8 Rekomendasi Komik/Anime Komedi Buat Kamu yang Pengen Ketawa Ngakak


Sumber tawa emang bisa ditemukan di mana-mana. Dari kejadian sehari-hari, celetukan teman, internet, sampai komik dan anime pun bisa jadi bahan buat hiburan selingan pelepas penat.

Nah, buat kamu yang lagi cari komik Jepang/manga atau anime komedi tapi nggak tahu mau baca apa, nih ada rekomendasi buat kamu. Apa yang membuat manga dan anime ini lucu, mendingan kita ulas langsung.

Dan untuk selanjutnya, kita sebut aja delapan daftar ini sebagai komik atau manga, alih-alih manga dan anime.

 1. Gintama

mphwtRx
via reddit.com

Manga ini bersetting di zaman pascasamurai. Hanya bedanya, alih-alih dimasuki bangsa lain (sampai abad 19, Jepang tadinya negara tertutup, lho), Jepang malah diinvasi oleh alien. Dan di tengah kehidupan “harmonis” antara manusia dan alien inilah hiduplah seorang mantan samurai pemalas yang banting setir jadi freelancer bernama Gintoki, yang ditemani oleh dua karakter lainnya Shinpachi dan Kagura, serta anjing raksasa peliharaan mereka.

Nah, cerita dan kelucuan dalam Gintama berkisar pada kehidupan ketiga karakter utamanya dan kawan-kawan mereka. Pengarang manga ini, Sorachi Hideaki, nggak segan sama sekali buat nulis lawakan-lawakan kasar di dalamnya. Nggak cuma itu, dia juga berani menyindir sekaligus mengejek secara terang-terangan komik lain; budaya pop; sampai figur terkenal. Belum lagi kalau kamu ngeliat keabsurdan komedinya yang nggak bisa diprediksi. Dijamin, ngakak abis deh.

Bayangin aja kalau ada Shogun atau pemimpin negara yang disuruh telanjang cuma gara-gara dia kalah main game di pub. Parahnya, si Shogun mau aja lagi disuruh telanjang.

Kekonyolan manga ini bahkan udah bisa dilihat dari judulnya sendiri. Kalau kamu belum tahu, Gintama bisa diartikan sebagai “biji perak”. If you know what I mean, hehehe.

2. One Piece

10306763_267070840139116_3107408074765140688_n
via onepiecelove.altervista.org

Ini komik kapan selesainya sih? Dari pertama terbit tahun 1997, Luffy belum juga nemuin One Piece sampai sekarang.

Yup, manga ini memang menceritakan tentang petualangan Luffy yang ingin jadi raja bajak laut dan kru kapalnya. Kelucuan dalam One Piece bisa kamu temuin dari kepolosan dan kekonyolan yang ditunjukkan Luffy dan karakter-karakter lainnya. Boys will always be boys, atau bocah laki-laki akan selalu menjadi bocah. Mereka nggak akan pernah dewasa. Istilah itu mungkin cocok buat menggambarkan karakter-karakter dalam komik ini. Dan itulah yang membuat One Piece begitu kocak.

3. Great Teacher Onizuka

1
via novelupdates.com

Bayangkan jika ada mantan petinggi geng motor yang brutal, tiba-tiba ingin mengabdi sebagai guru. Alasannya jangan ditanya: biar dia bisa dapet istri anak SMA, nggak lebih. Dan guru ini menyebut dirinya sendiri sebagai Great Teacher Onizuka (GTO) atau Onizuka si Guru Hebat.

Lihatlah bagaimana GTO menyiksa murid-muridnya yang begundal. Saksikan bagaimana GTO mengincar celana dalam murid-murid perempuannya. Perhatikan saat GTO melakukan German Suplex pada wakil kepala sekolah ketika ia melamar kerja sebagai guru. Simak momen dimana GTO berfoya-foya dengan para gadis menggunakan uang karya wisata sekolah. Atau lihatlah betapa kecewanya GTO saat ia ternyata ditempatkan sebagai guru SMP alih-alih menjadi guru SMA.

Peringatan: ini komik dewasa. Tidak cocok buat anak di bawah umur. Kecuali kalau anaknya berperilaku dewasa kali, yah? Hehehe.

4. Yotsuba&!

Yotsuba-Wallpaper-yotsuba-and-6950107-1680-1050
via nitwitty.net

Nah, kalau manga yang satu ini lebih bernuansa anak-anak, tapi bukan berarti remaja dan dewasa nggak bisa menikmatinya. Komedi dalam manga ini sendiri berpusat pada seorang bocah berumur 5 tahun bernama Yotsuba. Yang menjadi andalan untuk memancing tawa pembaca nggak lain nggak bukan adalah kepolosan dari Yotsuba yang selalu ingin tahu tentang semua hal, termasuk hal-hal kecil seperti cara kerja AC atau ayunan.

5. One-Punch Man

hqdefault
via youtube.com

Kalau kamu merhatiin komik-komik masa kecil, sebutlah Dragon Ball, karakter seperti Goku selalu terlibat pertarungan hebat nan sengit. Jurus-jurus, yang entah kenapa selalu diberi nama dan disebutkan namanya saat mau dikeluarkan, bertebaran begitu banyak.

Nah, dalam One-Punch Man kamu bakal nemu hal yang sebaliknya. Si karakter utama, Saitama, superhero yang kostumnya aneh dan konyol, lengkap dengan kepala plontosnya, selalu bisa mengalahkan musuh-musuhnya hanya dengan satu pukulan.

Kebodohan massal karakter-karakternya, mungkin itu faktor utama kenapa komik ini bisa kocak abis. One-punch Man sendiri punya dua versi. Kalau kamu mau, kamu bisa lihat versi originalnya yang gambarnya parah banget, dan nggak tau kenapa gambarnya yang jelek itu malah bisa nambah kelucuan komik ini.

tumblr_nylgd5jOjk1r6cofbo1_500
via tumblr.com

6. Mob Psycho 100

S2DnwnS
via reddit.com

Manga hasil karya orang yang sama dengan yang membuat One-Punch Man: ONE. Masih dengan suguhan gambar yang “kurang indah”, kini ONE menghadirkan karakter utama seorang bocah yang memiliki kekuatan supernatural bernama panggilan Mob. Karena kekuatannya pula dia bekerja sebagai asisten bagi orang yang mengaku-ngaku sebagai cenayang. Nah, majikan Mob yang bernama Reigen inilah sumber kekonyolan dari komik ini. Apa yang kamu lakukan jika kedok penipuan kamu udah hampir terbongkar? Buat Reigen, solusinya adalah membual dengan kadar yang lebih hebat lagi.

7. Arakawa Under the Bridge

arakawa8
via matthigh.livejournal.com

Kou Ichinomiya adalah pria yang punya filosofi hidup nggak mau berutang pada siapa pun, bahkan utang budi sekali pun. Tapi, gara-gara kepeleset di sekitar jembatan, ia jatuh ke sungai Arakawa dan akhirnya diselamatkan oleh seorang gadis. Karena nggak mau berlama-lama punya utang budi, Kou mendesak si gadis buat minta sesuatu padanya. Apa yang diminta gadis itu? Dia minta agar Kou mau mencintainya.

Absurd? Iya. Dan lebih absurd lagi kalau kamu liat makhluk apa aja yang tinggal di bawah jembatan, yang notabene tempat tinggal baru Kou bersama gadis itu.

8. Slam Dunk

SD-3
via thechewns.com

Manga dan kartun Slam Dunk seakan udah jadi bacaan dan tontonan wajib buat generasi 90-an. Siapa yang masih inget kelakuan tengil Sakuragi Hanamichi, nih? Ngeliat kekocakannya yang sok keren itu bener-bener pas deh buat ngelepas penat sehabis sekolah, kuliah, atau kerja seharian.

Itu dia delapan komik dan anime komedi rekomendasi buat kamu. Kamu sendiri punya rekomendasi nggak buat dibagiin? Bikin orang ketawa juga termasuk pahala, lho. Hehehe

- Advertisement -
Shares 180

Komentar:

Komentar