Pengen Punya Pekerjaan yang Seru dan Nggak Ngebosenin? Asah Kemampuan Kamu di 4 Bidang Ini dari Sekarang


Kamu pasti setuju kalau zaman sekarang dapetin pekerjaan itu nggak semudah membalikkan telapak tangan. Yup, ada banyak orang yang bisa jadi saingan kamu karena mereka juga mengincar pekerjaan yang sama. Jangankan dapet kerja yang sesuai minat dan hobi, dapetin kerja yang secara kasarnya ngebuat kamu bosen setengah mati pun nggak gampang.

Meskipun begitu, bukan berarti peluang untuk punya pekerjaan yang menyenangkan sekaligus berhubungan sama hobi kamu tertutup sama sekali lho. Kalau kamu punya hobi seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini, kamu beruntung banget. Apalagi jika mengingat jenis pekerjaan ini masih sepi peminat di Indonesia.

Yah… seenggaknya kalau dibandingkan dengan persaingan jadi staf admin atau pegawai bank, hehehe.

1. Pekerjaan yang Cocok buat Kamu yang Hobi Main Game

Lets-Play-Featured
via id.techinasia.com

Kamu bisa jadi let’s player/komentator game. Enak banget kan, bisa sering main game, dapet pundi-pundi uang juga iya.

Tapi jangan meremehkan prosesnya. Walaupun orang yang berkecimpung dalam jenis kerjaan ini cuma sepersekian persen dari penghuni bumi, bukan berarti video yang kamu upload pasti laku ditonton orang. Kamu mesti tampil menonjol sehingga orang-orang rela menyisihkan waktunya buat menonton kamu bermain game. Kamu tentu tahu kan let’s player kondang seperti Pewdiepie, Markplier, Jacksepticeye, atau Cryaotic? Coba kamu perhatikan apa yang membuat mereka disukai banyak penontonnya?

Ya, jawabannya adalah ciri khas. Kamu harus menemukan ciri khas kamu sendiri, yang unik dan nggak menjiplak/meniru kekhasan orang lain. Ciri yang paling efektif, menurut saya, adalah mengomentari games sambil melontarkan lelucon.

Kamu perlu mengasah terus selera humor kamu. Pelajari lawakan-lawakan menarik dari youtuber yang emang udah diakui menarik oleh banyak orang, seperti empat nama di atas contohnya. Tapi ingat, jangan menjiplak mereka.

Satu hal lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah punya kemampuan Bahasa Inggris yang fasih. Apalagi jika kamu pingin video kamu ditonton oleh orang-orang dari negara lain, bukan orang Indonesia aja.

Atau, selain jadi komentator game, kamu juga bisa mencoba…

2. Pekerjaan yang Cocok buat Kamu yang Hobi Menulis dan Bermain Game

gamerpic
via vgrhq.com

Perpaduan antara hobi menulis dan bermain game bisa menghasilkan kemampuan mengulas/me-review game yang ada di pasaran. Atau kamu juga bisa sekalian menjadi jurnalis game. Apa pun pilihanmu, skill terpenting yang harus kamu miliki ialah kemampuan menulis dan analisis.

Menjadi seorang game reviewer, kamu harus bisa menyelisik apa yang membuat suatu game layak diberikan nilai yang bagus dan juga sebaliknya. Mulai dari sisi plot atau cerita, gameplay, grafik, framerate, suara, sampai hal-hal kecil yang berpotensi luput dari pengamatan “gamer biasa”, mesti kamu amati.

Dan nggak cuma game terbaru, pengetahuan kamu tentang game-game lain juga mesti luas. Perbendaharaan game itu berguna sebagai bahan perbandingan jika kamu pengen membandingkan “game lawas” dengan game yang sedang kamu ulas. Jangan sampai kamu pengen jadi reviewer, tapi game yang kamu tahu dan pernah mainkan cuma game sepak bola, misalnya. Bisa-bisa kamu kelimpungan nantinya.

Apa kamu ngerasa hal di atas terasa berat? Coba kamu kamu tanyakan pada setiap jurnalis game, pasti mereka bakal memberikan penilaian positif tentang pekerjaan mereka. Dengan kata lain, ini pekerjaan yang menyenangkan.

3. Pekerjaan yang Cocok buat Kamu yang Hobi Membaca

book-review-speech-bubble-concept-illustration
via timeshighereducation.com

Keuntungan dari hobi membaca buku ialah kamu bisa menilai buku yang kamu baca, atau dengan kata lain kamu bisa jadi penulis ulasan buku. Caranya buat aja website berisi ulasan buku (jangan lupa sertakan link ke toko buku online) atau mengirim ulasan ke media. Dengan ini pula kamu bisa membantu orang-orang berhemat waktu dan uang: mereka mungkin nggak akan membeli buku yang kamu kasih nilai jelek.

Kamu penasaran gimana prospek jadi penulis? Coba inget-inget laporan di media massa tentang minat baca di Indonesia. Logikanya, kalau minat bacanya aja cenderung rendah, gimana minat menulisnya?

4. Pekerjaan yang Cocok buat Kamu yang Hobi Jalan-Jalan

Family-Tour
via taxikochi.com

Kalau kamu suka travelling dan menjelajahi tempat-tempat baru, kamu juga pasti suka mengambil potret pemandangan di tempat-tempat itu kan? Lalu apa yang kamu lakukan dengan foto-foto tersebut, hanya menjadikannya profile picture di media sosial?

Yaah… kalau cuma begitu mah sayang banget. Ada banyak lahan di mana kamu bisa mendulang uang alih-alih sekadar like dari hasil jepretan kamu. Bayangin aja, setiap media (online maupun cetak) pasti membutuhkan foto buat dimuat kan? Kamu bisa manfaatin hal itu. Apalagi jika kamu bisa bekerja sama dan “menjual” hasil jepretan kamu ke media-media luar. Tentu mereka nggak akan ngasih bayaran yang sedikit buat hasil jerih payah kamu.

Well, tapi nggak cuma media sih, kamu juga bisa menjual hasil foto kamu ke pihak lain atau cukup manfaatkan kuatnya pengaruh media sosial. Alternatif lain, buat video dan tumpahkan pengalaman travelling kamu di vlog. Jadi nggak perlu repot-repot menunggu respons dari media, kan.

Gimana, tertarik buat menjajal pekerjaan-pekerjaan di atas? Kalau kamu pingin nyari inspirasi, misalkan untuk mempelajari komedi cerdas buat jadi komentator video game, kamu bisa pelajari gimana youtuber terkenal beraksi. Kamu tinggal tonton langsung dari video mereka pakai smartphone kamu.

Apa? Smartphone kamu udah ketinggalan zaman dan udah lelet?

Duh, gimana yah… gini deh, gimana kalau kamu coba pakai Samsung Galaxy C9 Pro? Selain bisa belajar dari video para youtuber, kamu pun bisa langsung me-review atau mengomentari game menggunakan fasilitas record dari Game Launcher di Samsung Galaxy C9 Pro ini. Kamu yang mau mengedit video pun nggak usah khawatir, karena Samsung Galaxy C9 Pro juga punya kemampuan mumpuni buat melakukannya.

Atau kamu lebih suka download videonya buat bisa ditonton kapan aja? Nggak perlu risau bakal kehabisan memori. Samsung Galaxy C9 Pro udah dipersenjatai dengan kapasitas memori 64 GB yang masih bisa ditambah sampai 256 GB pakai microSD. Belum lagi dengan dukungan RAM 6 GB-nya yang bakal ngedukung banget aktivitas multi-tasking kamu.

Buat yang hobi baca, Samsung Galaxy C9 Pro dibekali layar FHD Super Amoled 6″ (1920x1080px) yang pastinya bisa memberikan pengalaman visual memuaskan dengan layar yang luas. Dijamin deh, aktivitas membaca kamu bakalan nyaman.

Selain itu, smartphone pabrikan asal Korea Selatan ini juga bisa diandalkan banget buat mengambil foto, lho. Dengan kamera depan beresolusi 16 MP, lengkap sama auto focus, kamu pasti bisa mendapatkan hasil foto yang jernih dan ciamik. Mau selfie? Kamera depannya juga sama-sama beresolusi 16 MP. Tempat gelap juga nggak akan jadi masalah, karena ada bukaan diafragma F/1.9 yang akan mendukung hobi swafoto kamu.

“Tapi gimana dengan baterainya, boros nggak?” Nggak! Karena dalam Samsung Galaxy C9 Pro tertanam baterai 4.000 mAh dan fitur Ultra Power Saving mode yang pastinya bisa memperpanjang waktu pakainya.

Hmm, dengan segala kelebihan yang ditawarkan Samsung Galaxy C9 Pro, pasti pada mau beli kan? Ya iyalah, kalau punya uang, saya sendiri juga mau beli. Punya spesifikasi kaya gitu, game-game berat dan bergrafik tinggi nggak akan jadi masalah buat dimainkan. Kita tinggal fokus deh sama tulisan review game-nya.

 

aff_i?offer_id=5514&aff_id=1181

adServer.bs?cn=display&c=19&mc=imp&pli=21280320&PluID=0&ord=[timestamp]&rtu=-1

Shares 5K
Previous Bentar Deh, Cara Pakai Sepatu Ini Kayak Gimana, Ya?
Next 10 Kekuatan Super di Komik Superhero yang Kegunaannya Patut Dipertanyakan

Suggested Posts

6 Keunikan yang Bakal Sering Ditemui seandainya Kamu Tinggal di Melbourne

Buat Si Pemalu, Ini Nih 6 Tips Sederhana Supaya Jauh Lebih Pede!

Mau Tahu Kenapa Kamu Nggak Akan Bisa Bosen Nge-mall? 5 Alasan Inilah Buktinya!