10 Komik Horor Terseram yang Cocok untuk Menemani Malam Kamu!

Buka handphone kamu dan catat tanggal rilisnya

Kayaknya nggak perlu dibantah lagi kalau genre horor dibuat untuk menakut-nakuti dan membuat penikmatnya merasa tegang. Banyak orang yang sudah membuktikan efek dari genre ini dengan menonton film atau membaca novel/cerpen. Tapi, bagaimana kiranya jika kita membicarakan tentang komik horor? Apakah “efek horor”nya masih akan terasa kental bila dibandingkan film dan novel?

Eits, jangan salah. Banyak kok komik horor yang kualitasnya bagus. Contohnya seperti 10 komik/manga horor ini, yang cocok untuk dijadikan bahan bacaan sebelum kamu tidur.

 1. Uzumaki

via pinterest.com
via pinterest.com

Cerita manga ini berkisar pada seorang bocah di suatu desa yang ingin menjadi Hokage… Eh, bukan, bukan. Itu manga yang lain, dan nggak pantas ada di dalam daftar ini.

Uzumaki di sini bisa diartikan juga menjadi spiral. Yup, judul ini memang pas untuk menggambarkan isi manganya sendiri. Alasannya? Karena manga ini menceritakan tentang obsesi penduduk suatu kota di Jepang terhadap bentuk spiral.

Entah apa yang dipikirkan Junji Itou, sang pengarang, saat membuat karya ini, tapi idenya bisa disebut kreatif dan unik. Siapa yang menyangka obsesi terhadap spiral bisa berubah menjadi sesuatu yang mengerikan?

Nggak percaya? Well, hati-hati spoiler. Salah satu karakter di manga ini sampai berbuat sesuatu yang brutal saking terobsesinya ia dengan spiral: ia melilit tubuhnya sendiri hingga menyerupai bentuk spiral (lihat saja gambar di atas).

2. Gyo

via pinterest.com
via pinterest.com

Satu karya lain dari sang “Master of Horror” Jepang. Plotnya sendiri terdengar sedikit konyol sih, dimana makhluk-makhluk laut seperti ikan hingga hiu menyerbu daratan dan membuat kepanikan besar pada manusia.

Tapi, jangan ragukan kecerdasan Itou dalam meramu hal-hal ganjil dan seram di manga ini. Konon katanya, sutradara kenamaan seperti Guillermo del Toro saja mengagumi karya-karya Itou. Salah satunya adalah Gyo.

3. Tomie

via nyanko-san.blogspot.com
via nyanko-san.blogspot.com

Karya Junji Itou ini sudah mendapat kesuksesan besar sebagai manga dan bahkan sudah dijadikan franchise film. Walaupun masih kalah tenar jika dibanding Ringu atau Ju-on.

Tomie sendiri merupakan nama seorang gadis dalam manga ini. Diceritakan, ia adalah gadis yang sangat cantik, sekaligus penggoda ulung, sehingga laki-laki yang ada di sekitarnya bisa dipastikan bertekuk lutut di hadapannya.

Tapi, setiap laki-laki yang dikencaninya selalu berakhir cemburu padanya. Saking cemburunya, mereka seolah nggak berpikir dua kali untuk menghabisi nyawa Tomie (dengan cara yang sangat kejam pula).

Dan setiap mereka selesai membunuhnya, nggak lama berselang Tomie selalu muncul kembali dalam keadaan sehat walafiat dan segar bugar. Jadi, siapa sebenarnya Tomie? Kenapa ia selalu kembali dari kematian?

4. Fuan no Tane

via japanator
via japanator.com

Sumpah, meskipun manga ini cuma terdiri dari kumpulan cerita-cerita pendek (pendek banget, rata-rata satu cerita selesai dalam lima halaman), tapi setiap ceritanya mampu membuat bulu kuduk merinding.

Nggak cuma dari sisi cerita, gambarnya pun bagus dan bisa membuat kamu merasa nggak nyaman melihat sosok-sosok penampakan yang dibuat oleh Makayama Masaaki ini.

Settingnya sering kali mengambil tempat-tempat yang dekat dengan kita, seperti rumah atau sekolah. Mungkin karena kedekatan itulah manga ini terasa semakin mencekam.

5. Kouishou Radio

via buzzfeed.com
via buzzfeed.com

Manga yang dibuat oleh orang yang juga mengarang Fuan no Tane. Sama seperti Fuan no Tane, manga ini juga terdiri dari bagian-bagian cerita yang tidak memiliki hubungan satu sama lainnya. Yang paling penting, Kouishou Radio nggak kalah seramnya dari karya Masaaki lainnya.

6. Hideout

via ladygeekgirl.wordpress.com
via ladygeekgirl.wordpress.com

Nah, kalau manga karangan Kakizaki Masumi ini sebenarnya lebih cocok masuk ke ranah thriller, meskipun sentuhan horor masih terasa di dalamnya. Entah bagaimana pendapat kamu jika membacanya nanti, tapi Hideout bisa membuat perasaan bercampur aduk. Awalnya, kamu mungkin bersimpati pada sang karakter utama. Tapi lama kelamaan, mungkin simpati itu bisa menghilang.

Alurnya yang maju-mundur terasa pas untuk membuat kamu penasaran apa yang terjadi pada masa lalu tokoh utama dan istrinya.

7. Zashiki Onna

via myanimelist.net
via myanimelist.net

Bayangkan jika kamu lagi enak-enaknya santai di kostan, lalu saat tengah malam tiba-tiba ada yang mengetuk pintu kamar sebelahmu. Orang yang mengetuk itu perempuan. Tapi, jangan mengira kamu mendapat durian runtuh, karena perempuan ini ternyata seorang stalker atau penguntit yang tidak akan melepaskan pandangannya darimu.

Mungkin pengarang manga ini, Mochizuki Minetaro, ingin mengingatkan pembacanya agar berhati-hati jika ada orang tidak dikenal mengetuk pintu apartemen atau kostan.

8. The Enigma of Amigara Fault

via japanator.com
via japanator.com

Jika di Uzumaki orang-orang terobsesi pada spiral, maka dalam manga pendek ini mereka terobsesi pada lubang yang muncul di pegunungan setelah terjadinya gempa bumi. Anehnya, lubang-lubang itu seolah dibuat untuk orang tertentu, karena seseorang hanya bisa memasuki satu lubang yang ukurannya pas dengan orang tersebut.

Dan manga ini dibuat oleh… Junji Itou.

9. Jisatsu Circle

via senpaimanga.blogspot.com
via senpaimanga.blogspot.com

Kalau kamu pernah membaca artikel tentang film thriller Asia, kamu akan menemukan nama Suicide Club berada di antara daftar film. Yup, Suicide Club memang hasil adaptasi manga karya Furuya Usamaru ini.

Nggak beda jauh dengan filmnya, Jisatsu Circle mengisahkan tentang bunuh diri massal yang seolah menjadi tren di kalangan pelajar remaja.

10. Dragon Head

via neoverso.com
via neoverso.com

Perjalanan pulang dari karya wisata seharusnya menyenangkan, bukan? Tapi, bagaimana jadinya bila kereta api yang ditumpangi mengalami kecelakaan setelah gempa bumi besar, dan membuat kereta terkubur di dalam terowongan. Sepertinya jauh dari kata menyenangkan.

Apakah ada penumpang lain yang selamat? Tentu ada, dua orang! Mereka adalah seorang teman perempuan dan seorang teman yang… agak aneh.

Itulah keadaan yang mesti dihadapi oleh sang karakter utama dalam manga karya Mochizuki Minetaro ini. Dengan persediaan makanan dan oksigen yang makin menipis, apa yang akan dilakukan olehnya kemudian? Baca saja komiknya sendiri, hehehe.

Bagaimana, sudah siap membaca deretan manga ini sebelum kamu tidur?

- Advertisement -
Shares 129

Komentar:

Komentar