10 Set Film yang Dibuat dengan Sangat Detail, Pasti Bisa Bikin Kamu Terkesima Melihatnya

Jangan disamakan dengan LEGO nih

CGI bisa dibilang sebagai teknik efek visual paling populer dalam dunia perfilman saat ini. Monster yang nggak mungkin ada di dunia nyata pun bisa terlihat seperti asli kalau CGI sudah turun tangan. Yaah, kecuali kalau filmnya cuma punya bujet rendah. Alih-alih terlihat nyata, itu monster mungkin bakal kamu tertawai.

Tapi jangan salah lho. Film-film zaman sekarang pun ternyata masih ada yang memakai set miniatur dan kostum ketimbang CGI. Cara klasik terkadang memang menghasilkan efek yang lebih ciamik daripada cara modern. Buktinya 10 film ini yang mengandalkan kumpulan miniatur yang ditata dengan sangat detail, sampai-sampai mungkin bisa bikin kamu terkesima sama detailnya.

Seperti dirangkum dari Brightside, ini dia daftarnya.

1. Ghostbusters (1984)

©Columbia Pictures via buzzfeed.com

Sekarang kita sedang membicarakan salah satu film komedi pertama yang memakai efek visual di dalamnya. Film tersebut adalah Ghosbuster yang dirilis di tahun 1984. Nah, orang yang bertanggung jawab untuk produksi desain di film ini adalah John DeCuir, sosok yang sebelumnya dapat nominasi Oscar sebanyak 11 kali!

Jadi wajar dong kalau dia serius banget waktu kerja. Dia bahkan menciptakan beberapa objek memakai bahan foamcore untuk digunakan pada film tersebut, termasuk kostum The Stay Puft Marshmallow Man.

2. The Matrix Reloaded (2003)

© Village Roadshow Pictures © Warner Bros. Pictures via filminamerica.com

Pernah nonton The Matrix Reloaded? Apa kamu masih ingat dengan adegan kejar-kejaran Trinity dengan Twins dan Agent Smith di jalan tol? Demi membuat adegan tersebut terlihat sangat nyata, pihak studio sampai niat banget bikin jalan tol palsu di kawasan California, Amerika.

Dan yang lebih uniknya lagi, set film yang sudah capek-capek dibuat itu dihancurkan begitu saja setelah pengambilan gambar selesai.

3. Independence Day (1996)

© 20th Century Fox via brightside.me
via brightside.me

Independence Day tepat dibuat ketika dimulainya era digital. Hal tersebut bisa dilihat dari penggunaan motion-control cameras untuk pengambilan gambarnya. Meskipun menggunakan teknik pengambilan gambar yang mutakhir pada zamannya, film ini masih tetap memakai miniatur. Nggak tanggung-tanggung, untuk menciptakan adegan ledakan di Gedung Putih, pihak studio membuat dua miniatur yang berukuran berbeda: versi 5 kaki (1,5 meter) dan 15 kaki (4,5 meter).

4. Jaws

via pinterest.com / © Universal Pictures
via noteabley.com

Kita semua tahu kalau hiu dalam Jaws itu kerjaannya meneror orang-orang. Tapi Steven Spielberg dan para kru film menyayangi si hiu ganas ini. Saking sayangnya, mereka bahkan memberi hiu buatan ini nama, Bruce, yang diambil dari nama pengacaranya Spielberg. Sampai saat ini Bruce masih terkenal kok. Nggak cuma pernah tampil di film Finding Nemo, bahkan dia punya laman Facebook sendiri!

5. The Lord of the Rings: The Two Towers (2002)

© New Line Cinema via buzzfeed.com
via brightside.me

Pada gambar di atas kamu bisa lihat miniatur dari benteng Isegard yang dikuasai oleh Saruman. Keren ya?

Ya, trilogi Lord of the Rings pastilah membekas di hati banyak orang sebagai salah satu film fantasi terbaik yang pernah dibuat. Bahkan untuk membuat desain tanah Middle Earth, para kru membutuhkan waktu selama 1000 hari demi menciptakan 72 miniatur, termasuk miniatur Helm’s Deep.

6. The Hobbit: An Unexpected Journey (2012)

© New Line Cinema © Warner Bros.Pictures via stuff.co.nz

Prekuel dari film Lord of the Rings ini sebetulnya sudah memasuki era dominasi penggunaan CGI. Tapi Peter Jackson kayaknya nggak mau coba-coba untuk urusan set film. Buktinya untuk mengambil seluruh gambar yang dia butuhkan, lebih dari 100 set film dibangun di tanah seluas 8 hektar di Selandia Baru.

7. Titanic (1997)

© Paramount Pictures © 20th Century Fox via themysteryworld.com
via k.sina.cn

Titanic merupakan salah satu film yang menghabiskan biaya produksi paling mahal di abad 20. Sebagian besar biaya produksi dialokasikan untuk pembuatan set film, atau lebih tepatnya pembuatan replika kapal Titanic dengan ukuran yang sama dengan kapal aslinya. Uniknya, biaya produksi film ini jauh lebih besar daripada pembuatan kapal Titanic yang asli.

8. Blade Runner 2049

© Warner Bros.Pictures © Sony Pictures via brightside.me 

Blade Runner 2049 bisa dikatakan sebagai sekuel yang pantas bagi film pendahulunya. Nggak hanya karena kehebatan peran Ryan Gosling dan Harrison Ford, tapi kita juga dimanjakan dengan efek visual yang begitu indah.

Tapi kebanyakan visual efek yang hadir di Blade Runner 2049 tercipta bukan melalui penggunaan teknik CGI, melainkan dari kumpulan miniatur yang dibuat sebegitu rumitnya. Untuk menciptakan tampilan kota yang futuristik, para kru membangun 37 bangunan berskala 1:48.

9. 2001: A Space Odyssey (1968)

© Metro-Goldwyn-Mayer via pinterest.com

Film karya Stanley Kubrick ini mungkin bisa dibilang pelopor untuk urusan pembuatan desain yang futuristik. Kamu pasti nggak kebayang ‘kan kalau dalam film tersebut Kubrick bikin semacam alat komunikasi yang bisa digunakan untuk video-call. Semua visual efek yang ada di film ini memang menakjubkan. Bahkan untuk membuat kita seolah-olah berada di luar angkasa, Kubrick bersama timnya mengembangkan teknik pengambilan gambar khusus, slit-scan shots.

Teknik pengambilan gambar ini dibantu dengan setting yang berputar secara terus menerus (seperti dalam roda) yang membuat kita merasa seolah-olah adegan itu berada di tempat yang tak memiliki gaya gravitasi. Hasilnya fantastis bukan?

10. Star Wars: The Empire Strikes Back (1982)

via lucasfilm.com
via shotonwhat.com

Melihat petarungan Imperial Walker melawan X-wing Fighters di padang salju jelas bikin kita takjub dengan teknologi yang ada di film tersebut. Ya, film Star Wars: The Empire Strikes memang merupakan salah satu contoh film yang berhasil menampilkan visual efek yang fantastis, tanpa memakai green screen atau CGI. Mereka bahkan membuat 60 set untuk dipakai dalam film ini. Visual efek zaman dulu memang masih sederhana, tapi hasilnya luar biasa.

Gimana menurut kamu setelah melihat beberapa desain dari set film yang pastinya rumit dan susah banget dibuatnya, apa kamu lebih tertarik dengan CGI? Share pendapat kamu di kolom komentar ya!

59 Shares

Komentar:

Komentar