5 Trik Menyiapkan Bekal Sekolah untuk si Kecil yang Lebih Senang Jajan Makanan di Luar


Bukan rahasia lagi jika anak-anak butuh nutrisi yang tepat untuk mendukung tumbuh kembangnya. Di masa-masa ini, mereka butuh makanan yang tak hanya mengenyangkan, tapi juga bisa memberikan pengaruh pada kecerdasan dan kesehatannya. Sayangnya, terkadang upaya Anda sebagai orangtua tak berjalan lancar. Pada akhirnya, anak-anak malas membawa bekal ke sekolah dan lebih memilih jajan sembarangan.

via flickr.com

Jadi, bagaimana caranya agar anak-anak tetap mau menyantap bekal yang disiapkan? Tenang… lima tips berikut dijamin mampu membuat si kecil mau melahap bekalnya hingga tuntas.

Libatkan si kecil dalam memilih bekal yang akan dibawa

Anak-anak akan lebih senang saat diajak memilih bekal apa yang akan dibawanya besok. Jika Anda sudah menyiapkan semuanya sendiri, bukan tidak mungkin mereka akan malas menyantapnya karena merasa yang dibawa tersebut bukanlah pilihan mereka.


Untuk memudahkan, ajak mereka membuat jadwal bekal selama satu minggu. Ciptakan menu yang bervariasi yang juga memenuhi gizi seimbang. Buatlah menu yang tak membosankan, misalnya pada hari Rabu, nasi akan diganti menjadi kentang sebagai sumber karbohidrat yang dibutuhkan si kecil.

Ajak memasak dan menyiapkannya bersama

Jika memungkinkan dan mereka bisa bangun lebih pagi, ajak mereka menyiapkan dan memasak bekal yang akan dibawanya di hari itu. Beri tugas sederhana pada mereka, seperti mengoleskan selai pada rotinya atau menata irisan buah di kotaknya. Secara tidak langsung hal ini akan melatih anak untuk menerapkan pola makan sehat ketika anda ikut mengedukasi tentang setiap makanan yang disiapkan.

Dengan begitu, saat di sekolah nanti mereka akan menyantap bekalnya penuh semangat karena merasa inilah kerja keras mereka pagi itu. Membekalinya dengan makanan lebih juga bisa dicoba. Katakan pada mereka untuk membaginya dengan teman di sekolah yang artinya mereka akan semakin bangga karena hasil kerja kerasnya juga bisa dinikmati oleh orang lain.

Kreasikan tampilan bekalnya agar menarik

Membawa bekal berisi nasi dan lauknya dengan tampilan biasa bisa membuat mereka kurang berselera. Untuk itu, coba kreasikan cara penyajian bekal yang akan dibawa. Saat ini, ada banyak sekali cara untuk membuatnya terlihat lebih menarik, misalnya dengan mencetak nasinya menjadi bentuk boneka atau binatang.

Selanjutnya, gunakan makanan pelengkap lain sebagai hiasan pula. Anda bisa memotong sayurnya dengan bentuk lucu dan menyusunnya sehingga bekal tampak tidak biasa.

Tempatkan bekal di kotak makan siang yang lucu dan tumbler yang unik

Agar mereka semakin bersemangat membawa bekal, kemas makanan dan minuman mereka di kotak makan siang dan tumbler yang cantik ala Dekoruma. Kotak bekal yang biasa akan membuat mereka kurang percaya diri saat membawa bekal.

Model Tupperware yang beragam serta produk ternama Lock & Lock bisa menjadi pilihan andalan karena selalu mengeluarkan model yang diminati anak-anak.

Beri mereka teladan yang baik

Ini dia yang tak boleh dilupakan. Jangan sampai Anda meminta si kecil membawa bekal, tapi tidak memberikan contoh sama sekali. Mulailah dari diri sendiri. Bersama pasangan, Anda bisa berkomitmen untuk mulai hidup sehat dengan membawa bekal makan siang untuk di kantor. Hal ini bisa menjadi contoh yang baik bagi mereka. Ketika melihat orang tuanya pun melakukan hal yang sama. Maka mereka tak akan segan menirunya.

Selamat mencoba lima tips di atas…



Shares 64
Previous Kalau Ada Iklan Lowongan Pekerjaan Koplak Kayak Gini, Kamu Masih Minat Daftar Nggak?
Next 10 Penampakan 'Doggy' Terbesar di Dunia, Bikin Shock Saking Gedenya