Beli Sepatu Online Tapi Kekecilan? 5 Trik Ini Bikin Sepatu Baru Gak Kesempitan Lagi


Kalau melihat jajaran sepatu yang terpampang nyata di online shop pasti bikin mupeng abis. Salah satu permasalahan kalau kita berbelanja online khususnya sepatu adalah ukuran dan kenyamanannya. Walau sudah yakin dengan ukuran sepatu yang biasa dipakai, tapi terkadang sepatu yang dipesan malah kebesaran atau kekecilan. Kalau kebesaran sih masih bisa diakali dengan memakai kaus kaki tapi kalau kekecilan? Dibalikin ke penjualnya terkadang ribet dan susah, tidak dipakai mubazir. Nah, untuk mengakali sepatu kekecilan ini nih trik cerdasnya.

1. Menggunakan hair dryer

Sumber: pinterest.com

- Advertisement -

Kalau sepatumu berbahan kulit atau karet, trik no. 1 ini paling tepat dilakukan loh. Caranya, terlebih dahulu gunakan kaus kaki lalu pakai sepatu yang kekecilan tersebut. Atur hair dryer ke temperatur panas (high), lalu arahkan di bagian sepatu yang sempit berik jarak sekitar 10 cm agar lem sepatu tidak terkelupas. Agar cepat longgar, goyangkan juga kakimu saat sedang dipanaskan. Setelah dipanaskan, berjalanlah sebentar dengan sepatu tersebut hingga suhu sepatu kembali normal.  Lepas kaus kaki dan coba gunakan sepatu tersebut tanpa kaus kaki. Jika masih terasa sempit ulangi kembali cara di atas.

2. Memasukkan sepatu ke freezer

Sumber: pinterest.com

Untuk sepatu berbahan vinyl, suede maupun plastik, trik satu ini bisa dipili juga loh. Caranya kamu cukup mengisi air ke dalam kantung plastik zip lock. Isi sampai penuh lalu masukkan plastik berisi air tersebut ke dalam sepatu. Masukkan sepatu ke dalam freezer, diamkan selama semalam. Air yang membeku dalam sepatu akan membantu meregangkan sepatu. Tips tambahan jika mau menggunakan trik ini, cuci terlebih dahulu sepatumu dan kamu bisa memasukkan sepatu ke dalam plastik tambahan agar bau sepatu tidak mengkontimasi freezermu.

3. Memasukkan koran basah

Sumber: ragamartikel.blogspot.com

Kalau sepatumu berbahan kain, trik melonggarkan sepatu dengan koran basah bisa dicoba. Caranya, ambil koran secukupnya lalu basahi dengan air. Penuhi bagian dalam sepatu dengan koran basah tersebut hingga padat dan sepatu membengkak. Diamkan semalaman hingga koran mengering lalu lihat hasilnya.

4. Menggosokkan alkohol ke sepatu

Sumber: shoe-tease.com

Alternatif lain yang bisa digunakan untuk melonggarkan sepatu adalah dengan bantuan alkohol. Caranya basahi kapas lalu olesi ke bagian yang sempit, segera pakai sepatu tersebut dan gunakan untuk berjalan-jalan sedikit hingga alkohol mengering. Kalau bagian sepatu yang kekecilan adalah semuanya, maka bisa gunakan kaus kaki yang sudah direndam alkohol lalu berjalan sedikit hingga alkohol mengering.

5. Gulungan kain atau kaus kaki 

Sumber: ferebres.com

Jika gulungan koran basah bisa menyebabkan sepatu basah dan tidak bisa langsung dipakai, maka metode memasukkan gulungan kain atau kaus kaki bisa menjadi alternatif untuk melonggarkan sepatu yang sempit. Caranya mudah, masukkan kain atau kaus kaki ke dalam sepatu hingga padat dan sepatu membengkak. Diamkan semalaman. Cara ini lebih efektif untuk sepatu berbahan kain ya.

Dengan lima trik di atas kamu gak perlu khawatir lagi deh kalau sepatu barumu kekecilan. Selamat mencoba!

- Advertisement -
Shares 8
Previous Psst, 10 Makanan ini Bisa Membantu Meredakan Sakit atau Perih pada Perut, Lho!
Next Berapa Lama Waktu Pencelupan Oreo ke Dalam Susu yang Paling Optimal?

Suggested Posts

6 Keunikan yang Bakal Sering Ditemui seandainya Kamu Tinggal di Melbourne

Buat Si Pemalu, Ini Nih 6 Tips Sederhana Supaya Jauh Lebih Pede!

Mau Tahu Kenapa Kamu Nggak Akan Bisa Bosen Nge-mall? 5 Alasan Inilah Buktinya!