5 Tanda Ini Nunjukin Kalau Kamu Kecanduan Sama Cinta Secara Gak Sehat

Kenali tanda-tanda ini supaya kamu gak kecanduan sama cinta dengan cara yang salah

Gak semua hubungan cinta bisa berjalan dengan sehat, terkadang ada orang yang rela bertahan dalam sebuah hubungan yang jelas-jelas udah gak sehat. Gak sehat di sini bukan berarti kamu sama pacar jarang makan atau olahraga berdua, tapi gak sehat dalam arti kalian berantem tiap hari, super curigaan satu sama lain, sampai main tampar atau pukul sama pacar kalau lagi emosi. Logikanya, ngapain bertahan di suatu hubungan yang cuma bikin jiwa dan pikiran kamu stres?

Tapi, ternyata, keluar dari hubungan yang gak sehat gak semudah itu, loh.  Nah, supaya kamu terhindar dari hal kayak gini, mending kamu kenali 5 tanda ini supaya kamu bisa punya hubungan cinta yang sehat sama pacar kamu.

1. Hobi Nyangkal Kenyataan

lonely girl near window thinking about something. beautiful sad
Via: freepik.com

Sering denger kalimat kayak gini, gak?

- Advertisement -

“Gue tahu dia selingkuh, tapi mungkin suatu hari nanti dia bakal berubah”.

“Yang penting dia bilang kalau dia sayang sama gue, gue cuma butuh percaya itu meskipun dia sering nyakitin gue”.

Hmmm… kalau kamu sering ngomong gini ke diri kamu sendiri, hati-hati bisa jadi kamu salah satu orang yang salah dalam ngartiin cinta dalam sebuah hubungan. Sebuah hubungan yang sehat itu ditandai sama kejujuran, mau itu sama pacar kita maupun sama diri kita sendiri. Kalau yang terjadi A ya jangan disangkal jadi B, menyangkal kejadian-kejadian yang bikin kamu sakit hati cuma bakal bikin kebahagiaan yang kamu rasain terasa palsu.

2. Berpikir Bukan Cinta Namanya Kalau Gak Penuh Penderitaan

people-2601231_960_720
Via: pixabay.com

Wah… jangan-jangan orang yang mikir begini hobinya nonton film India yang super dramatis. Kalau kamu berpikir cinta harus dipenuhi tangisan dan rasa sakit, kamu salah besar! Cinta itu justru media kita buat saling berbagi dan menyayangi, jadi kalau selama ini kamu rela diselingkuhin dan dibohongin pacar kamu, ubah pola pikir kamu dan move on!

3. Penakut

Paranoia
Via: nobullying.com

Rasa takut gak bakal dapetin orang yang lebih baik dibanding pacar kamu yang udah jelas hobi nyakitin kamu, adalah sesuatu yang harus kamu buang jauh-jahu dari otak kamu. Kalau alasan kamu buat bertahan di suatu hubungan cuma karena ngerasa rendah diri dan gak pantes dapetin pacar yang lebih baik, mending kamu kelilingin diri kamu sama lingkungan yang positif. Kamu bisa mulai dengan kumpul sama teman atau anggota keluarga yang bisa ngedukung rasa percaya diri kamu, dengan begitu kamu gak perlu takut buat ninggalin hubungan yang cuma menyiksa kamu.

4. Nyaman Disakitin

2bad8961bb8c3b3b9aea6d59946cef60
Via: cdn.newsapi.com.au

Ini nih yang bahaya, secara psikologis ada beberapa orang yang ketika ada di sebuah hubungan yang gak sehat cenderung bertahan karena mereka nyaman ngerasa sakit. Terdengar gak masuk akal sih, tapi ini beneran ada di dunia. Jadi, orang-orang tipe ini memang ngerasa kalau disakitin itu wajar dan dia layak diperlakukan seperti itu. Hmmm… mending konsultasi ke psikolog deh kalau kejadiannya udah begini.

5. Senang Mengasingkan Diri

solitude-copy-women-sorrow-casual-lonely_1418-614
Via: Freepik.com

Punya waktu buat diri sendiri alias me time memang penting, tapi bukan berarti kamu jadi anti sosial, loh. Karena kalau kamu termasuk orang yang anti sosial, bisa jadi kamu ngabisin waktu kamu terlalu banyak buat mikirin pacar kamu. Hal ini bisa bikin kamu lupa sama temen, keluarga, bahkan kesehatan diri kamu sendiri. Dunia kamu cuma dipenuhi sama dia… dia… dan dia. Hmmm… yang wajar-wajar ada deh, hubungan yang kamu punya kan gak cuma sama pacar aja.

 

Hubungan yang kita jalanin seharusnya bikin kita ngerasa bahagia, jadi kalau yang terjadi justru malah sebaliknya, tandanya kamu harus evaluasi hubungan kamu. 

Shares 39
Previous 5 Pertanyaan Sederhana Di Kehidupan Kita Ini Sampai Sekarang Masih Jadi Misteri
Next Kocak, 7 Potret Selfie Unik Nenek 88 Tahun Ini Bukti kalau Kreativitas Tak Lekang oleh Umur