Ini Dia Deretan Tokoh Inpiratif yang Bakal Hadir di Gelaran Ideafest 2018

Orang-orang yang bisa kamu jadikan panutan di ranah industri kreatif

:

Festival berbagi inspirasi buat para penggiat industri kreatif Indonesia sebentar lagi bakal digelar nih. Yup, 26-27 Oktober nanti Ideafest 2018 akan kembali lagi menghadirkan tokoh-tokoh ternama di ranah industri kreatif. Sebelumnya Selipan udah ngasih informasi ke kamu mengenai rangkaian acara seru di Ideafest 2018. Tapi kamu belum tahu ‘kan siapa saja nama beken yang bakal berbagi pengalaman dan ide kreatif di Ideafest nanti?

Oke, daripada penasaran yuk kita intip deretan tokoh inspiratif Ideafest 2018 yang bakal ngasih kamu ‘wejangan’ buat mengembangkan karier di bidang industri kreatif. Check this out!

1. Agung Hapsah

via instagram @ideafestid

Yang sering mantengin Youtube pasti nggak asing lagi sama Agung Hapsah deh. Ya betul, Agung Hapsah merupakan salah satu Youtuber top Indonesia saat ini. Video Youtube karya Agung Hapsah banyak disukai netizen karena dianggap menghibur, lucu, dan juga inspiratif.

Kabarnya, Agung Hapsah hobi bikin video sedari umur 11 tahun lho. Semenjak itu dia terus mengasah kemampuan videografinya secara otodidak. Bukti dari kualitas kontennya sendiri bisa dilihat dari video-videonya yang sudah ditonton lebih dari 50 juta kali di Youtube.

2. Raditya Dika

via instagram @ideafestid

Siapa coba yang nggak kenal Raditya Dika? Kayaknya agak aneh juga ya kalau kamu nggak kenal sama komedian satu ini. Selain jadi komedian, Raditya Dika juga dikenal sebagai penulis, Youtuber, dan pembuat film. Dia juga termasuk salah satu Youtuber Indonesia pertama yang menerima penghargaan ‘Youtube Partner Rewards’.

Saat ini Raditya Dika bekerja sebagai direktur sekaligus editor-in-chief di Bukune Publishing House. Mumpung dia bakal ikutan Ideafest, sekarang kesempatan kamu nih buat menimba ilmu dari Raditya Dika. Barangkali juga kamu bisa jadi mewarisi ilmu mengocok perutnya!?

3. TB Putera

via instagram @ideafestid

Nah, kalau ngomongin soal video editing, ini dia masternya. Tubagus Putera terkenal lewat video-video berdurasi singkat di Vine. Karya-karyanya banyak berisikan kolaborasi antara dirinya dengan berbagai brand kenamaan dari dalam maupun luar negeri. Beberapa prestasi yang pernah diraihnya yaitu Armstrong Vine Awards 2015 di New York, dan Snackable Awards Creator of the Year 2018, di Paris.

4. Zinnia Nizar

via instagram @ideafestid

Setelah menyelesaikan studi desain grafis di beberapa universitas luar negeri, Zinnia Nizar kembali ke Indonesia dan menjabat sebagai presiden Asosiasi Desainer Grafis Indonesia di tahun 2014-2017. Sebagai desainer, Zinnia Nizar juga pernah aktif di lembaga komite industri ekonomi pemerintah selaku pemimpin sektor desain.

Kabarnya, saat ini Zinnia Nizar aktif sebagai fasilitator di Apple Developer Academy, organisasi yang bertujuan memperkuat ekonomi Indonesia lewat pembinaan para pengembang aplikasi smartphone.

5. Fathia Izzati

via instagram @ideafestid

Di usianya yang masih muda, Fathia Izzati sudah jadi musisi dan vlogger terkenal di Indonesia. Gadis cantik kelahiran Jakarta ini sering membawakan kembali lagu-lagu populer dunia lewat videonya di Youtube. Sama seperti Agung Hapsah, Fathia juga suka membuat video tentang kesehariannya dan juga berbagai keresahan yang sering dialami generasi millennial.

Konten-konten kreatif buatan Fathia membuat kanal Youtube miliknya kini diikuti lebih dari 500 ribu netizen.

6. Ria Sarwono

via instagram @ideafestid

Kamu yang berlangganan produk fashion Cottonink pasti nggak asing lagi sama Ria Sarwono. Yup, dialah pendiri, desainer, sekaligus direktur marketing perusahaan fashion, Cottonink. Bersama partnernya, Carline Darjanto, Ria Sarwono mulai membangun Cotonink sejak tahun 2008. Seiring perkembangannya, Ria dan Cottonink sempat memperoleh berbagai prestasi di industri fashion Indonesia.

Beberapa di antaranya yaitu Best Innovative Local Brand di CLEO Fashion Award 2010, Free! Magz Favorite Local Label, Best Innovative Local Brand 2011 oleh InStyle Magazine. Yang paling mengesankan mungkin penampilan produk Cottonink di gelaran fashion terbesar Indonesia, Jakarta Fashion Week 2011.

7. Andanu Prasetyo

via instagram @ideafestid

Inilah sosok di balik kesuksesan Toko Kopi Tuku di Jakarta. Andanu Prasetyo pertama kali mendirikan Kopi Tuku tahun 2015 di daerah Cipete, Jakarta Selatan. Sekarang kedai kopi tersebut berkembang pesat dan punya beberapa cabang di kawasan Bintaro dan Pasar Santa.

Konon, Kopi Tuku sekarang lagi ngehits di Jakarta dengan penjualan mencapai 1000 cangkir per hari. Nggak heran deh kalau banyak konsumen yang rela ngantre buat dapat segelas kopi susu di kedai milik Andanu Prasetyo tersebut.

8. Jaeson Ma

via youtube.com

Buat kamu yang belum tahu, Jaeson Ma merupakan musisi, enterpreneur, misionaris, dan produser musik asal Amerika Serikat. Di bidang musik, Jaeson pernah jadi rapper dan mendirikan perusahaan pencari bakat East West Artist. Kabarnya, Ma juga disebut-sebut pernah jadi mentorĀ  artis Korean pop seperti 2ne1, Sooyoung dan Tiffany (anggota SNSD), Choi Siwon (Super Junior), After School, dan Big Bang.

Beberapa sumber mengatakan kontribusi Jaeson Ma di ranah K-Pop dilatarbelakangi oleh kekhawatirannya pada tingkat bunuh diriĀ  yang cukup tinggi di industri hiburan Korea Selatan.

Selain kedelapan nama di atas, ada juga sejumlah tokoh industri kreatif yang juga bakal hadir mengisi gelaran Ideafest 2018 nanti. Axton Salim (Direktur Indofood Group), Trivet Sembel (Co-founder & Direktur Eksekutif Proud Media Group), Adytra Bimo (Founder Running Rage), Wahyu Icwandardi a.k.a Ponot (seniman dan videografer Vine), Reza Gunawan (praktisi penyembuhan holistik), dan Ayla Dimitri (Selebgram yang terkenal lewat foto-foto fashion dan lifestyle-nya) hanyalah beberapa nama di antara deretan pelaku industri kreatif di Ideafest 2018.

Oh iya, di tahun ini Ideafest juga bakal menyelenggarakan kembali SPICE UP! Boot camp. Nah, buat kamu yang pengin dapet bimbingan kewirausahaan khususnya di bidang Food & Beverage, boleh coba ikutan nih. Kalau terpilih, kamu bisa langsung dapat petuah mengenai pengembangan bisnis dan berbagai tantangannya. Kamu juga bakal dihubungkan dengan mentor senior (tergantung industri F&B yang dijalani), media, dan juga investor.

Gimana, banyak banget ‘kan figur inspiratif yang bisa kamu temui di Ideafest 2018 nanti? Yaa, dengan begitu semoga saja semakin banyak pula inspirasi dan ide segar mengenai industri kreatif yang bisa kamu dapatkan di Ideafest 2018. Udah beli tiketnya belum? Kalau belum langsung aja kamu pesan tiketnya di…

6 Shares

Komentar:

Komentar