Ternyata Ini Toh Alasan Kenapa Kucing Kita Selalu Nurut Ketika Dipanggil “Pus”


Hewan peliharaan sudah menjadi teman dalam keseharian kita. Memiliki hewan peliharaan itu susah-susah gampang, lho. Selain mengurusnya secara rutin, kita juga harus bisa melatih hewan peliharaan agar bisa jinak terhadap kita. Kucing merupakan beberapa pilihan dari banyaknya hewan peliharaan yang diminati di Indonesia. Selain jinak, kucing juga sangat mudah dalam urusan perawatannya.

Tapi ngomong-ngomong, kalian yang punya kucing penasaran nggak kenapa sih kucing itu selalu nurut kalau dipanggil “pus?”

cat-sweet-kitty-animals-57416
Kucing via tumblr.com

Panggilan kucing peliharaan memang kadang suka aneh-aneh yah guys. Selain “meong,” “pus,” dan juga panggilan awkward lainnya, kalian tau enggak kalau ternyata hewan peliharaan itu bisa nurut sama kita karena kebiasaan kalian yang suka panggil dia.

- Advertisement -

Gini deh guys, nama kalian siapa? Oke, misalkan “Siti.” Terus kalau dari kecil dipanggil Rihana apa nama kalian jadi Siti? Enggak kan guys. Nah, jadi kebiasaan itu mempengaruhi panggilan hewan peliharaan kita, atau dalam ilmu pisikologi dikenal sebagai classical conditioning yaitu kebiasaan yang terjadi karena terbiasa.

pexels-photo-198042
Cats via pexels.com

Hal ini disampaikan oleh seorang iluwan bernama Ivan Pavlov. Dia adalah salah satu dokter pisikologi dari negara Rusia. Pada waktu itu Pavlov selalu membunyikan longceng kepada anjingnya ketika akan diberikan makan. Akibat dari kebiasaan si Pavlov yang membunyikan bel sebagai tanda untuk anjingnya saat makan, anjing si Pavlov ini jadi terbiasa sama suara lonceng. Jika si anjing dengar suara lonceng berarti tandanya si anjing akan makan.  Teori ini dikenal sebagai Teori Belajar Pavlov atau Pavlov Learning Theory, dimana hewan dapat terbiasa dengan kebiasaan yang dilakukan tuannya.

Sama halnya dengan kucing, mereka terbiasa dengan kata “pus” karena “pus” itu seperti tanda yang biasa mereka dengar saat kita memanggil mereka.

pexels-photo-167773
Tabby Cat via pexels.com

Kalian juga bisa latih kucing kalian pake cara ini guys, siapa tau aja dia bisa bantu kita dalam hal-hal kecil kayak bangunin kita atau ngasih tau kalau ada tamu hehehe kan lucu guys.  Jadi kalian mau namain kucing kalian apa, guys? Saran gue sih coba deh mulai sekarang pakai nama kucing kalian itu yang keren-keren, kaya Kitty atau Stephie gitu (cuma saran doang sih hahaha). Kalau kucing kalian nurut, pasti keren dong! Selain itu, jangan lupa untuk merawat secara rutin kucing kalian yah!

- Advertisement -
Shares 4K
Previous Wow, 3 Fakta Landmark Dunia Ini Belum Banyak Yang Tau Lho! Yuk Baca, Biar Kamu Jadi Orang Pertama Yang Tau!
Next Hahaha Gila! Foto-foto Gaya Boncengan Di Atas Motor Ini Bikin Geleng-geleng Kepala!

Suggested Posts

6 Keunikan yang Bakal Sering Ditemui seandainya Kamu Tinggal di Melbourne

Buat Si Pemalu, Ini Nih 6 Tips Sederhana Supaya Jauh Lebih Pede!

Mau Tahu Kenapa Kamu Nggak Akan Bisa Bosen Nge-mall? 5 Alasan Inilah Buktinya!