4 Cara Mudah untuk Membuat Dekorasi Kamar Tidur Kamu Jadi Semakin Nyaman dan Bagus


Kamar tidur merupakan satu-satunya ruang paling pribadi di rumah. Di sini, Anda bisa bebas melakukan dekorasi dan pembuatan desain sendiri demi membuatnya nyaman ditempati. Jika Anda pernah menginap di hotel dan merasa bahwa kamar di sana sangat nyaman dan menyenangkan, sebenarnya Anda bisa membuat suasana serupa di kamar sendiri.

Agar kamar tidur menjadi tempat ternyaman dan tercantik di rumah, Anda perlu memerhatikan beberapa hal, salah satunya adalah teknik pencahayaan. Lampu di kamar memegang peran penting dalam terciptanya suasana nyaman yang Anda inginkan. Berikut tips mengatur pencahayaan di kamar yang baik.

Pasang lampu berlapis

via pixabay.com

Mengandalkan satu sumber cahaya saja di kamar adalah hal yang sebaiknya dihindari. Bayangkan jika Anda ingin cahaya yang lebih redup tapi tidak ingin gelap total, sedangkan di kamar hanya ada satu sumber cahaya. Tentunya hal ini menyebalkan, karena Anda harus memilih menyalakan atau mematikan lampu sekaligus, tanpa ada pilihan lainnya.

- Advertisement -

Jika tidak bisa memasang lampu berlapis yang bisa dimatikan dan dinyalakan sebagian, dimmer bisa menjadi pilihan terbaik. Dimmer akan membantu Anda mengontrol jumlah cahaya yang dibutuhkan di dalam kamar. Anda bisa mengaturnya, mau seredup atau seterang apa di saat-saat tertentu.

Gunakan lampu tambahan jika dibutuhkan

via pixabay.com

Bagi Anda yang suka menghabiskan waktu dengan membaca buku di kamar, adanya lampu baca di meja tepi ranjang atau meja belajar tentunya akan sangat membantu saat Anda melakukan hobi tersebut. Adanya lampu baca ini akan membuat Anda lebih fokus dan menjaga penglihatan mata tetap maksimal karena cahaya yang dibutuhkan sudah dipenuhi secara optimal.

Untuk model lampu baca, saat ini pun tersedia dalam beragam bentuk. Hal ini tentu saja memudahkan Anda untuk memilih lampu baca yang sesuai dengan konsep utama kamar tidur. Selain itu, tersedia berbagai jenis lampu yang bisa dicoba, misalnya jenis lampu LED. Lampu jenis ini dikenal dengan spektrum warnanya yang beragam dan hemat energi serta tak menimbulkan sensasi panas.

Ciptakan gaya sendiri di kamar

via dekoruma.com

Sekali lagi, ini kamar Anda. Jadi Anda bebas melakukan dekorasi apapun di dalamnya. Lampu juga bisa menunjukkan kepribadian Anda yang sesungguhnya. Tunjukkan gaya dan luapkan ekspresi Anda dengan menambahkan berbagai macam lampu hias di dalam kamar.

Lampu hias, misalnya lampu gantung dengan beraneka bentuk, akan terlihat cantik jika dipasang di dalam kamar dengan tata letak yang benar. Jika Anda menyukai sesuatu berbau seni dan memiliki banyak koleksi benda berseni, Anda bisa membuat kamar tidur serasa galeri seni. Caranya mudah, pasang lampu sorot pada objek-objek yang ingin Anda tonjolkan, misalnya lukisan dinding atau hasil kerajinan yang diletakkan di atas meja atau rak.

Jangan pernah gantikan sumber cahaya alami

Serapi apapun Anda mengatur teknik pencahayaan di dalam kamar, jangan pernah lupakan sumber cahaya alami. Saat siang hari, buka jendela lebar-lebar agar cahaya dan udara bisa masuk dengan bebas. Mood Anda yang biasanya bergantung pada lampu di dalam kamar akan berubah dengan adanya cahaya matahari yang masuk. Selain menyegarkan, membuka jendela juga merupakan cara paling efektif untuk menghemat listrik.

Mudah sekali bukan membuat kamar tidur jadi semakin nyaman didiami?

- Advertisement -
Shares 3K
Previous Antara Sofa Bed dan Sofa Biasa, Mana yang Lebih Baik Kamu Punyai di Rumah?
Next Kalau Ada Iklan Lowongan Pekerjaan Koplak Kayak Gini, Kamu Masih Minat Daftar Nggak?

Suggested Posts

6 Keunikan yang Bakal Sering Ditemui seandainya Kamu Tinggal di Melbourne

Buat Si Pemalu, Ini Nih 6 Tips Sederhana Supaya Jauh Lebih Pede!

Mau Tahu Kenapa Kamu Nggak Akan Bisa Bosen Nge-mall? 5 Alasan Inilah Buktinya!