Kamu Sibuk Tapi Ingin Tetap Liburan? Yuk, Coba 7 Staycation di Jakarta

Pernah dengar kata Staycation? Mungkin masih terdengar asing tapi penggabungan dari Stay (tinggal) dan Vacation (liburan) ini memiliki arti liburan di rumah. Bukan berarti hanya sekedar “liburan di dalam rumah” melainkan liburan di tempat yang tidak jauh di sekitar rumah atau daerah tempat tinggal. Staycation ini juga cocok bagi kamu yang sibuk dan hanya memiliki sedikit waktu luang tapi tetap ingin berlibur. Jenis liburan ini juga termasuk hemat waktu dan biaya (tergantung tempat yang dikunjungi ya).

Walaupun hanya sebentar saja staycation ampuh mengusir rasa penat akibat beban kerjaan yang menumpuk. Agar lebih terasa liburan ala staycation matikan notifikasi handphone-mu, jangan membawa laptop dan jangan lupa membaurlah dengan orang-orang yang kamu temui selama staycation.

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan mau mencoba liburan ala staycation ini, kamu wajib mengunjungi 7 tempat ini.

1. Sepeda santai di Car Free Day (CFD)

Setiap hari Minggu, di sekitar jalan Sudirman hingga MH. Thamrin kamu bisa menikmati jalanan yang bebas dari kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Kamu bisa ber-staycation di sini dengan bersepeda ria. Car free day atau hari bebas kendaraan bisa kamu nikmati dari pukul 06.00 – 11.00 wib di hari Minggu tentunya. Namun, jika kamu tinggal jauh dari jalan Sudirman kamu juga bisa menikmati Car Free Day di jalan-jalan berikut ini.

  • Kota Tua Jakarta, Jakarta Barat
  • Jl. Letjen. Suprapto, Jakarta Pusat
  • Jl. Sisingamaraja, Jakarta Selatan
  • Jl. Pemuda, Jakarta Timur
  • Jl. Danau Sunter, Jakarta Utara

2. Wisata Alam Taman Mangrove

Ingin berwisata alam di kelilingi pepohonan Mangrove? Datanglah ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara. Danau yang memiliki luas sekitar 99,82 hektar ini memiliki mayoritas vegetasi mangrove (bakau). Jika kamu pernah melihat film dokumenter mengenai Sungai Amazon, di sini kamu bisa merasakan Amazon mini dengan berkeliling hutan mangrove di atas perahu atau kano. Tidak hanya bisa melihat pemandangan hutan bakau, kamu juga bisa ikut menanam bakau dan melihat biawak, kelinci, monyet dan burung. Harga tiket masuknya terjangkau cukup dengan Rp. 25.ooo saja dan ingin berkeliling naik perahu mengelilingi hutan bakau cukup dengan Rp. 250.000/6 orang/ perahu.

3. Mengunjungi pusat kebudayaan negara lain

Kita semua tahu bahwa setiap negara memiliki kebudayannya masing-masing dan sangat menyenangkan untuk mengetahui sekaligus mempelajari budaya lain. Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia adalah tempat berkumpulnya kedutaan besar negara lain dan ini berarti mereka pasti memiliki pusat kebudayannya sendiri. Di sinilah tujuan staycation yang bisa dicoba.

Kamu bisa mengunjungi Institut Francais d’Indonesie untuk kebudayaan Perancis, Goethe Institut untuk kebudayaan Jerman, dan Japan Foundation untuk kebudayaan Jepang. Pusat kebudayaan asing ini rutin mengadakan pameran kebudayaan , pemutaran film dan tidak ketinggalan les bahasa asing.

4. Teater Taman Ismail Marzuki

Bosan nonton film di bioskop terus? Kamu bisa mencoba sensasi baru menonton teater di Taman Ismail Marzuki. Kamu bisa melihat langsung bagaimana sebuah “lakon” dimainkan tanpa adegan yang di cut, adegan yang harus di rekam, dan tata panggung yang bagus. Kamu juga tidak akan bosan menonton teater di tempat ini karena setiap bulannya selalu ada pertunjukkan yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat di sini

5. Mengunjungi Perpustakaan

Kapan kamu terakhir kali mengunjungi perpustakaan? Mungkin sewaktu masih sekolah. Tidak seperti di toko buku di mana kamu tidak terlalu nyaman untuk bebas membaca buku di sana, di perpustakaan kamu bisa bebas membaca buku sambil duduk nyaman. Perpustakaan menyediakan berbagai buku dengan berbagai macam topik mulai dari terbitan baru hingga terbitan lama yang sudah tidak keluar lagi di pasaran. Bagi kamu yang ingin mencoba staycation di tempat ini kamu bisa mengunjungi perpustakaan berikut.

  • Perpustakaan UNESCO Jakarta (Jl. Galuh II/5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan)
  • Perpustakaan Freedom Institute (Jl. Proklamasi No. 41, Menteng, Jakarta Pusat)
  • Perpustakaan Public Information Center World Bank of Jakarta (Jakarta Exchange Tower Level 13, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53)

6. Taman Krida Loka

Olahraga sambil jalan santai juga bisa dikategorikan sebagai staycation juga. Di Taman Krida Loka yang berlokasi di Gelora Bung Karno, Senayan ini kamu bisa menikmati jogging track sepanjang 1000 meter dan berbagai fasilitas atletik lainnya. Cukup hanya membayar Rp. 6000 sebagai tanda masuk, kamu bisa menikmati fasilitas di taman ini dan jika kamu malas berolahraga, duduk-duduk santai di taman ini juga menjadi pilihan yang bagus.

7. Menginap di hotel

Terdengar aneh memang untuk apa kita tinggal di hotel di daerah tempat kita tinggal tapi hal ini tidak ada salahnya dicoba. Karena di hotel posisimu sebagai tamu dimana kamu akan dilayani oleh para staff dan bisa rileks menikmati hidup. Selain tidur-tidur santai kamu bisa menikmati fasilitas hotel yang disediakan seperti kolam renang, gym atau spa. Jadi cobalah sekali-kali menikmati hidup santai di hotel.

 

Happy Staycation, Guys!


Komentar:

Komentar