Bandung Startup Market Day 2019: Ajang Pertemuan Startup dengan Market

Sesekali startup juga butuh kopi darat

:

Tanggal 28 September 2019, 10 startup terlihat mempresentasikan produk mereka di hadapan para hadirin yang memadati Workspace.53, Jl. Naripan No. 53, Bandung. Selidik punya selidik, ternyata pada hari Sabtu itu di Workspace.53 tengah diadakan acara Bandung Startup Market Day.

Apa itu Bandung Startup Market Day?

Acara yang dihelat oleh Cubic Inkubator Startup ini merupakan ajang yang memfasilitasi startup dengan target pasar mereka. Lewat acara ini, startup dipertemukan dengan para pelanggan yang berasal dari masyarakat umum, komunitas, pelaku UMKM, dan perwakilan perusahaan.

Seperti yang dikatakan Wahyu Eko Widodo, Co-founder dan CEO dari Cubic, “Sebagai salah satu inkubator yang konsisten berkontribusi dalam pengembangan ekosistem startup, Cubic Startup Incubator kini telah mendampingi puluhan perusahaan rintisan di Indonesia, khususnya di Bandung dan Jakarta.”

Startup tak hanya membutuhkan investasi untuk bisa berkembang, lanjut Wahyu. Hal yang tak kalah penting bagi startup ialah bertemu dengan market mereka dan menambah jejaring. Hal itu pula yang jadi tujuan diselenggarakannya Bandung Startup Market Day.


Menurut Anissa Alifia, salah satu panitia penyelenggara acara Cubic Bandung Startup Market Day, banyak para pelaku startup yang antusias untuk berpartisipasi di acara tersebut, karena fungsi dan potensi yang bisa didapatkan dari acara tersebut akan dirasa sangat berpengaruh kepada bisnis mereka.

“Ada lebih dari 100 startup yang sebelumnya sudah mendaftar untuk mengikuti Bandung Startup Market Day. Tapi karena acara kali ini tempatnya masih terbatas, jadi kami kurasi lagi sampai 10 startup saja yang berkesempatan untuk presentasi hari ini,” ujar Anissa.

Anissa menambahkan, “Ini activation pertama kami dalam memfasilitasi startup untuk bertemu dengan market potensial mereka. Kami juga menjadikan event ini sebagai alat ukur untuk menghitung seberapa banyak jumlah startup yang ada di Bandung, dan ternyata jumlahnya sangat banyak.”

10 startup yang mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan produk mereka di Bandung Startup Market Day, yakni: Halal Local, Kiddo, Qowi Indonesia, PTN Go, Akanmenikah.com, PT Bentara Tabang Nusantara (BETA), Talkabot, Inaventory, Linggo, dan CLEID. Dengan produk-produk yang memiliki target pasar yang spesifik, para startup tersebut berharap bisa menjaring konsumen baru dengan latar belakang yang beragam di acara Bandung Startup Market Day.

Salah satu contohnya adalah Kiddo. Kiddo merupakan platform penghubung antara merchant dengan orang tua untuk merancang aktivitas berkualitas yang diinginkan orang tua bagi anak dan keluarga mereka. “Selain menjembatani para orang tua ke merchant, kami juga berperan sebagai community manager. Jadi ketika ada brand yang menginginkan suatu event yang melibatkan orang tua sebagai market-nya, kami siap membantu pelaksanannya,” kata Analia Tan, co-founder dari Kiddo .

Analia Tan juga menambahkan, “Lewat acara Bandung Startup Market Day ini, diharapkan Kiddo bisa menjaring pelanggan baru dari segmen pasar berbeda yang akan membuka kesempatan baru untuk Kiddo lebih berkembang jauh lebih besar lagi.”

Cubic sendiri adalah startup incubator yang berkontribusi sebagai pendamping dalam bidang pengembangan ekosistem startup di Indonesia, terutama di Bandung. Sudah ada beberapa acara yang mereka selanggarakan untuk memaksimalkan potensi startup agar bisa mencapai tujuan yang telah dicanangkan oleh para pemiliknya.

Komentar:

Komentar