5 Anime Robot Yang Mungkin Terlewatkan Ini Wajib Kamu Tonton!


Mecha atau robot adalah salah satu genre anime yang disukai oleh banyak orang. Banyak franchise animasi robot Jepang yang menjadi sangat populer, salah satunya adalah serial Gundam yang telah tayang dalam berbagai judul sejak tahun 1979. Selain itu ada juga judul-judul klasik besar yang telah populer lebih dahulu di Indonesia, diantaranya adalah Voltus V, Mazinger dan Getter Robo. Anak-anak 90-an pasti sudah enggak asing lagi dengan judul-judul tersebut, ya kan? Tapi seiring dengan perkembangan industri anime, banyak judul baru yang sebenarnya tidak kalah keren, tapi mungkin luput dari pengamatan.

Nah, buat kamu penggemar anime terutama fans robot, inilah 5 anime robot keren yang mungkin belum kamu tonton.

1. Gunbuster

Wiki-background
gunbuster.wikia.com

Noriko Takaya bergabung bersama armada luar angkasa Bumi yang berusaha menghentikan serangan ras alien misterius yang semakin mendekat ke galaksi Bima Sakti. Sebagai putri seorang admiral, Noriko memiliki skill pilot tempur yang tidak kalah hebat dengan sang ayah. Namun angkasa luar dan medan perang tidak seperti yang ia bayangkan sebelumnya. Konflik psikis justru mempengaruhi mental Noriko yang seharusnya menjadi salah satu pilot andalan armadanya.

Dirilis pada tahun 1988, alur serial yang hanya memiliki 6 episode ini justru berjalan dengan lambat. Kita bahkan harus bersabar untuk melihat aksi Gunbuster yang merupakan robot utama dalam serial arahan sutradara Hideaki Anno (Evangelion) dan studio Gainax ini. Jalan cerita yang unik dan ending yang sukar ditebak membuat Gunbuster menjadi salah satu icon para penggemar mecha anime.

2. Valvrave The Liberator

Kakumeiki-Valvrave-kakumeiki-valvrave-34248891-1280-720
via fanpop.com

Valvrave the Liberator atau Kakumeiki Valvrave dalam bahasa Jepang adalah sebuah mecha anime besutan studio Sunrise yang juga merupakan studio tempat serial Gundam digarap.

Anime ini mengisahkan tentang konflik politik yang terjadi di luar angkasa ketika manusia telah hidup di Dyson sphere (bangunan yang merupakan planet buatan). Konflik tersebut pun semakin memanas ketika pasukan Dorssian, salah satu fraksi penguasa Bumi saat itu, menyerang SMA Sakimori yang terdapat di sphere bernama Module 77. Di saat yang genting, Haruto Tokishima salah satu siswa sekolah tersebut menemukan sebuah robot yang muncul dihadapannya. Tanpa pikir panjang, Haruto pun masuk ke dalam cockpit robot yang menghendaki pengemudinya untuk melepas sisi kemanusiaan mereka.

Valvrave memang tidak sepopuler serial lain dari studio Sunrise, mungkin karena setting-nya yang bisa dikatakan dark dan disertai plot twist. Namun dengan dibalut nuansa teen movie bertemakan persahabatan dan cinta, serial ini menjadi sangat menarik untuk disimak.

3. Aldnoah.Zero

aldnoah_zero_wallpaper_hd
via bentobyte.co

Kisah Aldnoah.Zero berawal dari peperangan antara Bumi dengan Vers Empire, manusia yang tinggal di planet Mars pada tahun 1999. Namun seiring dengan dengan kehancuran Bulan, kedua belah pihak pun memutuskan untuk melakukan gencatan senjata. Pada tahun 2014, Putri Asseylum Vers Allusia dari Mars terbunuh ketika tengah menjalani misi perdamaian di Bumi. Seorang murid SMA bernama Inaho Kaizuka pun terjun dalam peperangan demi menyelamatkan kakak dan sahabat-sahabatnya, namun kemudian mengungkap konspirasi dibalik tewasnya Sang Putri.

Berbeda dengan mecha anime lainnya, Aldnoah.Zero tidak terlalu mengumbar kehebatan senjata atau ‘kekuatan supranatural’. Sebaliknya, Inaho sebagai pemeran utama harus memutar otak untuk mengalahkan lawan. Ditambah bumbu kisah percintaan, anime yang digarap oleh studio animasi A-1 Pictures ini bisa dikatakan breathtaking karena adegan perang dan konflik emosional yang muncul.

4. Mobile Suit Gundam: The 08th MS Team

29591
via yahoo.com

Gundam adalah salah satu franchise robot paling terkenal di dunia. Meski begitu, tidak semua judul Gundambooming’ bahkan ada beberapa diantaranya yang kurang populer dikalangan fans awam, salah satunya adalah serial yang satu ini.

The 08th MS Team mengangkat sisi lain dari konflik dalam serial Gundam pertama yang memiliki setting angkasa luar. Serial ini mengangkat peperangan yang terjadi antara pihak Zeon dan Earth Federation yang pecah di Asia Tenggara. Seorang prajurit Earth Federation bernama Shiro Amada harus memimpin pasukan 08th MS Team masuk ke teritori musuh yang bertujuan untuk menemukan markas rahasia Zeon. Misi tersebut menjadi cukup berat bagi Shiro karena dia harus berhadapan dengan Aina Sahalin, prajurit Zeon yang telah ia kenal sebelumnya.

Sekali lagi, tidak selamanya peperangan antar robot dengan menggunakan senjata canggih menjadi daya tarik utama. Buktinya serial ini justru mengangkat tema perang realistis dimana yang ditampilkan adalah strategi gerilya sehingga mengingatkan kita pada film berlatar perang Vietnam milik Hollywood.

5. Muv-Luv Alternative: Total Eclipse

maxresdefault
via youtube.com

Awalnya, Muv-Luv merupakan sebuah game populer yang diluncurkan pada tahun 2003 untuk format PC dan console. Muncul dengan dua bagian, yaitu Muv-Luv Extra dan Muv-Luv Unlimited, adaptasi anime-nya pun diluncurkan pada tahun 2012 dan digarap oleh studio anime terkenal, Satelite, yang juga menggarap serial anime ternama, Macross.

Bumi diserang oleh ras alien monster yang menghancurkan segalanya. Angkatan bersenjata setiap negara pun mengembangkan perangkat perang berbetuk robot yang disebut Tactical Surface Fighter (TSF). Yuya Bridges, seorang prajurit Navy Amerika Serikat bergabung dalam sebuah proyek latihan bersama negara-negara lain dimana ia akan melakukan tes terhadap TSF jenis terbaru. Disanalah ia berkenalan dengan Letnan Yui Takamura dan keduanya menjadi dekat. Namun pesona Yuya juga mulai menarik perhatian Cryska Barchenowa, seorang pilot TSF asal Rusia. Kisah mereka pun terjalin ditengah usaha untuk menghadapi alien buas yang mulai menguasai Bumi.

Saat menyaksikan anime ini, kamu akan dibawa naik-turun antara kisah drama dengan aksi yang menegangkan. Tapi lama kelamaan, kita akan larut dalam sebuah konflik yang lebih dalam dari sekedar kisah cinta dan pertempuran menghadapi monster.

 

Kalau kamu tahu anime mecha lainnya yang sepertinya tidak banyak diketahui orang? Comment  di bawah ya!

22 Shares

Komentar:

Komentar