Pizza Lover Wajib Tahu 12 Fakta Unik Soal Pizza Ini Biar Khatam Soal Dunia Per-Pizza-an

Kamu doyan ngemil makanan asal Italia yang satu ini? Ternyata pizza yang sering kamu makan punya banyak fakta unik didalamnya loh, simak yuk.

Pizza… Hmmm… Siapa sih di sini yang gak suka pizza? Pasti jawabannya gak ada. Gak mungkin banget di dunia ini ada manusia yang gak suka makanan yang terbuat dari roti dan diberi olesan saus tomat plus berbagai topping ini. Adonan roti yang empuk dan topping yang macam-macam mulai dari daging sapi, jamur, ikan tuna sampai keju mozarella bikin rasa pizza jadi makin istimewa buat disantap. Terbukti makanan yang satu ini jadi andalan buat nemenin beragam aktifitas yang kita lakuin, mulai dari nonton bola sampai belajar buat ujian besok.

Gak heran peminat pizza itu banyak banget dan datang hampir dari semua kalangan. Kalau kamu termasuk golongan penggemar pizza kelas berat, kamu wajib tahu 12 fakta unik soal pizza di bawah ini!

1. Asal Muasal Pizza

Via: amazon.com

Kamu tahu gak, ternyata kata pizza pertama kali ditemukan ribuan tahun lalu di sebuah buku latin yang ditulis di Italia bagian selatan pada tahun 997 sebelum masehi. Gila… Jadul banget, ya!


2. Konsumen Pertama Pizza

Via: freepik.com

Kalau jaman sekarang pizza bisa dibilang makanan kaum urban yang punya duit. Tapi sebenernya, di awal-awal keberadaannya, justru pizza adalah makanan yang biasa dijual dan dimakan oleh kalangan pekerja imigran kelas bawah, lho.

3. Sejarah Pizza Datang Ke Amerika

Via: storage.quebecormedia.com

Hal itu mulai berubah semenjak Perang Dunia ke-II berlangsung dan para tentara Amerika yang pulang berperang dari Italia terngiang-ngiang sama kelezatan pizza yang mereka makan semasa perang. Saking kangennya, beberapa dari mereka berhasil membuat pizza sendiri berdasarkan resep yang mereka bawa dari Italia.

4. Kota Pertama Penjual Pizza Di Amerika

Via: 2.bp.blogspot.com

Kota pertama yang menjual pizza di Amerika adalah New York, lalu menyusul Boston, New Haven, dan Trenton. Keempat kota ini menjual pizza dengan bawaan cita rasa dari para pekerja imigran kelas bawah yang berasal dari Italia Selatan. Wah… memang gak bisa move on, ya. Tapi untungnya membuahkan hasil.

5. Bentuk Awal Pizza Yang Dijual Di Amerika

Via: Freepik.com

Pada masa-masa awal penjualan pizza di kota New York, pizza hanya diperjualbelikan dalam bentuk satu loyang penuh. Namun pada tahun 1933 seorang chef yang bernama Patsy Lancieri mulai menjual pizza dalam pentuk potongan satuan, jadi orang-orang bisa beli pizza per slice.

6. Sering Beli Pizza Di Gerai Yang Satu Ini?

Via: calhounconstructs.com

Kalau kamu sering jajan pizza di gerai Domino’s, kamu wajib tahu kalau komitmen mereka buat nyiapin pizza kurang dari 30 menit sejak dipesan adalah komitmen mereka sejak tahun 1993. Komitmen ini dibuat untuk ngedukung kebijakan pemerintah setempat soal berkendara dengan aman.

7. Pizza Dibikin Alat Intelejen

Via: Freepik.com

Pada akhir tahun 60-an, tentara Amerika Serikat sempat memata-matai reporter dan politikus setempat melalui pengiriman pizza palsu, lho.

8. Cita Rasa Pizza Di Berbagai Negara

Via: Freepik.com

Pizza boleh aja jadi makanan yang berasal dari Italia, tapi cita rasanya yang super enak bikin makanan ini jadi punya ciri khas di berbagai negara. Contohnya, di Brazil topping pizza yang ngehits adalah kacang polong, sedangkan di Prancis topping yang banyak disukai adalah telur goreng, sementara di Tiongkok yang jadi topping favorit adalah potongan hot dog.

9. Orang Terkenal Yang Bermula Dari Pegawai Pizza

Via: outreach.com

Banyak banget tokoh dunia yang terkenal bermula dari pegawai di restoran pizza, beberapa diantaranya adalah Stephen Baldwin alias Ayahnya super model Hailey Baldwin dan Bill Murray.

10. Artis Cilik Ini Punya Band Yang Terinspirasi Dari Pizza Loh

Via: popsugar-assets.com

Pada ahun 2013 aktor cilik Macaulay Culkin yang main film Home Alone ngebentuk sebuah band dengan tema pizza. Gak cuma nama band yang berbau pizza saja, tapi lagu-lagu mereka juga bernuansa pizza kayak “I’m Waiting for the Delivery Man” dan “All the Pizza Parties”. Nyentrik abis, ya!

11. Jadi Alat Bantu Polisi Buat Mengungkap Kasus Pembunuhan

Via: staradvertiser.com

Wah, selain dipakai memata0matai pada tahun 60-an seperti ang disebutkan di poin ke-7, pizza juga pernah ikut andil dalam membantu polisi menangkap seorang pembunuh berantai. Pada tahun 2010 seorang polisi yang menyamar jadi pegawai pizza berhasil mengidentifikasi sample DNA dari si pembunuh yang ngemil pizza di sebuah pesta ulang tahun kerabatnya.

12. Penyelamat Dari Upaya Perampokan

Via: cdn.abclocal.go.com

Gak cuma itu, di tahun 2008 seorang pengantar pizza berhasil lolos dari sebuah perampokan dengan melempar pizza yang dia antar ke muka si perampok.

The power of pizza memang luar biasa sekali, ya

 

Melongo kan pas baca fakta-fakta unik soal pizza di atas? Ternyata pizza gak cuma makanan buat temn nonton bola tapi bisa jadi alat bantu polisi ngungkapin kejahatan juga. Hmm… Jadi kepengen makan pizza deh, kalau topping favorit kamu apa?

 



Shares 11
Previous Ketika Para Fotografer Professional Bergabung Menentang Perdagangan Satwa Liar, Begini Lah Hasilnya
Next Ngakak! Gini Nih Cara Samsung Nyindir Produk iPhone Lewat Iklan Terbarunya