17 Foto Emosional Beserta Cerita di Baliknya yang Mungkin Bisa Nyentuh Hati Kamu


Mengabadikan suatu perasaan dalam bentuk foto memang bukan hal yang mudah. Terkadang seorang fotografer lebih memilih mengatur sendiri objek fotonya (staged) ketimbang menunggu satu momen puncak dari suatu kejadian yang belum tentu bakal terekam kamera (candid).

Memang gak diragukan lagi sih, foto candid seringkali lebih mampu menonjolkan ekspresi objek dan juga lebih mudah memengaruhi perasaan penikmat foto. Ambil contoh foto-foto peperangan dalam surat kabar zaman dulu. Foto-foto perang seringkali nampilin ekspresi natural dari orang-orang yang terlibat di dalamnya, dan beberapa dari foto tersebut ada yang tercatat sebagai foto paling berpengaruh di dunia.

Nah, sekarang kita ambil contoh 17 foto yang dilansir dari Boredomtherapy. Deretan foto ini gak semuanya bercerita tentang perang. Tapi, ada nilai-nilai kemanusiaan lain yang bisa kita dapatkan dari melihat dan menyimak cerita di balik foto-foto berikut. Bahkan mungkin di antara kamu ada yang hatinya tersentuh setelah baca artikel ini. Gak percaya? Yuk, kalau begitu langsung aja kita liat.

- Advertisement -

1. Anak Kecil yang Bisa Mendengar untuk Pertama Kalinya

via boredomtherapy.com

Anak kecil dalam foto tersebut punya alasan yang bagus untuk ekspresi kaget di wajahnya. Dia terlahir dengan keadaan tuli (atau tunarungu, mana kata yang lebih tepat digunakan sebenarnya masih bisa diperdebatkan) dan butuh alat bantu pendengaran. Foto ini diambil saat alat bantu pendengaran pertama kali dipasang ke telinganya yang bikin si anak terkejut, karena saat itu adalah pertama kalinya dia dapat mendengar suara.

2. Batu Nisan yang Romantis

via boredomtherapy.com

Dua batu nisan dari pasangan suami istri di Belanda ini jadi bukti kalau cinta sejati itu memang bener ada. Sang istri adalah seorang penganut Katolik sedangkan suaminya penganut Kristen Protestan. Oleh karena itu, mereka berdua gak bisa dikuburin di pemakaman yang sama.  Tapi gak masalah, mereka berdua udah nemu jalan keluarnya supaya bisa terus terhubung walau maut memisahkan.

3. Tank Man

via boredomtherapy.com

Foto ini diambil pada tahun 1989 di Tiongkok. Waktu itu, negara tirai bambu sedang dilanda krisis yang memicu demonstrasi besar di Tiananmen Square, Beijing. Pihak militer mengerahkan pasukannya untuk meredam aksi tersebut dengan cara ekstrem yang mengakibatkan hilangnya ratusan nyawa para demonstran termasuk warga sipil.

Dalam foto terlihat seorang demonstran yang dengan berani menghadang laju tank tentara. Pria tersebut sampai sekarang belum diketahui identitasnya. Tetapi berkat keberaniannya, ia dikenang sebagai simbol perlawanan terhadap pembantaian yang terjadi Tiananmen Square.

4. Mengenang sang Guru

via boredomtherapy.com

Seorang anak bernama Diego Frazao Torquato menangis sambil memainkan biola di pemakaman gurunya. Diego dan gurunya punya ikatan batin yang begitu kuat, sebab bisa dibilang sang guru adalah sosok yang paling berpengaruh dalam hidup Diego. Selain menjadikannya peman biola yang terampil, beliau juga adalah sosok yang menyelamatkan Diego dari kemiskinan dan kerasnya kehidupan jalanan di Brazil. Guru Diego meninggal akibat kekerasan yang dilakukan gangster.

5. Dokter Bedah dan Pasiennya

via boredomtherapy.com

Dalam foto ini terlihat seorang dokter yang sedang rehat dari operasi transplantasi jantung yang memakan waktu 23 jam. Asistennya yang berada di sudut kanan ruangan pun terlihat kelelahan. Namun, proses operasi yang sangat menguras tenaga dan pikiran tersebut akhirnya membuahkan hasil maksimal, si pasien selamat. Yeaaa!

6. Biksu dan Temannya

via boredomtherapy.com

Saat kamu ngerasa dunia begitu penuh dengan orang-orang serakah yang gak pernah puas dengan apa yang dimilikinya, coba lihat foto ini deh.

Dua spesies berbeda ternyata bisa saling berbagi momen kasih dan kebaikan, hehe. Biksu itu pun sama sekali gak takut sama temannya yang lebih besar dan bertaring.

7. Reuni Saudara

via boredomtherapy.com

Walaupun singkat, sebuah reuni antara saudara kandung yang lama terpisah selalu menjadi momen berharga bagi setiap orang. Gak terkecuali kakek yang satu ini. Dalam foto terlihat si kakek yang merupakan warga Korea Selatan menangis setelah pertemuan singkat dengan saudaranya mesti berakhir. Dari dalam bus, adiknya yang merupakan warga Korea Utara terlihat melambaikan tangan tanda salam perpisahan.

8. Bunga untuk Perdamaian

via boredomtherapy.com

Foto yang menunjukkan gadis remaja menawarkan bunga ke pasukan bersenjata ini diambil saat demonstrasi anti-peperangan pada tahun 1967. Selalu ada mereka yang menentang perang dengan menyerukan perdamaian dan persatuan. Gadis ini adalah salah satunya.

9. Tiga Saudara Perempuan

via boredomtherapy.com

Foto before-after yang menunjukkan tiga saudara perempuan yang begitu akrab satu sama lain. Tapi sedihnya, salah satu dari mereka keburu meninggal sebelum foto keluarga selanjutnya diambil. Almarhum tetap dikenang kok. Buktinya foto keluarga berikutnya masih nampilin sosok cantik tersebut meskipun cuma di dinding.

10. John F. Kennedy Junior

via boredomtherapy.com

Pembunuhan terhadap Presiden John F. Kennedy merupakan salah satu sejarah kelam Amerika Serikat. Dalam foto ini, anak almarhum presiden yang bernama John F. Kennedy Junior, terlihat sedang dalam sikap hormat saat iringan peti mati ayahnya melintas. Sungguh mengejutkan ya melihat anak sekecil itu menghayati upacara pemakaman layaknya orang dewasa.

11. Bocah India dan Banjir Besar

via boredomtherapy.com

Foto ini menunjukkan seorang bocah India yang bepegangan pada kabel listrik setelah banjir besar menerjang wilayah pemukimannya. Meskipun pemandangan tersebut terlihat menakutkan, aksi anak ini jadi simbol kekuatan dan keinginan manusia untuk terus bertahan hidup.

12. Kenangan sang Veteran Perang

via boredomtherapy.com

Foto kelam ini nunjukkin seorang veteran perang Rusia yang berlutut di samping tank baja yang dulu ia kemudikan. Sebagai tentara tentunya dia tahu betul tentang penderitaan teman, kerabat, dan keluarganya di tangan musuh pada masa peperangan. Veteran ini sedang mengenang momen dan pengalaman yang paling berpengaruh dalam hidupnya tersebut.

13. Sebuah Lagu di Tengah Kerusuhan

via boredomtherapy.com

Saat aksi protes terjadi di Kiev, Ukraina, salah seorang aktivis menghentikan aksinya untuk memainkan sebuah piano tua yang berada di pinggir jalan. Bahkan dalam situasi “panas” sekalipun, orang ini kayaknya mengerti bahwa keindahan musik lebih kuat dari kejamnya peperangan.

14. Anak Kecil dan Ayah Pemabuk

via boredomtherapy.com

Foto menyedihkan ini menunjukkan seorang anak kecil yang berusaha menarik ayahnya yang sedang mabuk berat menuju rumah. Jutaan anak tinggal di keluarga dan lingkungan yang tidak layak, dan anak kecil ini mesti ngambil peran sebagai orang dewasa karena rasa cinta dan keputusasaannya terhadap Sang Ayah.

15. Anak yang Bersyukur

via boredomtherapy.com

Seorang anak yatim piatu menengadah dan tersenyum bahagia setelah mendapat hadiah sepasang sepatu baru di penghujung Perang Dunia II. Rasa syukur anak tersebut tergambar sangat jelas.

16. Aparat yang Simpatik

via boredomtherapy.com

Aksi protes Occupy Wall Street membagi beberapa kalangan di Amerika pada tahun 2011. Meskipun pada saat itu situasi sedang panas, dan ketidak-setaraan ekonomi melanda semua orang, aparat polisi harus tetap memihak pemerintah yang berwenang. Namun, petugas yang bernama Ray Lewis berpikir kebalikannya, ia merasa simpatik terhadap aksi protes tersebut dan terpaksa mesti ditahan oleh koleganya sendiri.

17. Kelaparan di Uganda

via boredomtherapy.com

Foto ini terkenal hampir ke seluruh dunia. Seorang misionaris menggenggam tangan anak kelaparan di Uganda. Kondisi keluarga tempat anak kecil tersebut kabarnya sangat menghawatirkan, dan kelaparan telah merenggut nyawa anak-anak serta orang dewasa di negara tersebut. Meskipun begitu, foto ini menyiratkan adanya harapan untuk tetap hidup.

Nah itu dia 17 foto emosional beserta cerita di baliknya, kira-kira foto yang mana nih yang paling berkesan buat kamu?

- Advertisement -
Shares 80
Previous 12 Roti yang Pasti Gagal Jual, Bentuknya Nggak Nahan!
Next Mulai dari Iron Man sampai Ghost Rider, 10 Mod ini Bakal Bikin Kamu Makin Betah Main GTA V

Suggested Posts

6 Keunikan yang Bakal Sering Ditemui seandainya Kamu Tinggal di Melbourne

Buat Si Pemalu, Ini Nih 6 Tips Sederhana Supaya Jauh Lebih Pede!

Mau Tahu Kenapa Kamu Nggak Akan Bisa Bosen Nge-mall? 5 Alasan Inilah Buktinya!