Yuk, Kita Intip Bagaimana Keseruan Hari Pertama IdeaFest 2018

Masih ada hari kedua lho

:

Sejak didirikan pada awal 2015, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menjadi badan yang tugasnya membantu Presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif. Yang dimaksud ekonomi kreatif menurut Bekraf dijelaskan dalam 16 sub sektor kreatif yang terdiri dari; aplikasi dan pengembang permainan, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film, animasi, dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, & televisi dan radio.

Dalam mengembangkan sub sektor industri kreatif tersebut, tentunya butuh dukungan dari segala lapisan masyarakat, terutama para pelaku yang terlibat langsung. Salah satunya adalah gelaran IdeaFest 2018 yang diseleggarakan di Jakarta Convention Center pada 26-27 Oktober 2018.

Pintu masuk ke IdeaFest 2018/Selipan/Raja Lubis

Terus, apa saja keseruan yang ada di hari pertama Ideafest 2018? Pertama ada…

Ideatalks

Ideatalks menghadirkan lebih dari 150 pembicara yang mencakup 16 sub sektor industri kreatif yang dibagi-bagi ke dalam 10 kelas. Di masing-masing kelas itu terdapat 7-9 sesi. Jadinya, pengunjung harus mengatur jadwal kelas mana saja yang ingin diikuti karena setiap kelasnya dilaksanakan berbarengan. Bentuk kelasnya sendiri semacam workshop atau seminar.

Pengunjung harus antre setiap masuk ke kelas untuk mengikuti Ideatalks/Selipan/Raja Lubis

Beberapa di antaranya adalah kelas tentang travelling yang diisi oleh aktor Christian Sugiono selaku produser dari acara Jalan-Jalan Men. Pernah dengar? Ya, itu acara travelling yang memang hanya tayang di channel Youtube. Selain itu ada juga kelas tentang kuliner yang diisi dari perwakilan pelaku kuliner seperti Whatsup Cafe, Chicken Crush dan Tahu Jeletot Taisi.

Khusus untuk Ideatalks hanya dilaksanakan pada hari pertama Ideafest digelar, yakni 26 Oktober 2018

Ideatalks: Scalling up Your Cullinary Business/Selipan/Raja Lubis

Ideaexperience

Ideaexperience adalah program baru di Ideafest 2018. Bentuknya sendiri berupa aktivitas dua arah yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Jadi jika di Ideatalks pengunjung cenderung pasif, di IdeaExperience pengunjung bisa aktif melakukan berbagai aktivitas yang disediakan.


Secara garis besar, ada empat aktivitas di Ideaexperience yakni Telkomsel Experience Zone, Blibli O2O Market, LyfeFest by DBS, dan Cornea Room.

Lyfe Fest by DBS diisi juga oleh pembicara dari generasi muda/Selipan/Raja Lubis

Di Telkomsel Experience Zone, pengunjung bisa melihat gambaran teknologi masa depan seperti IoT (Internet of Thing), Digital Lifestyle, Mobile Financial Service, hingga Digital Library. Sementara di Blibli O2O Market, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai produk yang dijual di situs Blibli, yang kali ini dipamerkan secara offline. Lain lagi dengan LyfeFest by DBS yang fokus pada penawaran paket perjalanan yang spesial.

Banyak produk lokal yang bisa dibeli di Blibli O2O Market/Selipan/Raja Lubis

Nah, kalau kamu ketinggalan Ideafest hari pertama, kamu masih bisa ikut aktivitas di hari kedua.

Oh ya, ngomong-ngomong soal hari kedua, agenda acara Conference juga akan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober lho. Bertempat di Planery Hall, Conferece akan menghadirkan sekitar 14 pembicara yang akan mengisi acara secara bergantian.

Dari informasi yang diberikan panitia, Conference akan dibuka pada pukul 09.45 oleh MC Iwet Ramadhan & Melissa Karim. Dilanjutkan welcoming speech dari Andi Sadha selaku C0-Chairman Idefest 2018. Selanjutnya acara akan diisi oleh tokoh-tokoh seperti Najwa Shihab (founder Narasi TV), Andy F. Noya (jurnalis), Arief Yahya (Menteri Pariwisata), hingga Mario Kassar (produser Hollywood).

Komentar:

Komentar