Wah, nggak berasa ya, ternyata tahun 90an itu sudah sekitar 20 tahun yang lalu. Pasti masih ada diantara kamu yang mikir kalau 90an itu masih 10 tahun yang lalu. Wake up, bro, waktu memang seakan-akan terasa begitu cepat berlalu. Nah, dari rentang waktu 20 tahun itu, ada begitu banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan begitu saja, entah mulai dari film, makanan, game, mainan, bahkan sampai gadget.

Namun, beruntunglah kita, karena masih ada sebagian kenangan anak 90an yang dibangkitkan lagi di generasi milenial ini, atau biasa disebut generasi kids jaman now. Tentunya ada perbedaan dan peningkatan jika dibandingkan dengan sebelumnya. Apa saja ya kira-kira? Ini dia daftarnya.

Film

Power Ranger Mighty Morphin

via Pinterest

Kayaknya nggak mungkin, deh, kalau ada anak 90an yang nggak tahu sama 5 pahlawan penjaga Bumi dan Angel Groove ini. Film yang dipublikasi dari tahun 1993-1996 ini membuat anak-anak rela bangun pagi untuk duduk di depan TV dan menyaksikan aksi 5 jagoan yang terdiri atas Jason Lee Scott (Ranger Merah), Trini Kwan (Ranger Kuning), Billy Cranston (Ranger Biru), Kimberly Hart (Ranger Pink), and Zack Taylor (Ranger Hitam).

Perbedaan antara Power Rangers di jaman 90an dengan sekarang bisa kamu temui dari kostumnya yang sebelumnya menggunakan bahan spandek dan sekarang mengenakan armor seperti milik Iron Man, hingga alur cerita, bentuk megazord, bentuk tiap karakter, dan musuh yang dihadapi.

Rita Repulsa via geekandsundry.com

Beauty and the Beast

via hypable.com

Masih seputar film, kalau yang pertama tadi adalah tontonan wajib anak laki-laki, film yang kedua ini bisa dibilang tontonan wajib anak perempuan di tahun 90an. Film ini menceritakan tentang kisah cinta antara sang pangeran, yang dikutuk menjadi sesosok hewan menyeramkan, dan perempuan cantik. Film animasi yang dirilis oleh Disney pada tahun 1991 ini mendapatkan versi live action pada tahun 2017, dimana diperankan oleh Dan Stevens sebagai Beast dan Emma Watson sebagai Belle.

Mainan

Tamagotchi

via unilad.com

Sekarang, kita beralih ke memori tentang mainan 90an yang diwakili oleh Tamagotchi. Siapa yang nggak tahu mainan yang satu ini? Dulu, baik laki-laki atau perempuan, pasti punya mainan satu ini dengan berbagai bentuk yang berbeda-beda. Bahkan, sempat ada Tamagotchi yang bentuknya seperti digivice yang ada di film Digimon. Pernah punya? Nah, sekarang Bandai mencoba membangkitkan Tamagotchi kembali. Untuk model baru ini, tidak ada perubahan gameplay, yang membedakan hanyalah dari segi ukuran saja.

Game

Crash Bandicoot

via twitter.com

Buat yang dulu demen rental PS1 bareng teman-teman, pasti familiar sama game yang satu ini. Game bergenre platform ini menceritakan tentang seekor bandicoot antropomorphis bernama Crash yang tinggal di Wumpa Islands. Pemain ditugaskan untuk menggagalkan rencana Doctor Neo Cortex yang ingin menguasai dunia. Nah, di tahun 2017 ini, Vicarious Visions dan Activision telah membuat remake game Crash Bandicoot untuk PS4 yang berjudul Crash Bandicoot N. Sane Trilogy pada tanggal 30 Juni 2017 kemarin. Gak sabar ingin coba, kan?

Makanan

Mie lidi

via jualjasamalang.com

Jajanan satu ini bisa dibilang cukup hits di kalangan anak sekolahan jaman dulu. Selain harganya yang cukup murah, cuma Rp 500, isinya pun cukup banyak sehingga dapat dimakan bareng teman-teman. Perbedaan antara mie lidi yang dulu dan sekarang bukan dari sisi rasa, tapi lebih ke kemasan dan distribusi. Jajanan ini pun bisa kamu dapatkan dengan mudah di berbagai supermarket dengan kemasan yang menarik. Untuk harganya? Yah, meski nggak semurah dulu tapi tetap bisa dibilang wajar, sih.

Arbanat atau Rambut Nenek

via ramesia.com

Sama seperti mie lidi, makanan yang dulu khas dengan lelaki paruh bayah yang membawa biola ini sekarang juga bisa kamu dapatkan dengan mudah di berbagai supermarket. Selain itu, kemasannya pun sudah lebih baik kalau dibandingkan dengan dulu yang cuma disajikan di plastik atau di atas kertas.

Gadget

Nokia

via miricitysharing.com

Bisa dibilang, gadget yang paling familiar bagi anak 90an adalah Nokia. Meski ada beberapa brand gadget lain, akan tetapi Nokia bisa dibilang cukup dominan dan menguasai pasar ponsel di Indonesia. Mulai dari modelnya yang mainstream seperti Nokia 1100, 3310, dan 8250, sampai modelnya yang unik seperti Nokia 6600, 3650, dan N-Gage.

Sekarang, Nokia menghadirkan smartphone terbaru mereka yaitu Nokia 3, 5, dan 6 yang sudah menggunakan OS Android Nougat. Lalu, bagaimana desain dan detail spesifikasi pada smartphone baru mereka? Kamu dapat melihatnya pada gambar dan tabel di bawah ini.

via ndtv.com

Smartphone Nokia 3, 5, dan 6 ini memiliki banyak kelebihan, dan seperti konsep-konsep mereka sebelumnya, durabilitasnya jadi hal paling utama. Durabilitas ketiga smartphone ini tidak usah kamu ragukan karena dari segi layar telah dilengkapi fitur Corning® Gorilla® Glass yang tahan gores dan, dari segi body, semua smartphone ini terbuat dari precision-milled aluminium yang membuatnya kuat. Dari segi memori internal, sudah dilengkapi denga 16 hingga 32GB, jadi kamu tidak usah khawatir cepet kehabisan memori. Selain itu, resolusi gambar buat kamera depan belakang juga mulai dari 8 hingga 16 megapixel, jadi bakal bikin kualitas gambar jernih banget. Semua smartphone ini juga cocok buat kamu yang terus lengket dengan gadgetnya karena baterainya tahan lama. Intinya, Nokia itu smartphones for life!

Rincian selengkapnya bisa kamu lihat di tabel di bawah ini:

Selain fitur-fitur di atas, smartphone Nokia mengusung pure Android. Dengan hal tersebut, smartphone Nokia-mu akan selalu aman dan up-to-date dengan pembaruan terkini. Keren, kan?

Kamu bisa segera mendapatkan Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6 sekarang juga karena sudah available di market. Jadi, tunggu apa lagi!

Wah, hadirnya Nokia 3, 5, dan 6 bikin persaingan smartphone jadi kian sengit, ya!

Nah, itu dia 7 kenangan anak 90an yang dibangkitkan kembali di generasi kids jaman now. BTW, kamu paling excited sama yang mana nih?

Shares 5K
Previous Bukan dengan Beras, Gini loh Caranya Menyelamatkan Handphone yang Terendam Air
Next Kamu Percaya Nggak Bro Kalau 14 Gambar Ini Bukan Foto, Melainkan Lukisan?