11 Fakta Yang Bikin Heath Ledger Layak Disebut Pemeran Joker Terbaik Di Film Batman

Dedikasinya sungguh luar biasa

:

Kalau ngomongin karakter antagonis terbaik dalam Batman, atau mungkin dari seluruh film superhero, kayaknya kita harus menyebut nama musuh abadi dari si Manusia Kelelawar: Joker.

Bahkan di beberapa komik diceritakan Joker bakalan frustrasi kalau Batman nggak mengejar dan mempedulikannya lagi. Begitu pula Batman; ada yang bilang kalau Batman nggak akan muncul bila Joker nggak ada. Hmm, mungkin semacam love-hate relationship, ya.

Tapi karena itu pula, saking pentingnya peran Joker, maka pemerannya dalam film haruslah yang terbaik. Nama-nama seperti Mark Hamill, Jack Nicholson, dan Jared Leto sudah pernah menjajal peran Joker. Namun, dari semua nama itu, ada satu nama yang bisa dibilang paling sukses.

Yup, dia adalah Heath Ledger, aktor yang sempat bikin publik geger dengan berita kematian mendadaknya beberapa saat setelah menyelesaikan syuting Batman: The Dark Knight. Bukan tanpa alasan kenapa Ledger pantas disebut Joker terbaik sampai saat ini. Seenggaknya 11 fakta di bawah ini bisa jadi alasan kuat.

1. Mengurung diri demi mendalami peran

11455
via providr.com

Ketika mendalami peran Joker, Heath Ledger mengurung diri di sebuah kamar hotel selama enam minggu. Di sana Ledger mendalami bagaimana cara tertawa, suara, dan karakter Joker yang mengerikan. Dia memang berniat membuat peran Joker jadi peran yang ikonik untuk dirinya.

Dan usahanya tersebut sepertinya nggak sia-sia.

2. Dipercaya oleh sutradara

2296
via providr.com

Dalam Batman: The Dark Knight, ada adegan di mana Joker mengirimkan video homemade ke GCN (Gotham City News) untuk meneror warga Gotham City. Kerennya, video itu benar-benar diarahkan sendiri oleh Heath Ledger.


Dalam video pertama, ketika Joker menyiksa Batman palsu, video tersebut masih disupervisi oleh sutradara Christoper Nolan. Tapi setelah melihat hasilnya, Nolan memutuskan untuk kasih kepercayaan penuh pada Heath Ledger untuk mengarahkan video keduanya.

3. Kehadirannya sangat berpengaruh pada film

3264
via providr.com

Aktor Michael Caine dan Maggie Gylenhaal sempat tak melihat kehadiran Heath Ledger saat pengambilan gambar di Wayne Enterprise. Hasilnya, mereka kaget betulan ketika Heath Ledger masuk dan mengacaukan pesta.

Saking kagetnya dan terbawa suasana yang chaos, Maggie Gylenhaal sampai nggak berani melihat ke arah Ledger. Sedangkan Michael Caine benar-benar lupa dialog yang harus dia katakan.

4. Makeup hasil arahan sendiri

Fakta Heath Ledger pemeran Joker
via providr.com

Seluruh tim makeup bekerja membuat makeup Joker sesuai dengan arahan Ledger. Riasan wajahnya sendiri terinspirasi dari makeup Brandon Lee di film The Crow.

5. Scene tepuk tangan

511
via providr.com

Kamu tahu ‘kan adegan ikonik di mana Joker bertepuk tangan mengejek dari dalam penjara ketika Gordon mendapat promosi sebagai komisioner? Yap, momen tersebut sebenarnya nggak ada di naskah. Itu hasil improvisasi Ledger sendiri.

Christoper Nolan pun dibikin terkesan dengan improvisasi tersebut dan tanpa ragu menyuruh seluruh kru film untuk melanjutkan film.

6. Ciri khas yang kuat

616
via providr.com

Kalau kamu perhatikan, Heath Ledger sering menjilat bibirnya ketika berperan sebagai Joker. Hal itu dia lakukan agar bibirnya tetap lembab, dan memang dibutuhkan agar ia bisa mengeluarkan suara khas Joker dengan baik.

Namun, hal itu justru menjadi salah satu ciri khas dari Joker di film tersebut karena Ledger melakukannya secara konsisten.

7. Tetap menjadi Ledger yang biasa ketika tidak syuting

7373
via providr.com

Banyak yang menyangka kalau saking kuatnya usaha Heath Ledger dalam mendalami perannya, dia selalu terlihat kelam dan jahat saat nggak lagi proses syuting.

Namun, hal itu salah besar.

Apa yang hebat dari Ledger adalah dia bisa mengatur emosinya, baik itu ketika di tengah proses maupun di luar syuting. Bahkan kru film mengaku sering melihat Ledger bermain skateboard dengan kostum Joker ketika dia sedang istirahat.

8. Ingin adegan senatural mungkin

8135
via providr.com

Heath Ledger ingin membuat semua adegan terlihat natural dan sempurna. Dalam adegan di mana Batman menginterogasi Joker, Christian Bale mengaku bahwa Ledger memintanya untuk nggak menahan diri dan benar-benar memukulnya. Hal ini dia lakukan agar semua adegan yang dia mainkan terlihat asli dan natural. Sungguh dedikasi yang luar biasa, ya.

9. Catatan yang dibuat untuk mengendalikan emosi

10285
via providr.com

Salah satu cara agar Ledger bisa kembali ke perannya ketika dia bersiap-siap untuk syuting adalah dengan melihat sebuah catatan yang selalu dibawanya. Catatan yang berisi berbagai macam berita mengerikan, gambar-gambar disturbing, dan hal-hal mengerikan itu membuat ia bisa kembali menyelami karakter Joker.

Di akhir syuting, Ledger menulis kata “BYE BYE” di halam akhir note tersebut.

10. Meminta saran langsung dari Jack Nicholson

1672
via providr.com

Selain Ledger, Jack Nicholson juga dinilai sukses dalam memerankan karakter Joker. Ledger langsung pergi mewawancarainya setelah mendapatkan peran Joker di film Batman: The Dark Knight.

Jack Nicholson pun berpesan, “Peran sebagai Joker akan menghantuimu. Peran itu sangatlah kelam, hingga mungkin kamu tidak akan bisa tidur. Tapi, nikmatilah peranmu sebagai Pangeran Badut Kriminal, karena hal itu sangatlah menyenangkan”.

11. Menerima penghargaan

21117
via providr.com

Bukti bahwa Heath Ledger sukses memerankan Joker dengan baik adalah dengan diganjarnya dia dengan berbagai penghargaan. Ledger bahkan mendapat setidaknya 32 nominasi sebagai Best Actor in a Supporting Role. Dari 32 nominasi tersebut, hanya dua di antaranya yang gagal dimenangkan, yakni penghargaan di Satellite Awards dan The London Film Critics’ Circle Award.

Dengan memenangkan Best Actor in a Supporting Role dalam Academy Award, peran Joker yang dimainkan Heath Ledger juga membuat Batman: The Dark Knight satu-satunya film adaptasi komik yang bisa dapat penghargaan dalam kategori utama.

Nah itu dia guys fakta-fakta menariknya. Jadi, menurut kamu, pantaskan Heath Ledger disebut sebagai pemeran Joker terbaik di film Batman? Tulis komentar kamu, ya.

Sumber: Providr

Komentar:

Komentar