25 Anime Comedy Terbaik, dari yang Jadul sampai Terbaru (Update 2019)

Bocah berdagu bokong, bagaimana kabarmu sekarang?

:

Apa yang bikin suatu karya pantas dimasukkan dalam kategori anime comedy terbaik? Faktornya banyak. Tapi dua hal penting yang nggak boleh dilewatkan: humornya harus bermutu serta nggak hanya mengandalkan adegan klise.

Remaja laki-laki yang menabrak perempuan, lalu terjatuh, dan tanpa sengaja memegang dada perempuan yang ditabraknya? Haaah! Kamu nggak akan menemukan adegan seperti itu dalam anime di daftar ini.

Tanpa buang banyak waktu lagi, inilah daftar anime comedy terbaik sepanjang masa (berdasarkan pilihan Selipan tentunya)

25. Barakamon

Kinema Citrus

Barakamon itu anime yang ceritanya berpusat pada penulis kaligrafi, Seishu Handa. Walaupun ia masih muda, bakat jeniusnya dalam meramu kaligrafi sudah diakui oleh berbagai kalangan. Dan mungkin itu juga yang bikin Handa jadi besar kepala.

Sampai tibalah suatu hari saat ia menjotos kurator senior yang mengkritik habis-habisan karya kaligrafinya. Tak ayal, kelakuannya yang nggak dewasa itu memaksa ayahnya Handa untuk mengirimnya ke pulau kecil nan terpencil. Alasannya sih biar Handa bisa introspeksi diri.

Jika karakter di Barakamon hanya diisi oleh Handa, mungkin saya nggak akan memasukkannya dalam daftar ini. Jujur saja, bagi saya melihat orang yang menulis kaligrafi itu membosankan.

Kekonyolan yang ditunjukkan karakter-karakter penghuni pulaulah yang bikin anime ini terasa menyegarkan untuk dinikmati. Coba, apa kamu pernah melihat bocah yang alisnya kayak gini?


Kinema Citrus

Nggak pernah ‘kan? Dan itu cuma salah satu dari sekian banyak kekocakan yang ada di Barakamon.

Barakamon juga punya prekuel yang diberi judul Handa-kun. Tapi untuk komedinya, buat saya Barakamon lebih unggul.

24. Baka to Test to Shoukanjuu (Baka and Test: Summon the Beasts)

Silver Link

Selamat datang di SMA Fumizuki, sekolah yang menerapkan sistem inovatif untuk menyortir siswa-siswanya. Mereka ditempatkan sesuai hasil ujian akhir, mulai dari kelas A sampai kelas F. Semakin tinggi kelas, semakin banyak pula fasilitas dan keuntungan yang bisa dinikmati siswa. Sebaliknya, siswa penghuni kelas terendah mesti pasrah belajar di ruangan kumuh, ditambah peralatan kelas yang nggak layak pakai.

Selanjutnya kamu bakal menyaksikan perjuangan murid kelas F naik derajatnya. Caranya dengan mengikuti lomba cerdas cermat yang disebut Examinations Summon Battle System.

Yup, seperti yang kamu bayangkan, kelas F memang dihuni murid-murid kocak yang jadi sumber humor di anime ini. Tapi, nggak semua penghuni kelas F termasuk siswa bodoh. Misalnya Mizuki Himeji, cewek jenius yang nggak ikutan ujian akhir karena terserang flu. Terus ada Akihisa Yoshii yang percaya kalau dirinya pintar walaupun itu cuma sekadar keyakinannya aja. Terakhir ada Yuuji Sakamoto, murid paling jangkung di kelas F.

Oh maaf, saya salah. Akihisa dan Yuuji kayaknya butuh 10 tahun lagi biar bisa disebut pintar.

23. Tanaka-kun wa Itsumo Kedurage (Tanaka-kun is Always Listless)

Silver Link

Kamu punya teman yang badannya selalu lemas dan nggak bertenaga? Orang seperti itu jika diminta melakukan aktivitas fisik, kontribusi mereka bakalan minim banget. Tapi tunggu sampai kamu berkenalan dengan Tanaka. Teman kamu itu pasti kalah lesunya dibanding Tanaka.

Tanaka adalah remaja SMA pemalas yang bisa ketiduran di mana pun ia berada, lamban, dan nggak punya setitik pun semangat dalam dirinya. Ya, Tanaka itu punya sifat malas level dewa.

Dan yang paling mengesankan dari Tanaka adalah kekuatannya. Kalau dianalisis pakai scouter punya bangsa Saiya, kekuatannya itu mungkin ada di angka -100. Saking nggak bertenaganya, nggak jarang temannya harus mengangkut Tanaka ke sekolah, layaknya princess di dongeng-dongeng.

Pengin tahu apalagi tingkah polah yang ditunjukkan Tanaka? Satu-satunya cara, kamu harus tonton Tanaka-kun wa Itsumo Kedurage.

22. School Rumble

Studio Comet

School Rumble bukanlah murni anime komedi. Ada juga sisipan romansa di dalamnya. Biarpun begitu, kamu nggak perlu khawatir sama kualitas humornya. Anime ini bakal bikin perut kamu melilit saking seringnya ketawa. Humornya pun absurd abis!

Dan bintang utama dari sisi komedi School Rumble adalah Harima Kenji, berandalan sekolah yang jatuh cinta pada Tsukamoto Tenma, cewek yang… sebut saja, agak-agak polos orangnya. Nama yang disebut terakhir itu ternyata jatuh cinta pula pada Karasuma Oji, cowok pendiam yang aneh.

Jadi kalau mau disingkat, School Rumble adalah anime tentang cinta segitiga antara berandalan sekolah – cewek polos – cowok aneh. Sedikit catatan, humor dalam School Rumble sering dimulai dari kesalahpahaman antar karakternya.

21. Ike! Ina-chuu Takkyuubu (Ping-Pong Club)

Grouper Productions

Meskipun judulnya Ping-Pong Club, karakter-karakter di anime ini jarang banget main ping-pong. Mereka lebih suka melakukan kebodohan-kebodohan di luar nalar.

Yaah, gimana klub ping-pong itu nggak terlihat konyol kalau anggotanya terdiri dari orang cabul yang suka membanggakan bokongnya (yang katanya indah); orang keturunan Amerika yang badannya bau, dan bau badannya itu cuma bisa dihilangkan dengan cairan pembunuh bakteri; dan orang yang gaya rambutnya terinpirasi dari karakter Joe di Ashita no Joe.

Jika kamu pengin nonton anime yang murni humor, nggak peduli anime itu nggak punya plot yang berkesinambungan, Ping-Pong Club pilihan yang cocok buat kamu.

20. Osomatsu-san (Mr. Osomatsu)

Studio Pierrot

Enam bersaudara kembar dari Osomatsu-kun kembali lagi mengacau di Osomatsu-san. Kecuali umur mereka yang bertambah tua – 10 tahun lebih tua dari saat mereka muncul di Osomatsu-kun – ketengilan dari enam bersaudara ini nggak berubah.

Mari kita berkenalan dulu dengan karakter utama Osomatsu-san. Mereka adalah Osomatsu, Karamatsu, Choromatsu, Jyushimatsu, Ichimatsu, dan Todomatsu. Meskipun sudah berumur, mereka termasuk golongan orang neet (not in employment, education, or training). Dalam Bahasa Indonesia, neet itu orang yang tidak sedang bekerja, bersekolah, atau dalam masa pelatihan.

Istilah lainnya, pengangguran.

Sekarang bisa kamu bayangkan bagaimana jadinya jika enam saudara kembar identik yang sama-sama pengangguran berkumpul di satu rumah? Kekacauan total nggak cukup buat menggambarkannya. Bahkan maling yang mau mencuri di rumah mereka pun sampai menyerah saat bertemu enam bersaudara ini.

19. Watamote (It’s Not My Fault That I’m Not Popular!)

Silver Link

Dari judulnya, kamu harusnya bisa menebak cerita dari anime yang punya judul asli Watashi ga Monetai no wa Do Kangaetemo Omaera ga Waru ini. Yup, karakter utamanya, Tomoko Kuroki, merupakan remaja SMA yang kurang populer di sekolahnya. Saya bilang “kurang populer” karena kasihan sih, ia sama sekali nggak punya teman di sekolahnya.

Tapi Kuroki nggak langsung patah arang. Betapa pun suramnya kehidupan Kuroki, ia masih punya impian untuk jadi populer (sekaligus disukai banyak cowok ganteng). Lalu bisakah sang karakter utama kita mendapat impiannya tersebut, meskipun tampangnya biasa-biasa saja; minim kemampuan bergaul; nggak punya teman; dan sedikit cabul?

Berdasarkan pengamatan saya, 9 dari 10 cara yang dilakukan Kuroki untuk meraih impiannya tersebut selalu berujung pada saya dibuat ngakak guling-guling!

18. Mobusaikohyaku (Mob Psycho 100)

Bones

Ini adalah anime pertama dalam daftar anime comedy terbaik yang karakter utamanya seorang esper. Kalau mau dibandingkan, humornya nggak sekuat dua anime lain tentang esper yang ada di daftar ini.

Tapi buat kamu yang pengin dibikin ngakak, Mob Psycho 100 pasti nggak akan mengecewakan. Apalagi jika menimbang sosok di balik terciptanya Mob Psycho 100 adalah orang yang sama dengan yang membuat One Punch Man.

17. Sakigake!! Cromartie Koukou (Cromartie Highschool)

Production I.G

Berbeda dengan Gintama yang hobi memparodikan anime lain secara satu per satu, Cromartie high school lebih memilih memparodikan semua anime dan manga yang bertemakan anak sekolah berandalan. Kamu bahkan nggak akan menemukan karakter utama cewek di anime ini, karena semua karakter utamanya cowok. Udah cowok, berandalan pula.

Tapi, yang lucu dari anime ini adalah hampir semua berandalan tersebut kelakuannya bodoh nggak terkira. Dan seakan melengkapi karakter-karakter bodoh, ada juga karakter aneh yang sama sekali nggak pantas disebut anak SMA.

Mau saya kasih contoh? Gimana tanggapan kamu kalau ketemu murid SMA yang berkumis dan suka bertelanjang dada kayak Freddie Mercury?

16. Nichijou (My Ordinary Life)

Kyoto Animation

Jika semua karakter di Cromartie Highschool laki-laki, Nichijou bakal memperkenalkan kita pada karakter utama yang semuanya perempuan. Lebih tepatnya sih, karakter perempuan sekolahan yang aneh, tengil, banyak tingkah, lebay, dan super kocak.

Kamu jangan sampai terkecoh sama judulnya. Anime ini isinya jauh banget dari kehidupan normal yang biasa kita jalani sehari-hari. Nggak akan terhitung berapa banyak adegan absurd menggelitik perut yang ada di Nichijou.

Tapi, jika harus memilih, saya bakal pilih episode ketika Mai, Yuku, dan Nano membantu Mio menggambar manga sebagai momen terlucu dalam Nichijou.

15. Bobobo-bo Bo-bobo

Toei Animation

Jika mau dijelaskan dengan singkat, ini adalah anime dengan jalan cerita terbodoh dan karakter-karakter terabsurd yang pernah saya tonton. Skill karakter utamanya aja berhubungan dengan bulu hidungnya yang sekuat baja.

Soal jalan ceritanya? Intinya sih, Bobobo sang protagonis bersumpah akan menyelamatkan rakyat jelata dari tirani kaisar yang… yang… well, ingin mencukur habis rambut semua orang sampai botak. Konyol ya? Iya, kamu nggak salah, memang konyol kok.

Saya pernah dengar seseorang berkata, “Salah satu metode untuk memancing tawa adalah dengan memanfaatkan momen ketidakterdugaan.”

Bobobo-bobo-bobo sepertinya memanfaatkan betul teori itu. Kamu pasti nggak akan bisa menyangka apa yang akan dilakukan karakter-karakternya saat dihadapkan pada situasi tertentu.

14. Detroit Metal City

Studio 4ºC

Souichi Negishi hanyalah pemuda biasa yang punya cita-cita mulia. Ia ingin jadi penyanyi pop yang lagu-lagunya menginspirasi orang-orang untuk saling mencintai, meskipun ia sendiri nggak sadar kalau lirik buatannya menjijikan banget.

Tapi takdir memang kejam. Bukannya sukses jadi penyanyi pop, Negishi lebih dikenal sebagai Johannes Krauser II, vokalis band metal yang lagu-lagunya dipenuhi kata-kata kasar dan cabul.

Hampir setiap episode dari Detroit Metal City selalu diisi dengan kekocakan vulgar. Dari mulai kehidupan ganda Negishi yang harus menyamar jadi Krauser di setiap konser, kelakuan tolol dari penggemarnya, sampai adegan ketika Krauser si Kaisar Iblis harus berakting di film drama romantis, semuanya pasti nggak akan gagal bikin kamu ngakak guling-guling.

13. Azumanga Daioh

J. C. Staff

Anime ini sebenarnya berisikan cerita keseharian dari enam orang siswa SMA dan dua guru mereka. Kamu nggak akan nemu karakter alien tiba-tiba datang ke bumi; ceritanya benar-benar tentang kehidupan sehari-hari banget.

Tapi cerita tentang keseharian doang tentu nggak akan membuat anime ini ada di peringkat 13 dong?

Salah satu keistimewaan dari anime ini adalah karakter-karakter utamanya semuanya perempuan, tapi nggak ada satu pun dari mereka yang nggak punya sifat nyentrik. Komedinya pun hampir selalu tepat sasaran. Jarang banget ada humornya yang meleset alias garing. Dan itulah kenapa banyak orang yang mencintai Azumanga Daioh.

Meskipun, saya lebih merekomendasikan manga aslinya ketimbang versi adaptasi anime.

12. Great Teacher Onizuka

Studio Pierrot

Bayangkan jika ada mantan petinggi geng motor yang brutal tiba-tiba ingin mengabdi sebagai guru. Alasannya jangan ditanya: biar dia bisa dapet istri anak SMA, nggak lebih. Dan guru ini menyebut dirinya sendiri sebagai Great Teacher Onizuka atau Onizuka si Guru Hebat.

Intiplah bagaimana GTO menyiksa murid-muridnya yang begundal. Saksikan bagaimana GTO mengincar celana dalam murid-murid perempuannya. Perhatikan saat GTO melakukan German Suplex pada wakil kepala sekolah ketika ia melamar kerja sebagai guru. Simak momen saat GTO berfoya-foya dengan para gadis menggunakan uang karya wisata sekolah. Atau lihatlah betapa kecewanya GTO saat ia ternyata ditempatkan sebagai guru SMP alih-alih menjadi guru SMA.

11. Excel Saga

J. C. Staff

Hail, Il Palazzo!

Kamu mungkin bingung kenapa poin ini dibuka dengan salut. Itu karena kamu belum kenal sama Il Palazzo dan anak buahnya yang dungu, Excel. Duet maut ini adalah bagian dari organisasi rahasia yang bertujuan menguasai dunia. Untuk menggapai cita-cita mereka, Il Palazzo, sang pemimpin yang karismatik, mengagumkan, dingin, dan ambisius menugaskan Excel pada misi-misi berbahaya.

Contohnya, di misi pertamanya, Excel harus membunuh orang yang menciptakan manga Excel Saga.

Hmm…

Jangan mengharapkan cerita yang koheren dari Excel Saga. Anime ini murni berisi sindiran dan parodi dari manga, anime, dan film. Nggak jarang pula humor-humor di dalamnya sampai agak kelewatan. Banyak orang, mungkin juga termasuk kamu, menganggap anime ini aneh. Tapi percaya deh, di dalam keanehannya itu sering tersimpan pesona dan kelucuan yang sulit ditandingi anime lain.

10. Sexy Commando Gaiden: Sugoi yo!! Masaru-san           

Magic Bus

Apa jenis bela diri yang paling sempurna di dunia ini? Karate? Pencak silat? Judo? Capoeira? Menurut Masaru Hananakajima, semua jenis bela diri itu nggak ada apa-apanya ketimbang Sexy Commando.

Jangan salah, meskipun namanya terdengar seperti judul film erotis, Sexy Commando itu seni bela diri lho. Tapi Sexy Commando bukan jenis bela diri yang mengharuskan kamu langsung menghajar musuh, melainkan lebih ke mendistraksi perhatian lawan.

Misalnya, kamu alihkan perhatian lawan dengan tiba-tiba membuka ritsleting celana. Setelah perhatian musuh teralihkan dengan kehadiran “adik” kamu, baru kamu hajar mereka.

Terdengar menarik, bukan? Tonton lebih lanjut deh perjuangan Masaru dan keenam kawannya dalam membentuk klub ekstrakurikuler Sexy Commando. FYI, kepala sekolah pun termasuk anggota klub.

9. Kono Suubarashii Sekai ni Shukufuku wo! (KonoSuba: God’s Blessing on This Wonderful World!)

Studio Deen

Hanya sepersekian menit semenjak episode pertama dimulai, ini anime udah langsung mempertontonkan kelucuannya lewat kematian sang karakter utama. Ia adalah Satou Kazuma, seorang hikikomori menyedihkan yang tewas ketika baru pulang membeli game favoritnya. Saya nggak akan kasih tahu kamu gimana detail kematian Kazuma. Sayang banget, adegannya terlalu lucu kalau dijabarkan di sini. Kayaknya hanya KonoSuba yang bisa menyulap adegan kematian jadi begitu jenaka.

Setelah kematiannya yang fantastis itu, Kazuma ditawari oleh dewi Aqua untuk hidup kembali di dunia fantasi ala game RPG. Ia dibebankan misi untuk menumpas Raja Iblis yang meneror warga di sana. Malang benar-benar nggak bisa ditolak, karena di dunia RPG tersebut, Kazuma mendapat partner berupa:

Seorang dewi yang tengil, arogan, tapi nyaris nggak bisa diandalkan;

Penyihir yang cuma bisa mengeluarkan satu jurus sebelum akhirnya jatuh lemas kehabisan energi; dan

Ksatria masokis dengan kemampuan bertahan yang sempurna, tapi kemampuan menyerangnya nol besar.

Aaaah… sungguh dunia isekai yang indah!

8. Sakamoto desu ga? (Haven’t You Heard? I’m Sakamoto)

Ia adalah siswa yang paling tampan, paling keren, paling atletis, dan paling pintar di sekolahnya. Apa pun yang dilakukan dan dikatakannya selalu membuat orang lain terkesima. Bahkan ketika bangkunya di kelas dibuang keluar oleh anak-anak berandalan, dan siswa-siswa perempuan berebutan menawarinya untuk duduk di sebelah mereka, ia lebih memilih untuk duduk di jendela.

Yang dilakukannya hanyalah duduk di jendela, tapi semua orang yang menatapnya berkata dengan mata yang berbinar, “Dia keren sekali!”

Studio Deen

Siapakah gerangan murid SMA yang sempurna itu? Hooo… kamu belum pernah dengar namanya? Namanya Sakamoto.

Jika kamu memutuskan untuk nonton anime ini, siap-siap saja dibuat takjub oleh Sakamoto.

7. Asobi Asobase

Lerche

Diberkatilah mereka yang udah merekomendasikan Asobi Asobase. Berkat anime ini, saya selalu mendapat hiburan segar setiap kali nonton episodenya. Saya bahkan harus berusaha mati-matian menahan tawa ketika melihat adegan ketika Pak Guru meniru Detektif Conan.

Usaha saya gagal total. Orang-orang serumah langsung terbangun di tengah malam karena ledakan tawa saya. Gara-gara si Pak Guru nyentrik, saya jadi kena marah.

Sluuuurp! Hmm, narkoba!?/Lerche

Seperti tipikal anime comedy, Asobi Asobase mengenalkan kita pada tiga karakter utama. Trio gadis SMP itu sebenarnya imut-imut semua, andai saja mereka nggak suka memainkan permainan konyol. Sekalinya mereka memainkan game yang normal, hukuman yang kedengarannya tolol luar biasa bakal menanti si pecundang.

Hey, saya nggak mengada-ngada. Gini deh, gimana perasaan kamu kalau disuruh mencium ketiak orang lain? Saya mah ogah. Sekalipun ia dan saya bersahabat erat, ogah!

6. Gekkan Shoujo Nozaki-kun (Monthly Girls’ Nozaki-kun)

Doga Kobo

Cerita yang dihadirkan manga shoujo dan romance selalu terasa romantis. Karakter prianya terlihat seakan mereka itu pangeran tampan yang mengendarai kuda putih. Sementara karakter wanitanya terlihat seakan mereka itu putri yang tengah menunggu pangeran tampan pengendara kuda putih.

Tapi apa sebenarnya mangaka yang menulis cerita romantis itu pernah mengalami sendiri kejadian seperti di komik-komik shoujo? Belum tentu.

Dan di sinilah Gekkan Shoujo Nozaki-kun menyindir habis mayoritas manga dan anime shoujo lewat humor-humornya yang mengocok perut. Ya, anime ini memang menyandang status komedi romantis, tapi humornya selalu mengena.

Janganlah ditelan bulat-bulat perkataan mereka yang suka kasih kamu saran perihal hubungan asmara. Karena toh, belum tentu juga mereka tahu apa yang mereka bicarakan. Mungkin itu pesan dari Gekkan Shoujo Nozaki-kun.

5. Wanpanman (One Punch Man)

Madhouse

Saya bakal merasa prihatin jika kamu masih bertanya-tanya apa itu One Punch Man. Ini adalah anime yang memparodikan nggak hanya satu, tapi semua anime shounen pada umumnya. Mayoritas karakter utama di anime shounen harus berlatih keras sebelum bertarung dengan musuh. Tapi karakter jagoan itu bakalan kalah terlebih dulu, sebelum akhirnya mereka kembali dengan lebih kuat.

Semua tetek bengek itu nggak berlaku buat Saitama, sang karakter utama One Punch Man. Ia bisa mengalahkan musuh-musuhnya dengan sekali tebas, sampai-sampai ia bosan karena nggak ada lagi tantangan yang berarti.

Kedengaran konyol? Tunggu sampai kamu tahu rahasia dari kekuatan super Saitama. Masih segar dalam ingatan, saya sampai ketawa selama kira-kira dua menit pas mendengar rahasia Saitama.

4. Danshi Koukousei no Nichijou (Daily Lives of High School Boys)

Masa-masa SMA itu merupakan masa yang paling indah. Tapi nggak tahu kenapa, saya melihat masa SMA dari karakter remaja di Daily Lives of High School Boys lebih banyak diisi dengan kekonyolan daripada keindahan. Kecuali kalau kamu merasa laki-laki yang kepergok memakai rok adiknya perempuannya sebagai pemandangan yang indah.

Sunrise

Tapi, hey… kita semua pasti pernah mengalami fase itu – fase ketika kita melakukan kebodohan yang bikin kita ketawa saat mengingatnya.

Dan hal-hal semacam itulah yang akan kamu lihat di anime ini. Temanya memang hampir sama dengan Nichijou dan Azumanga Daioh, yakni tentang keseharian anak-anak SMA. Tapi Daily Lives of High School Boys membawa kekocakan dan keabsurdan dari kehipan sehari-hari ke level yang lebih tinggi lagi.

3. Hinamatsuri

Feel

Nah, anime yang satu ini bisa dikatakan lagi dalam proses sebelum akhirnya dinobatkan sebagai anime komedi legendaris.

Jujur saja, awalnya saya agak skeptis saat pertama kali membaca manga Hinamatsuri beberapa tahun lalu. Bocah remaja yang punya kekuatan esper, seberapa sering tema kayak gitu dipakai di manga dan anime? Lumayan sering kayaknya.

Tapi asumsi saya langsung berubah saat selesai membaca chapter pertamanya. Menyesal rasanya baru tahu ada manga yang selucu ini. Setiap membuka halaman demi halamannya, saya pasti dibuat ketawa lepas. Dan untungnya, komedi yang brilian tersebut bisa dialihkan dengan sangat baik dalam versi anime Hinamatsuri.

Lalu bagaimana dengan ceritanya? Hinamatsuri mengisahkan tentang yakuza yang suatu hari tiba-tiba menemukan bocah remaja di apartemennya. Setelah diancam guci kesayangannya akan dipecahkan, yakuza itu mengadopsi si bocah misterius sebagai anak angkatnya.

Ya, inti dari Hinamatsuri adalah hubungan antara ayah dan anak angkatnya yang punya kemampuan esper. Memang akan ada beberapa momen serius di anime ini. Tapi tetap saja, pasti di momen serius itu terselip humor yang nggak disangka-sangka.

2. Gintama

Sunrise/Bandai Namco Pictures

Humor itu sifatnya subjektif alias tergantung selera humor orang yang menerimanya. Dan Gintama adalah contoh terbaik untuk menggambarkan betapa bervariasinya selera humor orang.

Yup, hampir semua orang yang suka anime pasti tahu tentang Gintama. Tapi nggak semua orang bakal menganggap humor di dalamnya itu lucu. Terlebih lagi Gintama sering memparodikan anime lain, tokoh di dunia nyata, sampai isu sosial. Otomatis, orang yang menontonnya pun harus punya pemahaman soal isu yang diparodikan.

Kamu termasuk orang yang mengganggap Gintama kurang lucu? Saya sarankan untuk bersabar dan tonton saja terus sampai beberapa episode. Saya juga merasa humor di episode-episode awal anime ini kurang nonjok.

Tapi begitu kamu menemukan kelucuannya, saya jamin kamu bakal paham kenapa banyak orang menobatkan Gintama sebagai rajanya genre komedi. Pada akhirnya, keabsurdan dan kekonyolan tingkah Sakata Gintoki dan kawan-kawan pun bakal terus kamu rindukan.

Masih merasa Gintama kurang lucu? Oke, saya kasih satu rekomendasi anime comedy terbaik yang paling bisa bikin penontonnya ngakak. Ia adalah…

1. Saiki Kusuo no Psi-nan (The Disastrous Life of Saiki K)

Te… Teruhashi-san! Offu!!/J.C. Staff/Egg Firm

Selama beberapa tahun, saya menganggap Gintama sebagai manga dan anime komedi paling lucu yang pernah ada. Tapi pendapat saya berubah karena menonton satu anime: The Disastrous Life of Saiki Kusuo. Inilah anime yang bagi saya berhasil mencongkel Gintama dari takhta genre komedi.

Sebagai seorang remaja, Saiki Kusuo sang karakter utama hanya ingin menjalani kehidupan yang normal. Tapi keinginannya itu nggak pernah kesampaian karena Saiki bukan orang biasa. Ia punya kemampuan esper.

Melalui The Disastrous Life of Saiki Kusuo, kamu akan menyaksikan bagaimana Saiki menjalani kehidupan sambil menyembunyikan identitasnya sebagai esper, menghindari cewek paling populer yang naksir padanya, sampai mengurusi kakeknya yang punya sifat tsundere.

Ya, kakeknya yang tua itu punya sifat tsundere. Kalau selama ini kamu pernah nonton minimal lima anime, kamu pasti tahu apa itu tsundere.

Tapi yang paling bikin anime ini spesial adalah karakter-karakter lainnya yang gampang kita sukai. Bayangkan jika chuunibyou, mantan anggota gangster, cewek populer, dan idiot yang nggak punya otak berkumpul dalam satu kelas. Itulah karakter-karakter yang bakal kamu dapatkan di The Disastrous Life of Saiki Kusuo.

Siap nonton 25 anime rekomendasi Selipan? Bakalan makan banyak waktu memang, tapi kamu nggak akan rugi deh. Hari-hari kamu pasti bakal dipenuhi dengan tawa riang.

Komentar:

Komentar