7 Film Holywood ini Mirip Banget Dengan Anime Jepang! Menurut Kalian Terinspirasi atau Meniru?


Dalam dunia film, sebuah cerita adaptasi memang sudah biasa. Banyak film adaptasi dibuat karena sang penggarap film terinspirasi dari sebuah cerita ataupun film lainya. Meskipun hal itu sah-sah saja, tetapi masih banyak cerita yang dianggap kontroversi karena memiliki tingkat kemiripan yang terlalu tinggi.
Ada juga beberapa film yang dianggap kontroversi karena mengaku sebagai cerita original namun memiliki tingkat kemiripan yang tinggi dengan film yang sudah ada sebelumnya. Dalam kasus ini film-film garapan Holywood ini diduga memiliki kemiripan cerita, karakter ataupun setting dengan anime-anime Jepang yang sudah ada sebelumnya. Penasaran? Ini dia nih 7 film Holywood yang mirip banget dengan anime Jepang, check it out, guys!

1. Her dan Chobits

screenwriter
via screenwriter.com
animenewsnetwork
via animenewsnetwork.com

 

Film Her yang dirilis pada tahun 2013 ini memiliki kemiripan yang lumayan tinggi dengan anime Jepang yang berjudul Chobits karya Clamp Studio. Ceritanya sama-sama tentang seorang lelaki yang memiliki kedekatan dengan wanita yang bukan manusia. Yap, sang wanita sama-sama hanyalah sebuah intelegensi komputer.

Suara wanita dalam film Her sendiri bernama Samantha sedangkan dalam Chobits bernama Chi. Keduanya sama-sama menyukai tokoh utamanya namun cintanya terhalang oleh perbedaan antara manusia dengan komputer. Karena banyaknya persamaan inilah Spike Jonze atau penggarap film Her dianggap meniru Chobits.

2. Black Swan dan Perfect Blue

moarpowah
via moarpowah.com

Black Swan memang film yang terbilang sukses dengan menggunakan banyak aktris ternama seperti Natalie Portman ataupun Mila Kunis. Tetapi hal ini tidak dapat menghindarkan film yang dirilis pada tahun 2010 ini dari anggapan meniru.

Jalan cerita di film ini nyaris sama dengan film Perfect Blue karya Satoshi Kon. Yang menjadi pembeda adalah pemeran dalam Perfect Blue adalah seorang idol group yang berpindah haluan ke dunia akting, sedangkan Black Swan tentang penari balet . Anggapan meniru ini semakin kuat, karena Darren Aronofsky sebagai penggarap Black Swan juga pernah memasukan beberapa adegan yang sangat mirip dengan Perfect Blue dalam film garapannya yang lain yaitu Requiem for a Dream (2000).

3. Van Helsing dan Vampire Hunter D

storage.googleapis
via storage.googleapis.com

Film Van Helsing ini menceritakan tentang seorang pemburu monster yang dikirim ke Transsylvania untuk memburu Count Vlad Dracula. Memang cerita tentang perburuan Vlad Dracula ini sudah banyak dibuat semenjak dahulu.

Namun, kemiripan yang ada dalam film Van Helsing  dengan anime Vampire Hunter D yang di adaptasi dari novel karya Hideyuki Kikuchi yang berjudul sama ini, hanya terletak di miripnya pakaian yang digunakan oleh tokoh utamanya. Yaitu jubah hitam panjang dengan topi koboi di kepalanya.

Masih ada 3 film lain di halaman selanjutnya.

- Advertisement -
Shares 27
PreviousPage 1 of 2
Klik 'Next' untuk ke halaman selanjutnya
Previous 10 Potret 'Momen Tak Terduga' Ini Bikin Kamu Sulit Percaya Kalau Ini Beneran Nyata
Next Aneh dan Bikin Ngeri, tapi Kamu Harus Tahu 7 Penyakit Paling Langka Ini