11 Film Kung Fu Terbaik yang Berisi Banyak Adegan Pertarungan Keren

"Fate made him a warrior, courage made him a hero."

:

Berbicara tentang perfilman Asia, terutama yang bergenre laga, sulit rasanya kalau kita nggak menyebut film-film yang berasal dari Tiongkok, Hong Kong, dan Taiwan. Bukan tanpa alasan, film action mereka seringkali berisikan aksi bela diri khas yang dikenal dengan istilah kung fu/gong fu. Popularitas aktor laga legendaris seperti Jackie Chan, Sammo Hung, atau Jet Li pun nggak bisa dilepaskan dari kemampuan kung fu mereka.

Coba bayangkan film Shaolin Soccer tanpa adegan kung fu. Mungkin film itu bakal jadi film komedi biasa, alias nggak punya keunikan. Kung fu-lah yang bikin film laga dari Tiongkok, Hong Kong, dan Taiwan jadi menarik untuk ditonton.

Mau tahu nggak, apa saja film kung fu terbaik yang pernah dibuat? Jika kamu punya waktu, silakan saja tonton semua film bertema kung fu. Kalau waktu kamu terbatas, saya kasih nih rekomendasi 11 film kung fu terbaik yang bakal memompa adrenalin kamu.

1. Enter the Dragon (1973)

Film arahan Robert Clouse ini bercerita tentang tiga ahli kung fu. Salah satunya adalah Lee (Bruce Lee), yang ikut serta dalam kompetisi bela diri di pulau yang dikuasai oleh seorang kriminal.

Namun sebenarnya Lee punya maksud lain saat mengikuti kompetisi itu. Ia direkrut agen rahasia untuk menyelidiki operasi si kriminal penguasa pulau sekaligus membalas kematian adiknya.

Film ini menjadi spesial bagi Bruce Lee karena Enter The Dragon merupakan proyek besar pertamanya bersama Hollywood. Tapi pada tanggal 20 Juli 1973, sebulan sebelum film ini dirilis secara luas, Bruce Lee meninggal. Umurnya waktu itu baru 32 tahun.

2. The Shaolin Temple (1982)

Sebelum menancapkan statusnya sebagai legenda di perfilman dunia, Jet Li memulai debutnya lewat Shaolin TempleIni adalah film yang ditenggarai sebagai pemicu lahirnya karya sinema tentang vihara shaolin, semisal Shaolin (2011) yang diperankan oleh Andy Lau.

Shaolin Temple juga menjadi film Hong Kong pertama yang diizinkan untuk syuting di daerah Tiongkok daratan. Itu merupakan peristiwa bersejarah, mengingat kondisi perpolitikan saat film ini dibuat menyulitkan kerjasama antara sineas Hong Kong dengan Tiongkok daratan.

3. Fist of Legend (1994)

Selepas sukses di film pertamanya, Jet Li seringkali menjajal posisi produser dan aktor secara berbarengan. Itu juga dilakukannya di Fist of Legend, film remake dari Fist of Fury (1972) yang dibintangi Bruce Lee. FYI, di Fist of Fury kamu bisa menemukan kata-kata ikonik dari Bruce Lee: “You killed my teacher!”

Fist of Legend sendiri menceritakan tentang Chen Zhen, mahasiswa Tiongkok yang berkuliah di Universitas Kyoto, Jepang. Karena saat tahun 1914-an Jepang menduduki wilayah Tiongkok, Chen pun mendapat perlakuan diskriminasi dari anak-anak muda berandalan Jepang. Semua itu hanya karena ia berasal dari Tiongkok.

Tapi untungnya, Chen jago bela diri sehingga ia bisa mengatasi mereka dengan mudah.

Suatu ketika Chen mendapat kabar bahwa gurunya, Huo Yuanjia, tewas setelah dikalahkan petarung Jepang. Ia sampai meninggalkan Jepang dan balik lagi ke Tiongkok demi menemukan si pelaku pembunuhan gurunya. Dari sinilah kamu akan melihat aksi pertarungan Chen yang mendebarkan dalam menguak dalang kasus kematian sang guru tercinta.

4. Drunken Master II (1994)

Dari Bruce Lee dan Jet Li, kita beralih pada aktor kung fu lain yang nggak kalah hebat. Ia adalah Jackie Chan, aktor multitalenta yang ternyata pernah bermain film erotis di awal kariernya.

Oke, sekarang kita nggak akan membahas tentang film erotisnya, melainkan Drunken Master 2. Di film sekuel dari Drunken Master (1978) ini, Jackie Chan berperan sebagai sang pahlawan rakyat, Wong Fei Hung. Kualitas dari film ini tergambarkan dari dinobatkannya ia sebagai salah satu dari 100 film terbaik sepanjang masa oleh majalah Time pada tahun 2005.

Kamu tahu jurus dewa mabuk? Jika belum pernah dengar sebelumnya, kamu tonton deh film ini.

5. Ip Man (2008)

Di deretan selanjutnya ada film kung fu terbaik yang dibintangi oleh Donnie Yen. Film bergenre biopik ini bisa dibilang berhasil secara kualitas maupun penjualan. Meskipun film ini juga diselingi dengan cerita tentang kehidupan pribadi Ip Man, hubungannya dengan keluarganya, dan invasi Jepang ke Tiongkok, semua adegan pertarungannya dijamin nggak akan bikin kamu bosan.

Tapi, jika harus memilih, saya bakal pilih adegan ketika Ip Man bertarung melawan 10 karateka sebagai adegan pertarungan terbaik di film ini.

Seperti yang bisa kamu lihat dalam video, Ip Man atau Yip Man merupakan ahli dari wing chun, teknik bela diri turunan dari kung fu. Salah satu muridnya yang paling terkenal, saking terkenalnya kamu juga pasti tahu namanya, adalah Bruce Lee.

6. Railroad Tigers (2016)

Railroad Tigers yang tayang pada akhir 2016 mendapuk Jackie Chan sebagai pemeran utama. Tapi di film ini, sang master bela diri sudah terlihat lelah. Mungkin karena faktor usia yang memang nggak bisa dibohongi. Alhasil banyak adegan laga khas Jackie Chan yang akhirnya harus melalui proses editing.

Tapi bagusnya aksi yang ditawarkan tetap mengundang nikmat tersendiri bagi kita yang menontonnya. Terlebih lagi Railroad Tigers menyiapkan banyak amunisi humor untuk menghasilkan tawa segar, layaknya kebanyakan film-film Jackie Chan.

7. Kung Fu Yoga (2017)

Setahun setelah Railroad Tigers, Jackie Chan kembali beraksi dalam film Kung Fu Yoga. Jackie Chan memang nggak ada matinya ya. Produktivitasnya dalam bermain film mungkin hampir bisa disamakan dengan Reza Rahadian kalau di Indonesia. Dia lagi, dia lagi.

Tapi ya mau bagaimana lagi, film action yang dibintangi Jackie Chan memang nyaris nggak ada yang gagal. Saya tekankan sekali lagi ya, nyaris… bukan berarti semuanya sukses.

Kung Fu Yoga mengisahkan tentang dua orang arkeolog yang berusaha menemukan harta karun Magadha. Dalam perjalanan dua arkeolog itulah, cerita Kung Fu Yoga berkembang dengan dibarengi aksi laga berbalut komedi yang memukau.

Kalau mau dibandingkan dengan film lain yang juga berisi karakter arkeolog, saya rasa film yang disutradarai oleh Stanley Tong ini tampil lebih seru dan menghibur.

8. Kung Fu Hustle (2004)

Membicarakan film kungfu terbaik, maka kita nggak boleh juga melupakan kiprah seorang Stepen Chow, aktor yang juga sering berlaku sebagai produser, sutradara, dan penulis naskah.

Oke, media lokal Hong Kong banyak yang menjulukinya sebagai raja komedi. Tapi di balik itu, nggak sedikit film-film Stephen Chow yang juga dirasuki unsur kungfu.

Salah satu film kungfu terbaiknya adalah Kung Fu Hustle. Yang menarik dari film ini adalah penggunaan efek visual yang dianggap sudah lebih maju dibanding film lainnya kala itu. Menjadi wajar tatkala Kung Fu Hustle meraih enam penghargaan dari Festival Film Hong Kong.

9. Wu Xia (2011)

Donnie Yen kembali beraksi. Kali ini ia berlaga dalam film kung fu Wu Xia arahan sutradara Peter Chan. Film ini sendiri merupakan remake dari One Armed Swordsman (1960) yang dibintangi Jimmy Wang Yu. Menariknya, aktor Jimmy Wang Yu pun ikut terlibat dalam film ini meskipun hanya tampil sebagai pemeran pembantu.

Yang membuat beda Wu Xia dibanding film kung fu terbaik lainnya adalah visi dari sutradaranya. Dalam film ini, Peter Chan memasukkan elemen medis dan ilmu pengetahuan dalam aksi laganya. Penasaran ‘kan bagaimana hasilnya?

10. Fearless (2006)

Film kung fu terbaik yang satu ini mengisahkan salah satu tokoh bela diri Cina yang cukup melegenda yakni Huo Yuan-jia (1868-1910). Ia adalah mahaguru kungfu yang telah mengembalikan rasa harga diri dan kebanggaan nasional bangsa Tionghoa. Padahal pada masa ia hidup, imperialisme Jepang sedang merajalela dan menginjak-injak Tiongkok daratan.

Meskipun begitu Fearless bukan semata-mata film tentang perjalanan panjang seorang Yuan-jia, tapi juga tentang makna ilmu bela diri itu sendiri. Dibintangi oleh Jet Li, Fearless termasuk film yang berhasil tayang di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

11. The Knight of Shadows: Between Yin and Yang (2019)

Di deretan terakhir ada bonus film terbaru yang dibintangi Jackie Chan. Film ini sendiri agak unik karena bergenre fantasi. Menceritakan tentang Pu Songling (Jackie Chan) yang berprofesi sebagai pemburu setan legendaris. Dalam pekerjaannya, ia dan anak didiknya harus melacak iblis jahat yang memasuki dimensi manusia.

Film ini tayang di bioskop Indonesia tanggal 5 Februari 2019. Jadi bagi kamu yang rindu akan film-film kungfu, The Knight of Shadows: Between Yin and Yang bisa jadi alternatif tontonan.

Itulah daftar rekomendasi film kungfu terbaik yang bisa kamu tonton. Jika kamu punya pilihan lain, jangan ragu untuk berbagi ya.

9 Shares

Komentar:

Komentar