utama dari animasi ini. Sejak Stephen Spielberg menyerahkan kunci film Transformers pada Michael Bay, Optimus Prime bertransformasi menjadi karakter favorit lintas zaman, mulai dari bapak-bapak hingga anak-anak. Saking ikoniknya, Peter Cullen yang merupakan pengisi suara Optimus dalam serial animasi, direkrut untuk mengisi suara Sang Prime di semua film layar lebar Transformers.          

6. Megazord

Megazord
Go, Go Power Rangers…! Via Tumblr.com

Mighty Morphin Power Rangers merupakan waralaba dari serial super sentai (skuadron super) milik Toei Company, Ltd. Jepang yang pertama kali meluncur pada tahun 1992 dengan titel Kyōryū Sentai Zyuranger atau Dinosaur Squadron Zyuranger dalam bahasa Inggris. Shaban Entertainment kemudian mengadaptasinya menjadi Power Rangers pada tahun 1993. Selain kehebatan Jason, Tommy dkk. dalam memberantas kejahatan yang didalangi Rita Repulsa, tentu saja kendaraan tempur mereka menjadi idola anak-anak tahun 90-an. Ya, Megazord yang merupakan gabungan dari lima robot dinosaurus itu memang epic pada masanya. Go, Go Power Rangers!

Kalau ngobrolin karakter-karakter ini, kamu pasti inget masa-masa dimana setiap Minggu pagi kita duduk di depan TV untuk menyaksikan kartun yang diputar dari pagi hingga siang di stasiun-stasiun televisi swasta. Kangen ya?

- Advertisement -
Shares 137

Komentar:

Komentar