Bukan dengan Beras, Gini loh Caranya Menyelamatkan Handphone yang Terendam Air

Agar kamu tidak panik berlebihan

Air bisa dibilang adalah musuh bagi sebagian besar handphone (HP), terkecuali beberapa tipe kelas atas seperti Samsung Galaxy S7 atau iPhone 7 yang memang terbukti tahan jika ditenggelamkan ke dalam air (dengan batasan kedalaman tertentu pastinya). Nah, jika kamu belum memiliki kedua tipe gadget pintar di atas, kamu wajib ekstra hati-hati. Jangan sampai HP kamu jatuh ke dalam air meski hanya satu detik saja.

Tapi, yang namanya nasib sial siapa yang bisa tebak. Kemungkinan HP kamu tanpa sengaja terjatuh ke dalam air, atau terkena hujan yang cukup deras, itu tak bisa dibilang nol meski kamu sudah ekstra waspada. Kalau itu sampai kejadian, apa yang akan kamu lakukan? Apakah menimbun HP kamu di dalam beras? Lantas, apakah cara tersebut memang efektif?

Beras tidak 100% efektif menyelamatkan HP yang terendam total

- Advertisement -

sumber: cnet

Faktanya, air adalah penghantar listrik yang sangat baik. Jadi, jika gadget pintarmu yang tidak waterproof itu terendam air, maka handphone bisa konslet dan malah bisa membuatmu kesetrum.

Beras sendiri memang memiliki kemampuan menyerap air. Tetapi jika HP kamu basah total, merendamnya berhari-hari dalam beras pun tidak akan terlalu banyak menolong. Apalagi kalau HP kamu terkena air laut, komponen-komponen di dalamnya juga akan cepat berkarat.

Sebelum kita membahas cara lain untuk menyelamatkan HP yang terendam air, baiknya kita bahas dulu langkah-langkah antisipasinya, yuk. Buat jaga-jaga biar kamu tidak menderita kerugian nantinya.

Rutin melakukan back up

sumber: shutterstock

Proses back up tidak hanya kamu lakukan saat ingin mengganti atau menjual handphone saja. Biasakan untuk rutin melakukan back up setidaknya seminggu sekali demi mencegah kemungkinan terburuk; hilangnya data penting seperti dokumen atau foto. Proses back up sendiri bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja dengan mengunakan fasilitas cloud seperti iCloud atau Google Account, yang nantinya bisa kamu akses kapan pun sesuai keinginan.

Selfie di kamar mandi? Absolutely no!

sumber: shutterstock

Kalau kamu punya kebiasaan selfie atau bahkan mendengarkan musik menggunakan handphone saat di kamar mandi, mending hentikan dari sekarang. Daripada kamu menanggung kerugian (plus malu) karena gadget kamu rusak.

Jauhkan dari balita dan hewan peliharaan

sumber: 953mnc

Balita dan hewan peliharaan tentu tak paham bahwa handphone kamu adalah barang yang rentan terhadap air. Bisa saja saat kamu lengah, adik kecilmu mencelupkannya ke dalam susu karena disangkanya HP kamu itu Oreo.

Nah, kalau begitu kasusnya tidak mungkin kan menyalahkan adik kecilmu itu? Sama halnya dengan peliharaan seperti anjing dan kucing, mereka biasanya gemar menjilati sesuatu. Air liur hewan juga bisa menyebabkan mati total pada gadget, loh.

Hal yang dilakukan jika handphone basah

sumber: vulcanpost

Hal pertama yang harus dilakukan adalah sesegera mungkin mematikan gadget kamu. Jika baterainya bisa dicopot, copot saja. Enyahkan dulu pikiran untuk mengecek segala macam notifikasi dari media sosial, dan jangan sesekali mencoba menge-charge HP kamu karena bisa membuatmu tersetrum listrik.

Setelah itu, segera bawa handphone kamu ke service center terdekat untuk dilakukan pengecekan. Biasanya garansi handphone tidak berlaku kalau alasannya karena human error, seperti terjatuh ke dalam air. Tapi, tidak ada salahnya buat mencoba, bukan?

Jika kamu enggan mengeluarkan uang ekstra, kamu bisa mencoba mengeringkan HP kamu dengan hair dryer dengan kekuatan paling minimum.

Jadi, jaga baik-baik handphone kamu, ya. Kalau sudah kecebur, koleksi foto favoritmu juga bisa hilang, ‘kan?

Sumber: GadgetHacks

Shares 3K
Previous Baru 23 Tahun Sudah Kunjungi 19 Negara, Rahasia Cewek Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala
Next Nostalgia, Yuk! Ini Dia 7 Kenangan Anak 90an yang Dibangkitkan Kembali di Generasi Kids Jaman Now