Mau Liburan Tapi Malas Menghadapi Kemacetan? Yuk, Intip Ide Staycation Keren Ini

Lebih hemat tapi nggak kalah seru!

Staycation mungkin masih asing terdengar, tapi sebenarnya istilah ini merujuk pada suatu kegiatan refreshing yang dilakukan hanya di sekitar rumah ataupun di sekitar kota kamu tinggal. Biasanya saat libur panjang, orang akan berduyun-duyun ke luar kota mengunjungi destinasi favorit dan tempat wisata yang sedang kekinian. Tapi, jika kamu termasuk orang yang malas pergi bermacet-macetan saat libur panjang, ide staycation ini bisa dipakai loh.

1. Staycation di rumah

via mindbodygreen.com

Terkadang kamu hanya membutuhkan satu hari penuh untuk bermalas-malasan di rumah untuk mengisi ulang energimu. Jangan khawatir untuk bangun siang, kamu bisa bangun siang dan sempatkan waktu untuk berolahraga (karena saya yakin kamu nggak pernah berolahraga dari Senin-Jumat). Sediakan stok filmfilm favoritmu untuk nonton maraton seharian di rumah. Atau kamu bisa ajak teman-teman segengmu dan adakan pesta kecil-kecilan. Kamu juga bisa menuangkan hobi masakmu.

2. Pergi ke museum

via bayuwinata.wordpress.com

Terkesan old school? Buat saya pribadi, berjalan-jalan ke museum itu memberikan suatu ketenangan sendiri. Kamu bisa melihat benda-benda bersejarah atau melihat diorama sebuah peristiwa bersejarah. Kamu juga bisa mendapatkan sudut foto yang vintage dan unik karena mungkin tidak banyak orang yang masuk serta berfoto di museum. Nah, coba deh kamu amati apakah ada museum di sekitar lingkungan kota tempat tinggalmu.

3. Berkeliling kota naik sepeda

via bikepretty.com

Mungkin kamu merasa sudah paham betul dengan seluk beluk kotamu atau sudah sering berkeliling kota menggunakan motor. Tapi, coba deh kamu berkeliling kota naik sepeda, pasti ada sensasi sendiri yang berbeda dibanding kamu menggunakan motor atau mobil. Dengan sepeda kamu lebih bisa menjelajah sudut kota dan tentunya kamu juga bisa sambil berolahraga. Ide staycation ini enaknya dilakukan dari pagi hari ya karena Indonesia terkenal dengan sengatan mataharinya yang luar biasa akhir-akhir ini.

4. Piknik di taman kota

via pinterest.com

Kalau kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil ke rumah, ide staycation piknik di taman kota bisa menjadi alternatif terbaik. Daripada kamu menghabiskan waktu+biaya dengan mengajak keluarga ke mall atau taman hiburan yang ngantri wahananya super parah, akan lebih efektif jika kamu membawa kotak bekal piknik lalu berpiknik ceria. Selain hemat biaya kamu juga bisa memiliki quality time yang lebih dengan keluargamu.

5. Staycation di hotel

via hoteljen.com

Nah, kalau kamu punya budget lebih dan sedang tidak ingin melakukan pekerjaan rumah, ide staycation di hotel sepertinya pas untukmu. Di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, ataupun Jogjakarta memiliki hotel budget yang terjangkau, tapi memiliki desain unik yang cocok buat dijadikan tempat staycation. Coba deh kamu kulik-kulik apakah ada hotel yang cocok menjadi tempat staycation di daerahmu.

Selamat ber-staycation ria!

- Advertisement -
Shares 3

Komentar:

Komentar