Mitos Atau Fakta? 9 Hal Soal Memasak Ini Pasti Sering Banget Kamu Dengar, Nomor 3 Ngasal Banget

Sebelum kamu pergi ke dapur buat masak, bagusnya kamu baca dulu hal-hal tentang memasak ini termasuk fakta atau mitos ya?

Hampir semua orang bisa masak mulai dari yang sederhana kayak nasi goreng, sampai yang agak ribet kayak dendeng daging. Masak memang nyenengin guys, gak cuma bikin perut kenyang tapi bisa juga jadi ajang kita buat refreshing. Nah, buat kamu yang hobi atau lagi belajar masak pasti sering kan cari tips-tips soal memasak? Zaman sekarang yang namanya tips memasak memang gak cuma bisa kita dapetin dari Mama atau Nenek kita doang, mulai dari buku resep di toko buku sampai chanel Youtube soal masak, semua bertebaran dimana-mana buat ngasih info soal dunia masak-memasak ini. Tapi gak semua tips-tips itu sebenarnya berdasarkan fakta loh, ternyata ada beberapa yang cuma mitos. Daripada kamu terlanjur percaya dan praktekin mentah-mentah semua tips itu, mending kamu baca 9 tips memasak di bawah ini biar tahu mana aja tips memasak yang fakta dan yang mitos.

1. Nyemplungin Telur Ke Dalam Air Biar Tahu Telur Yang Busuk

Via: Freepik.com

Jujur deh tips yang satu ini pasti udah sering banget kamu dengar kan? Konon telur yang tenggelam sewaktu kita cemplungin ke dalam air, itu berarti telurnya masih segar, sedangkan yang ngambang artinya itu sudah busuk. Benar gak ya? Faktanya buat ngecek sebuah telur itu busuk atau enggak, gak perlu repot-repot nyemplungin telur satu-satu ke dalam air, kamu bisa lihat tingkat kesegaran sebuah telur cukup dari tampilan luarnya saja. Selama bentuknya normal dan bersih, maka telur itu artinya bisa dimakan.

Tips : Telur yang mengambang di dalam air gak bakal bikin kamu sakit kalau dimakan, malahan telur ini punya ruang udara yang lebih besar didalamnya jadi selain bikin dia lebih mudah mengambang, telur ini juga lebih mudah dikupas saat direbus. Jadi tahu kan telur mana yang lebih gampang buat dimakan dengan cara direbus?


2. Nambahin Garam Ke Air Bisa Bikin Cepat Matang, Emang Iya?

Via Freepik.com

Hampir semua orang yang ada disekitar kita ngasih tahu kalau mau air yang kita masak cepat matang, kita harus ngasih garam kedalamnya. Ternyata hal ini gak sepenuhnya benar loh, ketika garam dilarutkan dengan air bisa aja malah yang terjadi kebalikannya alias air yang kita masak jadi lama matangnya.

Tips: Kalau kamu pengen air yang kamu masak cepat matang, tambahin garam ke dalam air ketika air itu sudah mulai mendidih ya, jangan pas sebelumnya.

3. Ngelempar Spaghetti Ke Dinding Buat Ngecek Kekenyalannya

Via: Freepik.com

Tips yang satu ini sebenarnya masih simpang siur asalnya dari mana, yang jelas kita tahu kalau spaghetti itu punya tekstur yang cukup lembek ketika selesai dimasak. Otomatis kalau kamu ngelempar spaghetti yang baru kamu masak ke dinding, kamu cuma bakal bikin spaghetti kamu hancur berantakan.

Tips: Kecuali kamu mau main lempar-lemparan spaghetti, cukup tes kekenyalan spaghetti yang kamu masak dengan nyicip atau pegang pakai tangan aja ya.

4. Ngegantung Buah Pisang Bisa Bikin Pisang Gak Cepat Matang

Via: Freepik.com

Mungkin ini adalah tips yang banyak dipraktekin anak kosan yang pengen irit, sayangnya ngegantung buah pisang terbukti gak berpengaruh apa-apa dalam tingkat kematangan buah pisang itu sendiri.

Tips: Daripada sibuk gantungin buah pisang di dapur kosan, mending kamu taruh pisang itu di mangkuk biasa aja deh.

5. Espresso Punya Kadar Kafein Paling Tinggi

Via Freepik.com

Kamu yang suka ngopi pasti udah sering banget denger soal ini, tapi apa emang bener espresso itu punya kandungan kafein yang paling tinggi diantara semua jenis kopi? Ternyata enggak! Kadar kafein di dalam espresso itu masih jauh lebih sedikit daripada drip coffee bahkan cold brew coffee yang pada faktanya justru megang rangking tertinggi soal kadar kafein di kelas penyajian kopi.

Tips: Buat kamu yang kepengen ngopi tapi punya penyakit insomnia, sekarang tahu kan bisa milih jenis penyajian kopi apa yang gak bakal bikin kamu melek semaleman.

6. Makan Micin Bisa Bikin Sakit Kepala

Via: Freepik.com

Siapa sih yang bisa nolak makanan bermicin? Micin alias MSG memang diciptain buat bikin makanan jadi lebih gurih dan enak dimakan. Sayangnya mitos kalau kebanyakan makan MSG bisa bikin sakit kepala sudah berkembang sejak lama sehingga dipercaya menjadi sebuah fakta. Padahal konsumi MSG itu aman-aman aja asal gak berlebihan.

Tips: Makan micin boleh, tapi jangan kebanyakan ya!

7. Makanan Basi Dari Dalam Kulkas Bisa Bikin Kamu Sakit Perut

Via: stockvault.net

Ini sih jelas ya, makanan basi pastinya sudah ngalamin perubahan kandungan gizi yang ada didalamnya. Gak cuma itu, makanan basi juga sarang bakteri yang sudah terbukti bisa bikin kamu sakit kamu makan makanan basi tersebut.

Tips: Sebelum kamu masak makanan yang ada di kulkas, pastiin buat cek tanggal kadaluarsanya dulu atau cium bau makanannya dulu ya.

8. Warna Hijau Pada Kentang Adalah Racun

Via: Freepik.com

Kentang memang punya kandungan racun yang namanya solanine dan kandungan inilah yang ngebuat bagian kulit kentang jadi berwarna kehijau-hijauan. Meski pun enzim ini memang berbahaya kalau masuk ke dalam tubuh, kamu gak perlu parno duluan karena untuk membuat tubuh kita keracunan, diperlukan kandungan solanine dalam jumlah yang besar buat masuk ke tubuh kita.

Tips: Gak usah jadi parno makan kentang ya!

9. Hobi Masak Ayam? Cek Kematangannya Lewat Warnanya Aja

Via: Freepik.com

Kalau kita suka makan masakan yang diolah dari ayam, kita harus tahu kalau kematangan ayam yang digoreng itu bukan cuma berfungsi agar dia enak saat dimakan, tapi juga buat ngebunuh bakteri-bakteri pathogen yang ada di dalam ayam kayak salah satunya bakteri salmonella. Makanya kita perlu benar-benar mastiin kematangan ayam yang mau kita makan, sayangnya ngelihat warnanya aja gak cukup buat mastiin itu,karena bisa saja ayam yang warnanya sudah coklat di luar ternyata dalamnya masih mentah.

Tips: Nusuk ayam yang kamu masak supaya bisa ngelihat lemaknya keluar atau daging bagian dalamnya sudah berubah warna menjadi putih adalah salah satu cara yang efektif buat ngecek tingkat kematangan ayam yang kamu masak.

 

Ternyata banyak ya tips-tips memasak yang sering kita dengar gak semuanya berdasarkan fakta? Setelah tahu mana tips yang fakta dan mana yang mitos, sekarang kamu jadi tambah semangat kan buat belajar masak? Masak yang enak ya!



Shares 9
Previous Cara Ini Ampuh Banget Buat Tahu Omongan Seseorang Itu Bohong atau Enggak
Next Penasaran Seperti Apa Kamar Generasi Milenial dari Seluruh Dunia? Ternyata Kayak Gini Nih...