Asekkk! Yuk Nikmatin Hidupmu Dengan 5 Prinsip Ini! Yang Penting YOLO Aja, Cuy!

“YOLO” adalah istilah yang diciptakan rapper Drake yang merupakan singkatan dari “You Only Live Once” atau “kamu hanya hidup sekali”. Kalau kamu pengen menjalani hidup dengan prinsip YOLO, kamu bisa belajar untuk menikmati hari dengan cara-cara yang sederhana atau yang hebat, hindari sifat pemalas, dan menyibukkan diri dengan hal-hal yang sebaik mungkin. Lagipula, prinsip YOLO hanya dapat dinikmati satu kali! Yuk mulai hidup YOLO!

 

1. Buat List Mimpi-mimpimu!

Dream-List2.jpeg (500×334)

dream list via tipsfromtown.com

YOLO bagaikan daftar impian yang harus selalu diperbaharui. Kamu emang harus menjalani hari seolah-olah ini adalah hari terakhir dalam hidupmu. Tapi, daftar impian tetap nomor satu, karena kamu nggak mungkin bangun pagi ini dan langsung memutuskan pergi ke Candi Borobudur dengan seketika. Rencanakan hal-hal sulit yang sangat ingin kamu capai dalam hidupmu.

Misalnya, apa yang bakal kamu lakukan sebelum meninggal dunia kelak? Apa yang bisa kamu lakukan untuk semakin dekat dengan impian tersebut? Temuin langkah-langkah kecil yang dibutuhkan untuk dapat mencapainya. Kalau kamu ingin ke Candi Borobudur, kamu mungkin nggak bisa melakukannya dengan segera. Tapi, kamu bisa mencari tahu bagaimana cara ke sana, berapa biayanya, dan informasi lain. Terapkan prinsip YOLO dengan bersikap cerdas, ya!

 

2. Jadilah Manusia Yang Jujur

Smart-Girls-Think-Ahead-and-Plan-for-a-Thriving-Future-Girl-Defined-.jpg (510×357)

honest girl via girldefined.com

Kalau kamu biasanya melakukan apa yang diharapkan orang lain atau berpikir dan berkata menurut apa yang orang lain sukai, ini berarti kamu tidak menganut prinsip YOLO. Alih-alih, dengerin kata hati kamu sendiri. Jangan mengubah pemikiran kamu demi mengikuti orang lain. Bicaralah dari hati dan ungkapkan kenyataan yang sebenarnya.

Berhentilah ngorbanin diri sendiri untuk menyenangkan orang lain. Jangan berkompromi untuk menjadi vokalis dalam sebuah band hanya karena kamu memiliki suara yang bagus, kalau kamu nggak menginginkannya. Ingatlah untuk selalu jujur terhadap diri sendiri. Jadilah orang yang bijaksana, dan jangan bersikap jahat. YOLO bukanlah alasan untuk menjadi orang yang nyebelin!

 

3. Perbanyak Kenalan Dengan Orang-orang Baru

dram-shop-lawsuit.jpg (425×282)

new friends via eturneja.com

Semarakkan rutinitas dengan memberikan ruang bagi orang-orang baru di duniamu. Semakin banyak orang yang kamu kenal, hidupmu bakal makin spontan. Cobalah memperkenalkan diri ke murid-murid baru di sekolah atau kampusmu, dan mulailah pembicaraan dengan mereka.

Ciptakan beberapa lingkup pertemanan yang berbeda. Jangan batasi dirimu pada satu lingkungan pertemanan tertentu aja. Kalau kamu tipe orang yang suka lucu, bertemanlah dengan anak-anak pintar di sekolah atau penyuka seni. Bertemanlah dengan pria, wanita. Kenallah semua orang!

 

4. Stop Membuat Banyak Rencana!

gender_planning.jpg (1691×1123)

planning via euge.europa.eu

Kok kayaknya kontradiktif sama poin nomer 1? Nggak kok, kalau yang nomer 1 kan menuliskan impian, kalau yang ini tentang perencanaan kegiatanmu. Jadi gini nih, coba deh kamu bangkitkan spontanitas dari dalam dirimu, biarkan aja spontanitas membentuk rencana untukmu supaya kamu bisa menikmati hari-hari dengan maksimal. Susunlah rencana seiring berjalannya waktu. Jangan memutuskan hal-hal yang bakal kamu lakukan bersama teman-teman terlalu awal.

Misalnya, jangan memutuskan di hari Selasa rencana aktivitas yang akan kamu lakukan di hari Sabtu nanti. Kamu punya waktu yang amat panjang di antara hari-hari tersebut. Janganlah mengkhawatirkan yang bakal kamu lakuin besok, pikirin aja lima belas menit ke depan dan gimana kamu bakal bersenang-senang!

 

5. Cobalah Melakukan Satu Hal Baru Setiap Hari

20150127-try-different-things-grumpy-a.jpg (600×370)

new thing via imgix.net

Kalau kamu ingin menjalankan prinsip YOLO, jangan mencoba melakukan semua hal sekaligus. Lakukan hal baru setiap hari, namun jangan sekaligus. Kalau kamu melakukan YOLO dengan sangat maksimal hari ini,kamu masih punya banyak hal menyenangkan untuk besok. Pikirin hal ini sebagai proses jangka panjang dan pacu dirimu.

Hindari memiliki hari yang sama berurutan, terutama kalau kamu masih bersekolah atau bekerja. Sangat mudah untuk terjebak di dalam rutinitas yang sama setiap hari kalau kamu nggak berhati-hati. Terkadang YOLO-pun bisa menjadi rutinitas yang berulang. Kamu nggak perlu memaksa diri untuk melakukan hal gila setiap hari. Terkadang hal tergila yang bisa kamu lakuin adalah bersantai dan nggak ngelakuin apa-apa.

Nah, itu dia 5 cara nikmatin hidup ala YOLO. Ingat! YOLO nggak selamanya berarti hidup sesuka hati tanpa aturan, YOLO yang sebenarnya adaah hidup yang rapi dan tersetruktur sehingga kamu nggak bakal menyesali hidupmu! Yuk, ikutan nikmatin hidup ala YOLO!