7 Strategi Belajar Efektif, Khusus buat Kamu yang Pengen Dapat Nilai dan IPK yang Tinggi

Bukan berarti jadi kutu buku loh!

Kepintaran seseorang bukanlah sesuatu yang dibawa sejak lahir; itu adalah sesuatu yang didapatkan melalui proses. Meski begitu, kamu mungkin punya teman yang bisa dapat nilai bagus di kelas dan lulus tes tanpa terlihat belajar ekstra keras. Orang-orang yang seperti ini biasanya bikin kita penasaran. Gimana caranya mereka melakukan itu?

Tapi, harus diingat juga, kamu yang merasa diri ‘biasa-biasa saja’ sebenarnya bisa seperti mereka. Yups, sukses menaklukan setiap tes, dapat nilai yang bagus, dan meraih IPK yang bisa bikin orangtuamu tersenyum girang itu bisa kamu lakukan, asal kamu tahu taktik dan strategi yang efektif.

Seperti dirangkum dari Thinkeracademy, selama beberapa tahun para peneliti asal Amerika sudah mencoba mencari jawaban tentang cara belajar yang dilakukan siswa-siswa yang selalu dapat nilai bagus. Dan sekarang kamu bisa lihat hasil penelitiannya pada 7 poin di bawah ini.


1. Fokus untuk menguasai setiap hal baru yang kamu dapatkan

sumber: theathleticrider

Belajar itu tak akan pernah ada habisnya. Mau itu di bangku SMA, kuliah, atau bahkan ketika kamu sudah kerja, bakal selalu ada hal-hal baru yang harus kamu pelajari. Makanya, semakin dalam pemahaman serta penguasaan kamu akan suatu hal, kamu juga bakal semakin mampu menjawab tantangan dalam hidup.

Jangan puas hanya sampai di permukaan saja. Usahakan untuk selalu mendalami suatu mata pelajaran atau mata kuliah meskipun hal tersebut terasa sulit di awalnya.

2. Temukan fakta bahwa setiap pelajaran bakal berguna untukmu

sumber: shopify

Ketika kamu mengontrak satu mata kuliah, pasti deh pernah kepikiran apakah mata kuliah ini bakalan berguna atau tidak untuk kehidupan kamu? Yups, jika dirasa bahwa mata kuliah itu ‘tidak berguna’, kamu mungkin jadi malas untuk datang ke kelas. Bahkan hanya untuk sekedar setor muka kamu sudah ogah-ogahan.

Nah, kalau kamu pernah punya pengalaman seperti itu, ada baiknya kamu membalik pola pikir. Daripada meragukan kegunaan dari suatu pelajaran, bakal jauh lebih baik jika kamu mencari tahu sendiri apa kegunaannya di kehidupan nyata. Tak harus sendirian, kamu juga bisa diskusi bersama teman.

Meragukan kegunaan dari mata pelajaran itu sudah biasa, yang luar biasa itu adalah langsung mencari tahu apa kegunaannya.

3. Belajar untuk memilah pelajaran

sumber: theconversation

Tidak semua apa yang dosen atau guru kamu sampaikan harus diingat seutuhnya. Siswa yang cerdas pasti bisa menyaring mana yang harus ia ingat dengan mengambil intisari dari pelajaran yang ia dapatkan dalam satu sesi. Cara tersebut akan mengurangi beban otakmu untuk mengingat tanpa harus mengurangi tingkat penguasaan materi.

4. Temukan metode belajarmu sendiri

sumber: media.glassdoor

Setiap orang memiliki metode belajar untuk dirinya sendiri. Entah itu dengan cara mencatat materi atau merekamnya, banyak cara yang bisa dilakukan. Tapi, apa yang terasa efektif buat seseorang, bisa jadi sama sekali tak efektif buat orang lain. Misalnya, jika teman kamu bilang dia suka belajar sambil mendengarkan musik, belum tentu cara itu efektif buat kamu.

Temukan metode belajar paling efektif untuk dirimu, setelahnya kamu akan dengan mudah memahami setiap pelajaran yang ada.

Dan satu hal yang harus kamu pertimbangkan: multitasking itu sebenarnya sama sekali nggak efektif. Artinya, bakal jauh lebih baik jika kamu belajar tanpa gangguan sedikit pun, mau itu gangguan dari smartphone; suara TV; atau musik.

5. Gunakan nilaimu sebagai tolak ukur

sumber: educationpost

Nilai yang tinggi tidak pernah menipu; itu membuktikan seberapa sukses cara belajarmu sekarang ini. Jika kamu masih mendapat nilai rendah, jangan menyerah. Lakukan evaluasi dan coba metode belajar lain.

6. Jadilah kura-kura

sumber: petcha

Pernah dengar kisah kura-kura dan kelinci lomba lari? Yups, dalam seni belajar kamu harus menjadi si kura-kura, lambat tapi tetap konsisten. Tidak perlu terburu-buru. Ambil waktu yang kamu perlukan dalam menguasai satu pelajaran, pahami, dan lakukan review secara berkala.

Sebaliknya, belajar hanya pada malam sebelum tes itu kurang efektif. Seperti kuda yang lagi dipacu kencang, cara kayak gitu malah bikin stres.

7. Belajar bersama teman

sumber: rojish

Daripada kamu dipusingkan untuk mencari jawaban atas suatu hal yang tidak kamu mengerti, akan lebih bijak jika kamu bertanya pada teman yang lebih mengerti. Seperti kata pepatah, bergaul dengan pedagang minyak wangi akan memberikanmu wanginya juga. Nah, bertemanlah dengan mereka yang pintar maka kamu akan ketularan pintar juga.

Yuk, dicoba dari sekarang.



Shares 140
Previous Yakin Mau Menyerah Sekarang? Baca Lagi Deh 9 Quotes Ini Supaya Semangatmu Membara!
Next Kreatif! 5 Foto Fashion ini Jadi Versi Modern dari Beberapa Lukisan Klasik Terkenal