Mau Liburan Jauh Tapi Takut Macet? Ini Nih Cara Menghabiskan Waktu Liburan Anti Macet

Sudah menjadi rahasia umum kalau kamu pergi liburan di saat Natal dan Tahun Baru pasti akan sangat padat dan macet luar biasa apalagi kalau kamu memilih tempat liburan yang mainstream banget seperti di Puncak, Bali atau Jogja. Pluss ditambah harga tiket pasti melambung jauh terbang tinggi alias jadi mahal berkali-kali lipat. Nah, buat kamu yang ogah bermacet-macet ria terus males mengeluarkan dana esktra, ini nih cara cerdas menghabiskan waktu liburan anti macet, anti mahal dan anti mainstream.

1. Mencoba hobi baru

Woman seasoning food

sumber: whytoread.com

- Advertisement -

Libur yang singkat itu waktu yang pas untuk kamu memulai sekaligus mendalami hobi baru. Selain bikin kamu lebih kreatif ternyata dengan menekuni hobi bisa menjadi ladang bisnis ya baik loh jika kamu seriusin.

2. Membaca buku

liburanantimacet2

sumber: enterpreneur.com

Jika di hari-hari biasa pasti kamu punya alasan sibuk jadi gak sempat membaca buku. Nah, liburan tahun baru ini waktu yang pas untuk mulai membaca buku. Dijamin deh kamu bakal tenggelam dalam fantasi buku dan tidak terasa waktu liburanmu lewat begitu saja.

3. Menulis buku atau  blog

Transcribing his notes

sumber: birdbrain.com.au

Liburan adalah saat yang tepat untuk berkarya lewat kata-kata. Kamu bisa mulai menuangkan fantasi-fantasi kamu dalam karya tulis dan siapa tahu ada editor yang tertarik menerbitkan ceritamu dan kamu bisa seperti J.K Rowling. Atau kamu bisa mulai menulis blog yang berisi seputar pengalamanmu atau sekedar tips & trik, bisa jadi lahan bisnis juga tuh.

Lanjut ke halaman selanjutnya ya.

- Advertisement -