7 Fakta Unik tentang Cokelat yang Jarang Banget Diketahui Orang

Ternyata cokelat putih pun bukan cokelat!

Ngaku suka cokelat? Atau udah sering makan cokelat sejak jaman purba? Bentar dulu, jangan ngaku chocolate lover kalau kamu belum tahu tentang fakta-fakta cokelat berikut ini. Dilansir dari Mentalfloss, ini dia 7 fakta tentang cokelat yang jarang banget diketahui oleh orang. Kepoin, yuk!

1. Cokelat merupakan salah satu jenis sayuran

via agrobisnis.com

Cokelat berasal dari pohon cokelat yang memiliki biji, sehingga jenis tanaman ini masuk dalam kategori sayuran dan kacang-kacangan. Pohon cokelat juga termasuk dalam famili Malvaceae, sama seperti pohon kapas. Jadi, melihat dari kategorinya, cokelat merupakan salah satu jenis sayuran.

2. Cokelat putih itu bukan cokelat

via orbitdigital.com

Memang cokelat putih memiliki kandungan biji cokelat, terutama dari lemak cokelatnya. Tapi, karena tidak mengandung cokelat padat ataupun chocolate liquor, sebenarnya cokelat putih nggak bisa dimasukkan ke dalam kategori cokelat dalam artian yang sesungguhnya.


3. Cokelat panas adalah varian cokelat pertama di dunia

via vemale.com

Cokelat dulunya sangat dekat dengan kebudayaan Aztec dan orang-orang Meksiko. Awalnya varian cokelat panas digunakan untuk hidangan acara resmi seperti resepsi pernikahan. Beda banget sama sekarang yang jadi menu utama sehari-hari penggemar cokelat.

4. Cokelat pertama kali berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan

via mentalfloss.com

Diperkirakan penduduk asli Meksiko dan Amerika Selatan sudah menanam pohon cokelat dari tahun 1250 SM atau bahkan lebih awal lagi. Wow!

5. Cokelat susu ditemukan pertama kali di Swiss

via seruni.id

Daniel Peter menemukan varian cokelat ini tahun 1875 di Switzerland. Setelah melakukan eksperimen selama delapan tahun dalam menemukan menu makanan baru, cokelat susu pun menjadi temuannya yang paling berhasil.

6. Membuat cokelat butuh usaha yang keras

via id.openrice.com

Meski sudah tahu jika cokelat berasal dari biji cokelat pilihan, tapi ternyata pembuatannya nggak sesimpel itu. Untuk bikin satu pon (setengah kilogram jika dibulatkan) cokelat berkualitas aja, kamu butuh 400 biji cokelat, lho.

7. Pohon cokelat bisa hidup sampai 200 tahun

via tanobat.com

Meski aslinya pohon cokelat bisa hidup sampai 200 tahun. tapi kenyataannya iklim tropis membuatnya hanya bisa bertahan selama 25 tahun saja. Jadi, wajar aja kalau umur pohon cokelat di dunia saat ini relatif pendek.

Itu dia 7 fakta tentang coklet yang jarang banget diketahui oleh orang, bahkan penggemarnya sekalipun. Disamping lezat, fakta-faktanya pun cukup unik ya!? 🙂



Shares 15
Previous Temukan Semangat Hidupmu Lewat 10 Quotes Keren Ini, Yuk!
Next Bro, Apa Kamu Masih Ingat 12 Film yang Hits di Tahun 90an ini?