Antara Sofa Bed dan Sofa Biasa, Mana yang Lebih Baik Kamu Punyai di Rumah?


via dekoruma.com

Entah karena Anda akan menempati rumah baru atau karena sofa lama sudah lapuk dan perlu diganti, ada saatnya Anda butuh belanja sofa. Untuk membelinya, Anda perlu tahu bagaimana cara membeli sofa atau furnitur dengan tepat. Saat ini, ada banyak sekali pilihan sofa yang ditawarkan. Bahkan toko online seperti Dekoruma juga menyediakan beragam model, material, dan warna.

Nama sofa bed pun disebut-sebut sebagai salah satu pilihan yang cocok dibeli untuk kebutuhan apapun. Sofa bed dikenal dengan ukurannya yang cukup besar dan nyaman untuk digunakan duduk atau berbaring. Sebelum memutuskan akan membeli sofa biasa atau sofa bed, perhatikan dulu hal-hal berikut ini.

Luas ruangan

via dekoruma.com

Luas ruangan yang nantinya menjadi tempat diletakkannya sofa menjadi hal pertama yang harus diperhatikan. Tak begitu masalah jika ruangan di rumah Anda serba luas; tapi bagaimana jika luas ruangannya terbatas?


Pastikan Anda mengukur ruangan terlebih dahulu untuk menemukan lokasi yang tepat untuk sofa. Untuk ruangan yang terbatas, dua buah sofa biasa yang masing-masing terdiri dari dua dudukan harusnya cukup dan tidak membuat ruangan terkesan penuh. Ruangan yang sempit bisa dipasang sofa bed asalkan tak banyak perabot lain yang diletakkan di tempat yang sama.

Fungsi utama sofa nantinya

Akan digunakan seperti apa sofa ini nantinya? Sebagian orang yang tak memiliki kamar berlebih di rumahnya seringkali menjadikan sofa sebagai tempat tidur tamu yang berkunjung. Jika demikian, pilih sofa bed untuk di rumah.

Selain difungsikan untuk tamu, Anda juga bisa memilih sofa bed untuk diletakkan di ruang keluarga dan menggunakannya saat menonton tv. Dengan begitu, Anda bisa duduk dan berbaring dengan nyaman dan leluasa tanpa merasa adanya gangguan pada punggung saat bangun.

Desain dan konsep rumah

via dekoruma.com

Perabot yang baik adalah yang disesuaikan dengan desain dan konsep rumah secara keseluruhan, termasuk urusan sofa. Sofa biasa memiliki model dan warna beragam yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Anda juga bisa membelinya langsung satu set yang umumnya terdiri dari sofa 2-3 dudukan, sofa satu dudukan, dan meja.

Hal ini berbeda dengan sofa bed yang tampaknya lebih cocok untuk digunakan di rumah dengan desain modern. Ini dikarenakan jika diletakkan di rumah bergaya klasik, model sofa bed akan tampak paling berbeda dibandingkan perabot lainnya.

Material yang digunakan

Untuk menentukan material, perhatikan fungsi utama sofa yang akan Anda beli. Untuk sofa biasa di ruang tamu yang kemungkinan besar lebih banyak digunakan hanya untuk duduk, Anda tak perlu merisaukan urusan material yang digunakan. Meski begitu, Anda perlu mempertimbangkan lapisan luar sofa. Sebaiknya, sofa dilapisi dengan material yang tahan air karena ada kemungkinan minuman yang Anda suguhkan untuk tamu tumpah, atau kemungkinan terjadinya kejadian kurang menyenangkan lain.

Berbeda dengan sofa bed yang mungkin akan lebih banyak digunakan, materialnya pun perlu lebih diperhatikan. Saat ini, terdapat dua material sofa bed yang paling populer, yaitu inner spring alias pegas dan memory foam atau busa lembut. Keduanya juga memiliki kelebihan masing-masing. Sofa bed yang terbuat dari inner spring memiliki efek baik untuk tulang punggung, terutama jika Anda suka berbaring di atasnya dalam posisi telentang. Untuk memory foam, nyaman digunakan dengan posisi miring karena memberi tekanan pada lekuk tubuh dengan sempurna. Anda bisa menemukan sofa bed jenis ini di Dekoruma dengan model yang menarik dan kualitas yang baik tentunya.

Setelah tahu sofa jenis apa yang cocok digunakan di rumah Anda, kini saatnya membeli di tempat yang tepat. Pastikan Anda membelinya di tempat terbaik dengan layanan maksimal dan menawarkan berbagai keuntungan untuk kamu sebagai pembeli. Pastikan pula Anda mendapatkan garansi dan harga terbaik. Anda dapat membeli sofa biasa di Dekoruma dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bahkan dapat melakukan tukar tambah sofa lama yang kamu punya. Menarik, bukan?



Shares 33
Previous Intip Nih 7 Gaya OOTD Nenek Paling 'Hype' Se-Jagad Raya, Yakin Deh Kalian Pada Kalah Gaya!
Next 4 Cara Mudah untuk Membuat Dekorasi Kamar Tidur Kamu Jadi Semakin Nyaman dan Bagus