10 Kostum Superhero Marvel Versi Film yang Kalah Keren ketimbang Versi Komiknya

Kalah jauh...!

:

Kamu pasti tahu kalau kebanyakan film superhero dari Marvel itu sebenarnya hasil adaptasi dari komik. Tapi yang namanya adaptasi, pasti ada yang sukses dan ada pula yang gagal. Begitu juga saat kita membicarakan tentang kostum dari para pahlawan super ketika diadaptasi jadi film. Pernah membayangkan gimana jadinya kalau Captain America cuma pakai kaus oblong dan celana boxer (lengkap dengan handuk di bahu) ketika lagi beraksi? Nah, kira-kira seperti itulah kostum hasil adaptasi yang gagal.

Meskipun daftar kostum adaptasi milik superhero Marvel ini nggak seekstrem ilustrasi di atas, tetap saja penampakannya nggak bisa dibilang bagus. Dengan kata lain, ini adalah daftar kostum adaptasi yang buruk. Penasaran lihat penampakannya? Ini dia daftarnya seperti yang dilansir dari Ranker. Enjoy…

1. Doctor Strange – Dr. Strange (1978)

via cineenserio.com

Mungkin masih teringat oleh kamu aksi keren Bennedict Cumberbatch yang tampil dengan kostum penyihir dan jubah ajaibnya di film Doctor Strange. Nah, kostum Doctor Strange di film tersebut ternyata nggak beda jauh dengan komiknya.

Tapi, jika kita membandingkan dengan versi serial televisinya yang tayang di tahun 1978, kekerenan Doctor Strange yang kita tahu selama ini seakan sirna. Lihat tuh kostumnya pada foto di atas. Jubah sutra kasual, perhiasan yang mencolok, lengkap dengan senyum manja yang genit-genit basah. Wah, jangan-jangan ini alasan lain kenapa ia dinamakan Doctor Strange (Doktor Aneh).

2. Captain America – Captain America (1970)

via denofgeek.com

Hmm… kalau mesti membandingkan degan versi komiknya, tentu Captain America di acara televisi tahun 1970 ini kalah gagah kalau dilihat dari kostumnya. Helmnya kelihatan ngeganggu banget nggak sih? Apa nggak ribet melawan penjahat kalau pakai helm motor kayak gitu? Kesannya kok Captain America kayak terpaksa beli helm di pinggir jalan karena takut ada razia.

3. Red Skull – Captain America (1990)

via govosopifu.100.mu

Banyak yang setuju kalau kostum Red Skull di film Captain America kurang menggigit. Terutama karena ukuran kepalanya yang kebesaran. Menurut kamu gimana? Kalau saya sih, serasa lagi lihat cilok yang dilumuri saos.

4. Bullseye – Daredevil (2003)

via marvel-movies.wikia.com

Awal tahun 2000 adalah masa ketika film Matrix mulai terkenal. Lalu entah mengapa film superhero seakan tertular sindrom kostum “jas hujan” ala Matrix. Salah satunya yaitu kostum jas Bullseye yang terbuat dari kulit buaya. Kalau dibandingkan dengan karakter komiknya, pasti semua penggemar Marvel lebih memilih kostum Bullseye versi komik deh ketimbang filmnya.


Jadi bisa dibilang, Bullseye versi film = endorser jas hujan?

5. Juggernaut – X Men 3

via ranker.com

Kamu setuju nggak kalau pemilihan kostum Juggernaut di film X-Men 3 gagal total? Helmnya kayak terbuat dari batu. Belum lagi baju kulitnya kelihatan nanggung banget, cuma nutupin sebagian dadanya aja. Juggernaut sepertinya malu kalau putingnya kelihatan, meskipun ia nggak masalah memperlihatkan pusar dan bulu perutnya yang seksi.

Ayolah, nggak semua superhero yang kekar itu mesti buka-bukaan ‘kan? Seandainya kamu karakter penjahat, kebayang nggak kalau kamu dikejar-kejar Juggernaut yang pakai kostum kayak gitu? Kalau saya sih, saya bakal ketawa ngakak di hadapan Juggernaut. Nggak apa-apa dah diseruduk, asalkan saya bisa puas menertawainya.

6. Rogue – X-Men

via ranker.com

Bila saya sebelumnya nggak tahu apa-apa soal Rogue, saya mungkin bakal menyangka wanita dalam foto di atas sebagai mbak-mbak biasa yang kebetulan lagi pakai baju kulit. Lebih tepatnya, mbak-mbak yang lagi pakai baju kulit sedang berpose di depan kamera.

Coba kamu perhatikan sendiri deh. Kostumnya cenderung hambar, sama sekali nggak nunjukkin ciri-ciri superhero. Padahal di komiknya, Rogue digambarkan sebagai wanita yang memiliki daya tarik tersendiri.

7. The Punisher – The Punisher

via ranker.com

Dari sudut mana pun kamu melihatnya, ini cuma Dolph Lundgren yang mengenakan pakaian hitam abu dengan pistol di tangannya. Nggak ada bau-bau superhero atau simbol tengkorak yang jadi ciri khas The Punisher. Awalnya saya kira pria dalam foto tersebut cuma polisi yang lagi nyamar jadi preman.

8. Rhino – The Amazing Spiderman 2 (2014)

via screencrush.com

Asal-muasal karakter Rhino di komik Marvel berpusat pada terperangkapnya ia di dalam kostum badak. Tapi di film The Amazing Spiderman 2, karakter Rhino berubah drastis menjadi… hmm… Transformer?

9. Deadpool – X-Men Origins: Wolverine (2009)

via technobuffalo.com

Penggemar komik Marvel pasti sadar kalau Deadpool itu yang karakter paling banyak bacot di antara superhero. Di balik kostum merahnya yang khas, ia seakan bisa “membunuh” orang dengan lidah tajamnya. Dan kalau misalnya kamu seorang penjahat yang terkejut melihat penampilan cacat Deadpool, ia dengan senang hati akan menceritakan kisah masa lalunya ke kamu.

Tapi di film X-Men Origins: Wolverine, Deadpool tampil dengan mulut terjahit rapat. Penggemar Deadpool pasti kecewa karena tokoh yang pintar bersilat lidah itu tiba-tiba jadi bisu.

10. Captain America – Captain America (1944)

via six-shooter.de

Nah, ini dia “nenek moyang” Captain America versi layar kaca. Kostumnya simpel banget. Dan bisa jadi yang dikenakan di kepalanya itu cuma masker ski dengan huruf A.

Jikalau huruf A di masker skinya itu dihilangkan, Captain America terlihat nggak ubahnya seperti perampok bank di film-film.

Itu dia 10 adaptasi kostum karakter komik Marvel yang dinilai paling mengecewakan. Apa kamu sependapat dengan daftar di atas? Atau kamu punya referensi kostum superhero lain yang nggak kalah mengecewakannya?

Komentar:

Komentar